Jadi Modern Mama, Bagaimana Caranya?

Jadi ibu zaman modern saat ini nggak mudah karena tantangannya jauh lebih kompleks kalau dibanding zaman dahulu. Meskipun begitu, saya sendiri bersyukur bisa menjadi ibu di era masa kini, karena saya punya banyak pilihan dalam menjalani hidup.

Kebayang nggak kalau kita, kaum perempuan sekaligus Ibu harus memilih salah satu antara karier, kehidupan, atau keluarga? Rasanya pasti sulit, ya.  Ketika memasuki ranah motherhood, saya juga sempat merasa dilema. Masih merasa  jet lag dengan perubahan fase kehidupan. Dari perempuan single, kemudian setelah menikah jadi seorang istri dan saat punya anak jadi ‘naik kelas’ jadi ibu. Itu baru dalam ruang lingkup keluarga, belum termasuk kehidupan sosial dan karier. Setiap kali mau melakukan atau memutuskan sesuatu jadi banyak pertimbangnnya. Hidup rasanya sudah nggak sesederhana dulu, soalnya secara otomatis memang banyak perubahan yang saya alami.

multitasking

Ujung-ujungnya, pilihan pun akan jatuh pada hal yang paling penting. Kuncinya adalah prioritas. ‎Meskipun saya yakin hampir semuanya menjadikan keluarga jadi prioritas utama, tapi tentu kita nggak bisa menutup mata dengan segala perkembangan saat ini. Dunia kian modern, mau nggak mau kita sebagai perempuan pun harus ikut modern. Termasuk jadi ibu modern.

Saya sendiri sangat sadar, kalau jadi ibu zaman modern saat ini nggak mudah karena tantangannya jauh lebih kompleks kalau dibanding zaman dahulu. Meskipun begitu, saya sendiri bersyukur bisa menjadi ibu di era masa kini, karena saya punya banyak pilihan dalam menjalani hidup. Contohnya, masalah pilihan saya untuk tetap bekerja, dalam kehidupan rumah tangga saat ini perempuan juga sudah punya hak yang sama untuk ‘bersuara’. Mungkin, yang perlu digaris bawahi adalah bagaimana kita bisa seimbang dan bahagia dengan peran yang dijalankan. Baik ketika saat menjadi ibu, istri, ataupun teman yang menyenangkan di lingkungan sosial.

Ngomongin masalah menjadi ibu modern, beberapa waktu lalu saya sempat hadir di peluncuran bukunya Imelda Fransisca, ‘Modern Mama’. Dalam  bukunya, Miss Indonesia 2005 ini menuliskan bahwa ada 3 faktor penting yang harus diingat ketika kita ingin menjadi Ibu modern. Yaitu, wake up, fight, dan repeat. Kenapa? Ketahui penjelasannya di laman berikut, ya.