banner-detik
FINANCIAL WELLNESS

Kiat Investasi Emas Batangan untuk Pemula

author

mamul31 Mar 2015

Kiat Investasi Emas Batangan untuk Pemula

Pada dasarnya, emas memiliki nilai yang selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Memang, kenaikannya mungkin tidak drastis dalam waktu singkat dan merambat naik meski perlahan. Berinvestasi pada emas pun jarang mendatangkan kerugian karena nilainya yang terus naik.

 

 

Salah satu bentuk investasi yang biasa saya lakukan adalah membeli logam mulia, yaitu emas. Untuk saya, berinvestasi pada emas lebih mudah untuk dilakukan. Hanya diperlukan pengawasan dan ketelitian saat membeli emas. Namun, saat ini telah banyak lembaga keuangan yang menjamin keaslian emas yang mereka pasarkan dan memberikan sertifikat yang berisi keterangan mengenai logam mulia yang dijual. Hal ini memudahkan kita untuk membeli emas tanpa merasa khawatir tertipu.

Pada dasarnya, emas memiliki nilai yang selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Memang, kenaikannya mungkin tidak drastis dalam waktu singkat dan merambat naik meski perlahan. Berinvestasi pada emas pun jarang mendatangkan kerugian karena nilainya yang terus naik. Selain itu, emas pun memiliki kemudahan untuk diuangkan kembali. Bisa dijual kepada toko emas ataupun digadaikan pada lembaga keuangan yang berwenang, asalkan disertai dengan sertifikat atau surat-surat kepemilikan yang sah maka bisa dipastikan nilai emas yang kita miliki tidak akan jatuh.

Keuntungan lain dari berinvestasi pada emas adalah perawatannya yang sederhana. Dikarenakan emas adalah logam yang tahan lama, otomatis tidak memerlukan perawatan khusus karena logam emas tidak akan terpengaruh nilainya oleh suhu udara. Yang penting, simpan emas dalam tempat penyimpanan yang aman. Bagi saya pribadi, kemudahan memiliki investasi emas adalah mudah diuangkan saat dibutuhkan. Misalnya saat saya membutuhkan biaya tambahan untuk biaya masuk sekolah anak. Maka saya bisa menjual atau menggadaikan emas yang saya miliki sesuai dengan nilai uang yang saya butuhkan. Untuk jangka panjang, emas pun dapat saya wariskan kepada keturunan saya. Tentu saja, nilainya nanti akan bertambah.

Berikut beberapa trik yang bisa dilakukan oleh Anda yang baru ingin memulai:

  • Sisihkan uang atau pendapatan yang Anda miliki setiap bulannya. Jika tidak bisa membeli emas batangan pada bulan ini, maka Anda dapat mencicilnya dengan cara menyimpan sebagian uang yang anda miliki pada pos tertentu, hingga kemudian saat uang yang dimiliki telah cukup nilainya, segera belikan emas sesuai dengan kadar dan beratnya.
  • Andaikata dirasa sulit untuk menyisihkan sebagian kecil pendapatan Anda dalam bentuk uang, maka mulailah untuk mencicilnya dengan cara membeli perhiasan emas dengan kadar 24 karat. Sesuaikan berat perhiasan emas yang Anda inginkan dengan uang yang Anda miliki. Saran saya, pilihlah perhiasan emas dengan kadar 24 karat tanpa hiasan bebatuan atau terlalu banyak ukiran. Lebih baik membeli perhiasan yang polos, asalkan kadarnya 24 karat. Kumpulkan hingga mencapai nominal tertentu dan segera jual perhiasan emas tersebut kemudian gantikan dengan emas batangan dengan kadar tertentu.
  • Tempatkan emas yang Anda miliki pada tempat yang aman, seperti di dalam safe deposit box.
  • Jangan terburu-buru dalam membeli emas. Lihat nilai emas saat Anda akan membeli/menjual emas yang Anda miliki. Dan selalu diingat, peningkatan harga emas tidak naik secara drastis, melainkan merambat naik namun tidak akan turun dan membuat kita rugi.
  • Banyak, kan keuntungan untuk berinvestasi pada emas? Semoga setelah mendapatkan penjelasan dan beberapa trik untuk berinvestasi pada emas, Anda tidak bingung lagi dan bisa langsung memulai investasi.

    Share Article

    author

    mamul

    pecinta lemon hangat dan yoga. suka dengan makanan manis, terutama bolu keju. selalu girang ketika mendengar teman/kerabat/kenalan hingga anggota forum melakukan diet sehat disertai olahraga. slogan penyemangat hidup dalam menghadapi jungkir baliknya dunia parenting adalah "i'm not their perfect mother, but i always try to be the best for my kids, myself and my husband, be the best for my family".


    COMMENTS