Easy Recipe: No-Bake Banofee Pie

Percaya nggak, kalau ternyata membuat dessert yang enak itu nggak susah, kita tinggal cari resep yang tidak memerlukan proses pemanggangan (no-bake). Seperti Banofee Pie ini contohnya, dessert khas Inggris dari pisang dan toffee yang terbuat dari susu kental manis dan whip cream. Untuk bahan pie, bisa kita buat dengan cara dipanggang, tapi kemarin saya coba pie dari bahan biskuit yang dihancurkan ternyata bisa, jadi tidak perlu dipanggang. Simple, ya? Bahan yang diperlukan juga nggak banyak, loh. Ini dia resepnya:

r2

 

Bahan pie:

  • 250 gram butter biscuit (Marie Regal)
  • 100 gram unsalted butter

Isian :

  • 4 buah pisang ambon, potong-potong dengan ketebalan 1 cm
  • 1 kaleng susu kental manis untuk bahan toffee
  • 200 gram whip cream
  • Dark chocolate untuk topping

Cara membuat :

r1

  1. Untuk bahan pie, hancurkan biskuit hingga halus. Tuang unsalted butter yang telah dicairkan ke dalam adonan biskuit, aduk-aduk hingga rata kemudian letakkan dan ratakan di pinggan. Dinginkan dalam kulkas selama 2-3 jam.
  2. Sementara itu kita buat adonan toffee dari susu kental manis. Lepas pembungkus kaleng hingga tak bersisa. Rebus kaleng dalam air mendidih selama 3 jam. Jangan lupa tambahkan air mendidih setiap 30 menit agar air tetap penuh menutupi kaleng. Setelah 3 jam, angkat dan diamkan beberapa jam hingga dingin sempurna. Hati-hati, jangan membuka kaleng dalam keadaan panas karena ditakutkan isi kaleng akan menyembur keluar akibat suhu dan tekanan tinggi. Hasilnya, toffee akan berwarna kecoklatan.
  3. Keluarkan pie dari kulkas, tata potongan pisang lalu tuang adonan toffee di atasnya. Lalu oles whip cream di atasnya hingga pinggan tertutup sempurna. Saya menggunakan whip cream bubuk merk Haan, tinggal dicampur dengan air es lalu aduk di mixer selama 3 menit.
  4. Serut dark chocolate untuk topping di atas cream. Lalu masukkan pie kembali ke dalam kulkas selama beberapa jam.
  5. Banofee pie siap disajikan, dingin lebih nikmat!

Memang waktu pembuatan agak lama karena proses pembuatan toffee dan pendinginan di kulkas. Tapi hasilnya sepadan, kok. Cocok dinikmati saat minum teh sore hari bersama keluarga. Kalau Anda nggak terlalu suka rasa manis, adonan toffee bisa menggunakan susu evaporasi kaleng (susu kental namun tidak diberi pemanis), atau ditambahkan lagi dengan topping buah segar seperti strawberry atau kiwi yang asam sebagai penyeimbang rasa manis. Karena adonan kemarin sisa sedikit, jadi saya buat juga Banofee in a jar. Selamat mencoba!

r3