5 Kiat Terhindar dari Serangan Nyamuk

Kehadiran nyamuk di manapun dan kapanpun pasti akan mengganggu kenyamanan Anda dan keluarga. 1001 macam cara sudah pernah ditempuh, di antaranya membasmi dengan bahan-bahan alami atau menggunakan obat nyamuk elektrik . Tujuannya hanya satu, yaitu supaya supaya buah hati tersayang atau anggota keluarga lainnya tidak terjangkit penyakit demam berdarah atau penyakit berbahaya lainnya yang disebabkan oleh nyamuk. Sementara itu, cara-cara tadi juga bisa Anda maksimalkan dengan memerhatikan hal-hal berikut ini:

5 Kiat Terhindar dari Serangan Nyamuk

 

Gambar dari sini

 

  • Hindari lantai rumah dan pakaian berwarna gelap

Menurut penelitian Jonathan Day, profesor bidang medical entomology dari University of Florida, nyamuk adalah makhluk visual, artinya begitu menjelang malam, biasanya mereka akan mencari orang-orang atau benda yang berwarna gelap. Warna spesifiknya antara lain: hitam, biru tua, dan merah. Jadi sebaiknya Anda menghindari warna-warna tadi, ya. Jika sudah terlanjur menggunakan lantai berwarna gelap, bisa diakali dengan melapisinya dengan karpet di luar dari warna yang digandrungi nyamuk.

  • Gunakan kelambu

Metode lama ini masih bisa digunakan, loh, Mommies, walau terkesan agak merepotkan tetapi efektif. Waktu saya kecil, nenek saya masih setia memasangkan kelambu di tempat tidurnya, supaya kalau saya menginap di rumahnya, nyamuk tidak bisa menggigit saya.

  • Tidak menggantung pakaian terlalu lama

Hal sederhana ini kadang masih luput dari perhatian. Sebersih apapun rumah, kalau banyak pakaian menggantung di balik pintu bisa berpotensi jadi sarang nyamuk. Hal yang sama juga berlaku pada pakaian kotor. Hindari menumpuk pakaian kotor terlalu lama; bau tak sedap yang keluar dari pakaian kotor tadi juga bisa mengundang nyamuk bersarang di dalamnya.

  • Setia dengan celana dan baju panjang

Kalau sore sudah berganti malam, segera ganti baju main anak-anak dengan pakaian tidur yang proper. Kalau anak masih bayi atau batita, Anda bisa memakaikan sleepsuit yang menutupi sampai ke bagian kaki. Karena sewaktu mereka tidur, kita tidak pernah menduga posisi tidurnya, bisa saja selimut yang awalnya sudah rapi menutupi tubuhnya, tersingkap karena mereka posisi tidur yang sudah berganti berulang kali.

  • Jaga aroma kaki

Fakta lainnya yang disebutkan oleh Jonatahan Day adalah bahwa nyamuk ternyata gemar menyerang di bagian kaki karena tertarik dengan aroma yang diproduksi oleh bakteri di area tesebut. Jadi, perhatikan kebersihan kaki Anda dan seluruh anggota keluarga.

Last but not least, tetap siaga dengan memasang Baygon Liquid Elektrik yang terbukti ampuh membasmi nyamuk hingga ke bagian yang paling tersembunyi, karena kita tidak pernah tahu secara secara persis di mana mereka bersarang.

Baygonelektrik

Semoga kiat-kiat ini cukup untuk menghalang kehadiran nyamuk di rumah. Dan semoga semua terhindar dari bahaya yang ditimbulkan akibat gigitan nyamuk. :)

 


Post Comment