Cerita Roadshow MDLunch di 3 Kota Bersama Mothercare

Dalam rangka ulang tahun Mommies Daily yang ke-5, kami didukung penuh oleh Mothercare, mengadakan MDlunch roadshow ke beberapa kota di luar Jakarta antara lain Bali, Surabaya, dan Yogyakarta. Kami tentunya sangat antusias saat Mothercare mengiyakan ajakan kami untuk mengadakan MDlunch di kota-kota besar tersebut. Antusias sekaligus deg-degan sebenarnya. Secara ya, member dan pembaca kami memang ada di berbagai kota, tapi basis kami ‘kan di Jakarta. Gimana, dong, kalau nggak ada yang daftar? Atau gimana kalau ada yang daftar tapi pas hari H nggak ada yang datang? Huhuhu…

Tapi ternyata, semuanya di luar dugaan! Simak keseruan masing-masing kota dimulai dari Bali tanggal 15 Desember 2014!

Awalnya, kami ingin mengadakan MDlunch di Bali pada tanggal 15 Desember. Tapi ternyata, kami salah perhitungan! Hari itu merupakan rangkaian Hari Raya Galungan bagi umat Hindu. Sebagai agama mayoritas di Bali, hal ini nggak bisa kami abaikan, dong. Bagaimanapun juga, kami sebagai pendatang harus menghormati masyarakat Bali.

\mdlunch04

Thanks to our beloved member Rani_krisna yang memberitahukan perihal ini pada kami. Materi promosi yang sudah dibuat segera kami ubah. Untung saja, baru promosi sebentar. :)

Dengan berubahnya tanggal, email-email pendaftar mulai berdatangan. Ah, we’re so excited!

Hari H pun tiba. Kami mengadakan MDlunch di Nanny’s Pavilion Beach Walk, Kuta, Bali. Peserta satu per satu berdatangan dan acara pun kami mulai. Hari itu tema kami adalah “Little Gears: Need ‘em Or Want ‘Em” dengan pembicara Bianca Febriani selaku Marketing Manager dari Kanmo Retail.

Bianca memberikan beberapa masukan bagi para ibu mengenai apa saja produk yang penting untuk dibeli dan bisa tahan lama. Salah satu yang menjadi investasi menurut Bianca adalah car seat. Bukan sebagai aksesori atau pelengkap, tapi car seat merupakan alat keselamatan saat keluarga sedang bepergian. Hal ini kemudian diamini oleh para Mommies yang datang. Banyak di antara mereka yang sering bepergian hanya dengan anak-anak, sehingga keberadaan car seat amat membantu mobilitas mereka. Wah, ini juga saya rasakan, lho!

MDlunch siang itu menurut saya seru, karena ini pertama kalinya kami ke Bali dan bertemu langsung dengan komunitas kami di sana. Mereka yang datang juga sangat beragam, mulai dari para pendatang, warga Bali asli, sampai para hijabers yang kemudian asyik bertukar kontak dan informasi mengenai lokasi makanan halal, sekolah, dan sebagainya.

Sayangnya, kami hanya satu malam di Bali, karena berikutnya kami harus segera terbang untuk menemui ibu-ibu seru di Surabaya!

MDlunch di Surabaya diadakan di Pancious Ciputra World dengan tema “What Mom to be Wants and Needs.” Pembicaranya adalah salah satu member kami, Dhiralifia, yang juga salah satu pendiri Supermoms Indonesia.

mdlunch03

Ada beberapa peralatan yang menurut Dhira penting dimiliki oleh setiap mom to be seperti bra menyusui (ragu beli yang mahal? Ketahuilah bahwa kadang-kadang ada barang di mana harga nggak bisa bohong :p), breastpump, serta gendongan. Dhira merekomendasikan gendongan Babi Bjorn yang kebetulan hari itu dipakai salah satu member lama forum kami, Indiradewi. Malah sampai terjadi peragaan pemakaian Babi Bjorn dengan ‘model’ bayinya Indiradewi yang belum genap 40 hari usianya. :)

Sudah rahasia umum bahwa ibu-ibu di Surabaya adalah mereka yang selalu super heboh dan antusias jika datang ke event. Maka tak heran acara hari itu berjalan sangat lancar. Tak hanya Dhira yang berbagi pengalaman, tapi sesama peserta juga berbagi informasi dan pengalaman. Ya, guru yang terbaik ‘kan pengalaman, ya. Jadi sayapun mendapat banyak ilmu hari itu dari para Mommies yang datang.

Setelah ngobrol yang rauwis-uwis bareng Mommies di Surabaya, kami ramai-ramai mengunjungi toko Mothercare dan seperti biasa, deh, ibu-ibu kalau masuk ke Mothercare pasti langsung pada nggak fokus. Haha!

Thank you, Surabaya, doain bisa segera mengunjungi kalian lagi, ya!

Meski jedanya sampai 2 bulan, tapi masih ada MDlunch Yogyakarta di akhir bulan Februari kemarin masih bersama Mothercare.

Ada yang berbeda dari MDlunch kemarin, saya merasanya lebih emosionil. Salah satunya karena saya kemudian sadar bahwa ini adalah MDlunch terakhir di mana saya menjadi host-nya. Ya, bulan Februari adalah bulan terakhir saya menjadi Managing Editor Mommies Daily.

mdlunch02

Selain hal tersebut, yang menjadikan saya lebih emosionil adalah narasumber MDlunch kemarin Grace Kristanto, pendiri Rumah Ramah Rubella dengan tema “Keeping Your Baby Safe From the Start.” Kalau Mommies ngeh, Grace pertama kali mempublikasikan tentang Ubii anaknya yang terinfeksi rubella saat berada dalam kandungan adalah di Mommies Daily. Sejak ceritanya ditampilkan di Mommies Daily, Grace sering diundang menjadi pembicara untuk share mengenai Ubii dan rubella, salah satunya di Kick Andy. Grace kemudian juga menerbitkan buku tentang Ubii. Dengan semua ini, Grace kemudian mendirikan Rumah Rubella untuk mewadahi para orangtua yang ingin tahu lebih lanjut mengenai rubella atau para orangtua yang anaknya telanjur terinfeksi rubella saat masih dalam kandungan.

Ah, saya terharu dan bangga sekali sama Grace! Nggak salah, dong, kalau saya sampai menitikkan air mata saat memperkenalkan Grace ke peserta MDlunch siang itu.

Di sini, Grace banyak berbagi mengenai pengecekan kesehatan saat hamil dan saat anak sudah lahir. Banyak sekali Mommies yang turut berbagi cerita dan informasi seputar hal tersebut. Buat saya, MDlunch kemarin benar-benar seru, karena hampir semua Mommies yang hadir berpartisipasi dalam pembicaraan. Ada Mommy yang bekerja di rumah sakit, sharing tentang bagaimana penyimpanan vaksin; Mommies yang pernah keguguran sharing tentang ketakutannya hamil dan keguguran lagi; Mommy yang sedang hamil sharing tentang bagaimana ia menjaga kehamilannya saat ini, sampai Mommies yang bekerja di Puskesmas sharing tentang pelayanan Puskesmas saat ini dan juga tentang BPJS! Pokoknya seru!

Setelah melaksanakan lebih dari 10 kali MDlunch sejak pertama kali dimulai di bulan Februari 2014, saya akhirnya harus mengakhiri nge-host acara ini. Semoga MDlunch selama ini memberikan manfaat luar biasa bagi Mommies yang datang atau yang menyimak via live tweet dan artikel kami, ya.

Terima kasih banyak khususnya untuk Mothercare yang tak lelah mendukung MDlunch Roadshow. Sampai ketemu di kota-kota lainnya, ya!