Motherhood Monday: Stella Sutjiadi, “Bermain Jadi Perekat Orang Tua dan Anak”

Oh iya, pernah nggak, sih, tawaran bermain ditolak oleh Daffa?

Ada banget, BANYAK! Haha. Biasanya kalau ditolak Daffa, ya sudah, saya simpan lagi, nanti coba ditawarin lagi setelah beberapa saat atau waktu. Tapi kadang juga Daffa suka ngoprek lemari penyimpanan mainannya. Dan ternyata di waktu yang berbeda, reaksinya bisa berbeda 180 derajat, loh. Pertama kali nggak mau, nih, langsung ditinggal pergi. Tiba-tiba beberapa waktu kemudian, langsung dimainin, bahkan kadang diulang-ulang!

Jadi kalau ada mainan buatan Mommies yang ditolak anak, jangan dibuang. Disimpan saja, nanti coba ditawarin lagi. Kalau belum mau juga, simpan lagi. Sampai tiba saatnya mainan itu menjadi menarik bagi anak. Semangat!

So what have you learned from how your daughter approach her own creativity?

Bahwa semuanya butuh proses. Dan proses sebenarnya jauh lebih penting daripada hasil akhir. Dari proses, Daffa banyak belajar untuk bisa jadi lebih sabar untuk banyak hal dan pantang menyerah.

Screen Shot 2015-03-07 at 2.40.31 AM

Apakah bisa menciptakan beragam aktivitas harian ini jadi pencapaian tersendiri untuk pribadi Stella?

Hmmm, sepertinya, sih, aktivitas untuk Daffa ini hanya sebagian kecil dari keseluruhan pencapaian terbesarku yaitu menjadi Stay-At-Home-Mom. Dari awal merasakan suka dukanya memiliki anak, mengasuh anak sampai mendidiknya dengan tangan saya sendiri. This is my biggest achievement so far.

Lalu kalau kontribusi suami dalam bermain bersama anak gimana, Stella?

Suami saya kontribusinya lebih ke ikut bermain setelah mainannya jadi. Plus, akhir-akhir ini sejak Daffa berhasil weaning with love, suami seringkali bantu nidurin Daffa. Jadi saya bisa langsung membuat mainan untuk Daffa, sementara Daffa tidur ditemani Bapak. Oh iya, suami saya ini malah sering banget lebih fasih ngajak main Daffa dengan mainan buatan saya, loh!

Screen Shot 2015-03-07 at 2.38.23 AM

 

Sssttt, Stella punya rencana besar di tahun 2015, mau tau apa? Yuk, lanjut ke halaman berikutnya


One Comment - Write a Comment

  1. Stella is such a big inspiration!
    Bukan hanya soal DIY mainan atau cara bermain kreatif untuk anak, tapi juga soal visi-nya tentang pengasuhan dan pendidikan Daffa. Sama satu lagi, komitmen untuk konsisten dari hari ke hari ngelakuin itu. Itu butuh kerja keras dan kegigihan seorang ibu. Salut banget!

    Satu lagi artikel keren dari @Sazqueen. Love!

Post Comment