4 Cara Mencintai Tubuh Kita

woman-wearing-face-mask

Semakin bertambah usia, saya sering menyayangkan kalau melihat teman sesama ibu yang tak merawat kulit dan tubuhnya. Bukan, bukannya kecentilan, tapi menurut saya kulit dan tubuh kita ini ‘kan cuma satu, nggak ada gantinya, loh!

Bagi saya pribadi, alasan utama merawat kulit dan tubuh tak hanya sekedar kepentingan fisik. Langsing, kulit cerah, wajah glowing, dan seterusnya hanyalah bonus. Inti yang penting bagi saya adalah kesehatan kulit dan tubuh.

Perawatan tubuh sudah pasti erat kaitannya dengan kesehatan. Kalau kulit? Nah ini, Mommies tentu tahu ‘kan ada penyakit kanker kulit? Penyakit ini disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet/matahari secara langsung. Kanker kulit biasanya paling sering timbul di wajah, karena memang kulit wajah jarang kita tutupi ‘kan? Makanya, dibutuhkan sunscreen.

Jadi, pakailah sunscreen atau krim wajah yang mengandung sun protection. Bukan karena kecentilan atau sekedar ikut-ikutan, melainkan itu adalah salah satu tindakan kita menyayangi tubuh kita sendiri.

Ada beberapa tindakan lain yang saya lakukan sebagai bukti bahwa saya menyayangi tubuh saya sendiri:

  • Makan sehat

Ya, kalau ini sebenarnya paling sulit untuk saya lakukan. Saya masih sering makan makanan yang kurang sehat seperti gorengan, snack, dan seterusnya. Tapi beberapa tahun belakangan, kesadaran saya untuk mengonsumsi makanan yang sehat mulai muncul. Tergolong telat, ya, tapi ‘kan better late than never. :D

Misalnya nih, saya jauhkan diri saya dari makan makanan instan, minum minuman manis yang dalam kemasan, mengurangi asupan gula tambahan (jadi minum kopi atau teh pun tanpa gula), memilih sarapan yang lebih sehat seperti buah, overnight oats atau sayuran, beralih ke beras merah, dan lain sebagainya.

Untuk mengikuti pola diet tertentu, saya belum sanggup. Bukannya apa-apa, buat orang yang hidupnya sering serba spontan, pola diet tertentu seperti diet mayo, misalnya, membutuhkan perencanaan yang matang. Apalagi, saya nggak bisa masak.

  • Lebih banyak bergerak

Membaca artikel Mamul Saya Ingin Sehat Sampai Tua, saya kena banget dengan penggambaran “Mendadak saya merasa horor membayangkan lemak-lemak yang tersebar di bagian organ dalam tubuh saya (kebayang ada lemak-lemak warna putih dan menyelimuti organ dalam tubuh, errr…).”

Lemak berlebih saja kita suka sebal, ya. Apalagi kalau harus membayangkan organ tubuh kita diselimuti lemak? Sudahlah secara fisik kurang oke (ngaku sajalah, sebagai perempuan pasti pinginnya langsing), ditambah organ tubuh yang nggak sehat pula? Duh!

Kebetulan saya memang suka kegiatan fisik, jadi bagian ini nggak masalah. Hanya tinggal merutinkan jadwal olahraga supaya lemak-lemak berlebih tersebut hilang!

Kalau Mommies kurang suka olahraga, perbanyaklah kegiatan fisik. Misalnya berjalan kaki kalau jarak tempuh kurang dari 1 km, naik turun tangga daripada naik eskalator atau lift, dan sebagainya.

Itu baru 2, baca 2 kiat lainnya di halaman selanjutnya, ya!


Post Comment