Family Friday: Veronica Tjahaja Purnama: “Pendidikan Harus Dimulai Dari Rumah”

Saya adalah pribadi yang selalu kagum dengan seseorang yang punya jabatan tinggi namun tetap rendah hati. Baik dari segi penampilan maupun sikap. Penampilan sederhana nyatanya malah efektif menimbulkan aura seseorang. Kesan itulah yang saya dapatkan baru-baru ini dari sosok Veronica Tjahaja Purnama yang sangat humble untuk ukuran seorang istri dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Pembawaannya ramah dan seolah tak ingin menjaga jarak dengan masyarakat ia tak ragu menyapa ibu-ibu dan berdialog langsung yang datang hari itu ke peresmian “Taman Ceria Merries” di rumah susun Cakung Barat, yang didukung oleh Merries Good Skin yaitu produk popok bayi dari KAO Indonesia.

Ibu Veronica Tjahaja Purnama memberikan sambutan pada Peresmian Taman Ceria MerriesVeronica berpesan kepada para kaum ibu untuk selalu memberikan perhatian penuh menyoal pendidikan. “Pendidikan harus dimulai dari rumah, mulailah dengan hal-hal kecil, misalnya mencontohkan membuang sampah di tempatnya. Syaratnya orangtua juga harus menyerap, mempelajari ilmu-ilmu tadi untuk diajarkan kepada anak-anak.” Jelas Veronica.

Tak hanya itu, Veronica juga berharap para ayah yang merokok sebisa mungkin berhenti dari kebiasaannya itu, “Lebih baik kan uangnya dialokasikan untuk membeli barang lainnya yang lebih bermanfaat.” Tutur Veronica. Karena sukesnya sebuah rumah tangga membutuhkan kerja sama kedua belah pihak – ibu dan ayah.

Tak hanya itu, Veronica menaruh perhatian yang serius agar semua kaum perempuan mempunyai keahlian khusus untuk membantu perekonomian keluarga mereka, entah itu menyulam, membuat penganan dan lain sebagainya – nanti hasilnya bisa dijual ke pasaran.

Dari hasil pengamatan saya di lapangan ia adalah pribadi yang ingin mengetahui segala sesuatunya secara detail. Contohnya saat ngobrol kepada ibu Lurah setempat, Veronica terus menggali informasi perihal hak kesehatan warganya, khususnya anak-anak. Memastikan mereka mendapatkan hak kesehatan gratis di Posyandu di wilayah Cakung Barat tersebut.

Di berbagai jabatan yang disandangnya – sebut saja sebagai ibu Gubernur DKI Jakarta dan juga guru Yayasan Kanker Indonesia  (YKI) DKI, Veronica tak segan berguru Bahasa Inggris dengan dua anaknya Nicholas Sean (16) dan Nathanie Berniece (13). Di beberapa kesempatan saat harus berpidato bahasa Inggris, naskah yang telah ia buat diserahkan terlebih dahulu kepada dua anaknya untuk dikoreksi. Seru, ya?

Untuk urusan kesehatan keluarga dan dirinya ibu dari dua putra dan satu putri ini mengaku sering mengajak anak-anak bermain di luar, jadi tak hanya duduk diam di rumah dan melulu bermain gadget. Selain itu, beliau juga sedang mencoba pola hidup sehat dengan menerapkan  food combining, olahraga dua kali seminggu, banyak minum air putih dan mengonsumsi buah dan sayur.

Hmmm, sepertinya ide bagus ya kalau bisa menghadirkan Veronica Tjahaja Purnama ke salah satu acara Mommies Daily :) Semoga, ya. Amin.


Post Comment