Tiga Cara Mudah Bersihkan Dapur

Siapa di antara Mommies yang lebih senang masak dibandingkan dengan beberes rumah? Kalau memang ada, berarti kita satu hati :D

Meskipun selama ini masakan saya masih menu-menu yang sederhana, tapi paling nggak setiap pagi saya selalu berusaha menyiapkan sarapan untuk keluarga. Kebetulan, suami terbiasa sarapan makanan berat, nasi, sayur dan tentunya tempe! Buat saya pribadi, memasak itu merupakan salah satu rutinias yang menyenangkan. Lagipula, kalau ingat makanan kita dipuji sama anak dan suami pasti bikin bahagia!

Masalah baru muncul ketika saya melihat setumpuk perlengkapan dapur yang kotor, terlebih kalau nemu kotoran yang bandel. Belum lagi kondisi dapur yang kotor akibat cipratan minyak setelah masak makanan kegemaran Bumi, ayam atau lele goreng. Sudah bisa dipastikan kondisi area kompor dan lantai berminyak. Kalau dicuekin, pasti akan menimbulkan aroma nggak sedap.

Nah, PR banget, kan? Mungkin karena hal ini juga ya, yang bikin saya nggak suka berbenah, hehehe. Nggak jarang, tugas ini akhirnya saya delegasikan pada si Mbak. Sayangnya saat ini saya lagi nggak punya ART. Mau nggak mau, semuanya harus saya kerjakan sendiri, dong?

woman doing housekeeping

Ternyata setelah beberapa minggu melakukan semuanya sendiri, kegiatan yang selama ini saya anggap sebagai tugas yang menyebalkan, nggak terlalu menyeramkan, kok. Memang, sih, supaya nggak terasa ‘menyiksa’, saya pun akhirnya punya beberapa trik. Mommies ingin tahu apa saja? Berikut saya share beberapa kiatnya, ya.

Hindari Menunda dan Buat Jadwal Rutinitas

Kalau ngomongin soal kebersihan rumah, saya yakin semua Mommies setuju kalau dapur merupakan salah satu area rumah yang paling sering berantakan dan kotor. Mulai dari piring, gelas, penggorengan, panci, kompor hingga microwave merupakan perlengkapan dapur yang harus dibersihkan setiap hari. Supaya nggak terasa berat, saya pun memilih untuk tidak menunda dan langsung membersihkan setiap kali menggunakannya. Kalau sampai bertumpuk-tumpuk, rasanya kok malah bikin malas, ya? Kemudian, kita bisa membuat daftar apa saja yang perlu dibersihkan berikut jadwal rutinitasnya. Misalnya, lantai dan meja dapur dibersihkan setiap hari, sampah harus dibuang setiap hari, atau kulkas dan lemari makan dibersihkan seminggu sekali. Dengan mengetahui apa saja yang perlu dan kapan dibersihkan,tentu akan mempermudah pekerjaan kita.

Selanjutnya, jangan lupa pilih ‘alat tempur’ yang tepat. Seperti apa? Baca di halaman selanjutnya, ya.


3 Comments - Write a Comment

  1. Adies, gw juga pake 3M. Tapi gw udah gak punya panci anti lengket karna katanya gak sehat, jadi gw cuma pake sabut cuci yang hijau buat alat masak dan yang pink untuk alat makan. Dan sabut-sabut ini ditaro di gantungan 3M juga.

    Lap microfibernya juga gw punya yang warna merah biru dan kuning polkadot. OCD lap sama sabut kayaknya gw hahaha

    Kalo buat bersihin panci yang ada item-itemnya biasanya pake apaan Dies? Kata temen gw sih pake baking soda dan cuka, tapi blom nyobain. Belom beli baking sodanya hehe

Post Comment