Dian Karaaen: “Ibu Bilang Berbuat Baik Tidak Harus Menunggu Kaya”

IMG_8301

Kecil-kecil si cabe rawit, saya pikir istilah ini pantas disandang oleh Dian Karaaen. Di usianya yang baru menginjak 21 tahun ia sudah menorehkan prestasi yang luar biasa, bersama teman-temannya ia mendirikan Rumah Kreatif NARA untuk anak-anak jalanan yang semakin hari jumlahnya terus meningkat. Dan mengantarkannya keluar sebagai pemenang favorit di ajang L’Oreal Women of Worth 2014 yang didukung L’Oreal Paris.

Saya pribadi baru kali pertama mengenal sosok Dian, membaca profil singkatnya saya sudah bedecak kagum dalam hati. Ternyata kekagumanan saya sangat beralasan, berasal dari pengamatannya sehari-hari, yaitu jumlah anak jalanan dan sampah yang jumlahnya kian bertambah, Dian memberanikan diri merintis Rumah Kreatif NARA. “Sebetulnya mereka bisa loh untuk menempuh pendidikan yang jauh lebih baik lagi. Tapi kenapa mereka harus cari uang di jalanan? Dan membantu keluarga untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.” papar Dian. Sungguh langkah awal yang menurut saya brilian untuk anak seusia Dian.

Bagaikan efek domino, kepedulian Dian dan kawan-kawannya tak berhenti sampai urusan pendidikan anak-anak jalanan. Mereka turut memperhatikan aspek ekonomi dari keluarga anak jalanan yang mereka bina bersama para volunters, lewat kreativitas mengolah berbagai sampah menjadi sesuatu yang berdaya guna, dan bernilai. Misalnya keuntungan dari kertas daur ulang yang berhasil terjual, akan digunakan untuk kebutuhan mereka sehari-hari. Sesuai dengan visi Rumah Kreatif NARA “Mengubah yang tidak bernilai, menjadi bernilai guna”.

Dian tak main-main dengan cita-citanya, totalitas kepeduliannya ia maksimalkan dengan keikutsertaannya dalam program mahasiswa wirausaha, dari situ ada pihak kampus yang mendukung, “Kami diberikan sejumlah dana untuk disewakan satu kontrakan dengan beberapa fasilitas, dan sebagai modal membuat mesin pendaur ulang kertas. Kebetulan salah seorang teman saya dari jurusan teknik mesin, nah dia yang membuat sendiri mesin pengolah limbah kertas tersebut” jelas Dian kepada Mommies Daily.

Mau tau seperti apa sosok ibu yang membesarkan Dian? Cari tau di halaman selanjutnya.


Post Comment