Belanja di Pasar Baru, Bandung

Di masa liburan kemarin, biasanya kota-kota tujuan wisata akan ramai dengan pengunjung dari luar kota. Bandung adalah salah satunya. Selain objek wisata alam seperti Tangkuban Parahu, kawasan Lembang dan sekitarnya, kawasan Ciwidey dan sekitarnya, Bandung juga terkenal dengan wisata belanjanya. Belanja di sini bisa belanja makanan atau belanja fashion.

Untuk produk fashion, biasanya yang dituju para wisatawan adalah distro, FO, dan butik di kawasan Jl. Ir.H. Djuanda (Dago), Jl. R.E. Martadinata (Riau), dan Jl. Cihampelas. Beberapa butik di kawasan-kawasan itu namanya sudah terkenal di telinga para wisatawan. Namun, selain butik, distro, dan FO di kawasan-kawasan itu, ada satu spot lagi yang sebenarnya menawarkan produk-produk fashion yang sama dengan tempat-tempat tersebut dengan harga yang jauh lebih murah dengan yang dijual di kawasan-kawasan itu. Pasar Baru, yap, ini adalah surganya penggemar belanja produk fashion, karena selisih harga produk yang sama dengan yang dijual di butik, distro, atau FO bisa mencapai Rp 50-60 ribu per item!

Pasar Baru35*Gambar dari sini

Di Pasar Baru, produk fashion bisa ditemui di setiap lantainya dengan rincian di bawah ini:

  • Basement 1 & 2 : batik dan perlengkapan shalat & kerudung, makanan oleh-oleh khas Bandung.
  • Lantai 1 & 2 : mukena, kain, dan pakaian casual.
  • Lantai 3 & 4 : jas, blus, pakaian dan perlengkapan bayi dan anak.
  • Lantai 5 : handbag dan tas kulit.
  • Lantai 6 : handbag, sepatu, dan foodcourt.

Karena terkenal dengan harganya yang ‘miring’, banyak pengunjung dari luar negeri, kebanyakan berkebangsaan Malaysia, yang sengaja datang ke Pasar Baru untuk membeli barang grosiran. Mungkin untuk dijual lagi di negaranya ya. Namun, karena tipenya yang “pasar beneran”, pengunjung memang tidak akan merasakan sensasi belanja nyaman seperti yang didapat di mal, butik, distro, atau FO, Jadi memang hanya yang “bener-bener niat” lah yang akan menikmati asiknya belanja di Pasar Baru.

Berikut sedikit kiat buat yang mau coba hunting produk-produk fashion yang lucu di Pasar Baru :

1. Datanglah pagi-pagi

Yap, biasanya pagi-pagi saat pasar baru buka pengunjungnya belum terlalu ramai, jadi lumayan bisa melenggang kangkung dari toko ke toko dan lebih santai untuk tawar-menawar.

2. Eksplore pasar menggunakan pola kiri-kanan atau sebaliknya

Ini maksudnya supaya di tengah-tengah hunting kita nggak hilang arah alias nyasar karena area Pasar Baru ini gak bisa dibilang kecil. Tangga naik-turun atau lift biasanya ada di sisi paling kanan, kiri, dan tengah pasar. Tapi kalaupun nyasar, jangan malu untuk tanya, orang Bandung ramah-ramah kok :)

3. Tawar!

Yes, karena ini adalah pasar, jadi menawar adalah wajib untuk mendapatkan harga yang cucok yah ibu-ibu. Jika bisa berbahasa Sunda atau sedikit logat-logat Sunda, maka bicaralah dengan logat/bahasa Sunda, karena biasanya pedagang di sana memberikan harga yang sedikit lebih tinggi kepada wisatawan.

Terakhir, karena ini adalah pasar, maka jagalah barang berharga Anda. Jangan sampai karena keasyikan belanja, ehh kecopetan.

Jadi, buat yang ingin wisata belanja ke Bandung, bisa dicoba mampir ke Pasar Baru. Happy shopping!


Post Comment