banner-detik
KINDERGARTEN

Sekolah Menara Harapan: Pantau Aktivitas Anak Lewat Internet

author

?author?06 Feb 2015

Sekolah Menara Harapan: Pantau Aktivitas Anak Lewat Internet

IMG_8170

Salah satu pertimbangan saat memasukkan anak ke sekolah pasti soal jarak, karena semakin jauh jarak maka secara fisik, energi si kecil akan lebih terkuras. Belum lagi di sekolah energi mereka sudah terkuras untuk belajar dan bermain, rasanya kurang bijak kalau memasukkan mereka ke sekolah yang jaraknya terlampau jauh dari rumah. Bagi Mommies yang tinggal di sekitaran Tangerang Selatan kami punya info sekolah untuk si kecil. Namanya Menara Harapan School yang didirikan sejak 2001.

Jenjang pendidikan yang tersedia di sana Nursery, Kindergarten, Elementary dan terakhir Junior High School. Dengan perbandingan murid dan guru yang seimbang “Setiap kelas dibatasi paling banyak hanya sampai 20 murid. Dimaksudkan agar interaksi antar siswa dan guru akan lebih efektif dan efisien. Secara keseluruhan hingga saat ini murid kami berjumlah 132. Dan hanya ada satu rombongan belajar, misalnya TK A, ya hanya ada satu TK A dan seterusnya.” tutur Agung Nugroho, S.Pd kepala sekolah Menara Harapan School.  

Ucapan Pak Agung terbukti saat saya berkunjung ke kelas Nursery dan Kindergarten, saya hitung jumlah muridnya tidak sampai 20 dengan dua guru yang mendampingi mereka. Saya kagum dengan keberanian mereka berinteraksi dengan saya , yang notabene datang sebagai tamu hari itu. Sapaan saya disambut dengan hangat oleh penghuni dua kelas tadi. Bahkan salah satu murid Nursery yang saya tanya tidak canggung menyebutkan nama dan umurnya – kesimpulan saya mereka diajarkan berani berinteraksi dengan sopan dan lugas dengan orang lain.

IMG_8078

O, iya di kelas Kindergarten yang saya datangi sedang ada native speaker-nya, mereka memang dilatih mengenal bahasa Inggris sejak dini. Selain itu di hari-hari tertentu diberlakukan tradisi berbicara menggunakan bahasa Inggris. Jadi tak sebatas mata pelajaran di kelas. “Di sini ada dua bahasa asing yang diajarkan Mandarin dan Inggris. Bahasa Inggris di sini bukan hanya sebagai media pembelajaran, tapi memang kita upayakan dengan serius. Ada sebuah kultur pemakaian Bahasa Inggris dalam keseharian. Karena kami percaya kemampuan bahasa asing itu adalah skill yang harus dilatih, karena semakin banyak dilatih mereka akan semakin mahir. Karena jika sudah di luar lingkungan sekolah, di rumah misalnya mereka belum tentu berbicara menggunakan bahasa Inggris.” Jelas Agung Nugroho.

Selanjutnya: Fasilitas dan keunggulan

Fasilitas dan Keunggulan

Fasilitas yang disediakan sekolah ini cukup lengkap, di antaranya laboratorium bahasa, sains, komputer, ruang latihan musik, ruang makan, jemputan sekolah dan perpustakaan. Khusus untuk siswa Kindergarten, ada pemeriksaan rutin yang diadakan sebulan sekali – untuk general check up dengan mendatangkan dokter umum. Dan mendatangkan dokter gigi, setahun dua kali. “Para siswa tidak dikenakan pungutan lagi, karena biaya sudah termasuk ke dalam uang pangkal sekolah.” Ucap Efindi Ongso salah satu founder Menara Harapan School. Sementara itu untuk kegiatan ekstrakulikuler ada pramuka, paduan suara, modern and traditional dance, melukis dan futsal.

Yang menarik dari sekolah ini, ada tersedianya fitur LEAP (Learn, Educate, and Play) yaitu fasilitas IT yang mirip dengan social media Facebook. Tujuannya agar orangtua bisa keep contact dengan anak-anaknya selama mereka di sekolah. Terbagi berdasarkan ke dalam tingkatan kelas, setiap orangtua bisa memantau kegiatan anaknya di sekolah dengan mengakses LEAP tadi. Dimulai dari siswa SD dan seterusnya sudah bisa memiliki account pribadi sehingga bisa bertukar materi pelajaran lewat LEAP ini, sementara untuk nursery dan kindergarten hanya orangtua yang bisa mengakses LEAP ini.

LEAP_KG

Tak sebatas menyimpan data berupa teks saja, LEAP memfasilitasi para murid untuk mengunggah foto-foto kegiatan mereka. “Foto-foto di LEAP akan tersimpan selamanya, jadi mereka enggak akan kehilangan memori mereka waktu kecil. Jadi ketika mereka besar, dan suatu saat bekerja atau tinggal di luar negeri mereka bisa mengenang masa-masa sekolah dengan mengakses LEAP.” Ungkap Agung. Selain itu menurut Efindi tujuan dibuat LEAP ini antara lain supaya anak-anak tidak bermain Facebook yang terkadang berisiko bahaya untuk si anak. Bisa berkomunikasi dengan antar teman di sekolah, bisa dibilang private media sosial Menara Harapan School. Absensi juga bisa dilakukan melalui LEAP.

Sekolah ini tak melupakan toleransi beragama – secara rutin diadakan pesantren kilat selama bulan Ramadan, dan ditutup dengan buka bersama. Mengundang segenap keluarga Menara Harapan School, bahkan mereka yang non muslim dengan suka rela membawakan hidangan untuk berbuka puasa.

IMG_8125

Bagaimana dengan biayanya? Cari tau di halaman berikutnya ya Mommies

Jam masuk sekolah

TK:  

Masuk    : 7:30

Pulang    : 11:30

SD :  

Masuk    : 7:30

Pulang     : 14:00

SMP :     

Masuk    : 7:30

Pulang    : 15:00

Disediakan makan siang untuk siswa TK dan SD (harga sudah termasuk ke dalam uang SPP). Sementara untuk SMP diberlakukan pemesanan terlebih dahulu.

Biaya

Biaya

So, bagaimana Mommies? Apakah Menara Harapan School masuk ke dalam salah satu sekolah yang akan Mommies survei?

Sekolah Menara Harapan

Jl. RE. Martadinata No: 35, Ciputat

Tlp: 021 7445738/45 , Fax: 021 7445664

Email: info@menaraharapan.sch.id

PAGES:

Share Article

author

-

Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan