10 Mainan Masa Kecil (Yang Masih Ada Sampai Sekarang)

Silhouette, group of happy children playing on meadow, sunset, s

Kalau melihat anak saya sedang bermain, saya sering berpikir: dulu saat saya seusianya, saya main apa ya? Ingatan saya tidak bisa lebih jauh dari ketika saya berumur tiga tahun. Waktu itu saya suka bermain bongkar pasang. Masih ingat? Kalau Mommies termasuk generasi yang lahir tahun 80-an, pasti tahu mainan berupa selembar kertas karton yang berisi gambar perempuan dan sejumlah pakaian yang bisa dilepas mengikuti garis putus-putus. Si perempuan ini berfungi sebagai boneka kertas yang bisa kita gonta-ganti pakaiannya.

Agak sedikit berbeda sih dengan anak-anak di lingkungan tempat tinggal saya sekarang, dimana mereka suka bermain berkelompok di luar rumah. Kebetulan, saat saya kecil saya tidak banyak bermain di luar. I can say that I’m an indoor person. Jadi, mainnya di dalam rumah saja sama adik perempuan saya. Memang akhirnya saya jadi lebih pemalu, atau karena aslinya pemalu jadi tidak suka main di luar? Hehe..

Walaupun begitu, memori saya tentang bermain di masa kecil sangat banyak. Kalau dipikir-pikir, dulu orangtua saya memberi saya jadwal belajar yang lumayan ketat, plus serangkaian les di sore hari, yang bisa membuat stres. Alhamdulillah saya tidak, mungkin karena mereka juga memberikan porsi bermain serta mainan yang banyak pula, sehingga saya bisa menikmati keduanya.

Saya percaya –dan banyak penelitian pun membuktikan- bahwa bermain adalah proses belajar. Setiap hal yang saya mainkan di waktu kecil turut pula membentuk minat saya ketika dewasa, atau sebaliknya: pilihan mainan saya di waktu kecil menunjukkan minat dan bakat saya kelak. Tidak ada permainan yang sia-sia, karena semuanya mengajarkan sesuatu. Berikut ini adalah beberapa permainan masa kecil yang menjadi favorit saya. Apakah ada yang sama dengan mainan favorit Mommies? Cek di halaman selanjutnya ya!


One Comment - Write a Comment

Post Comment