Bahagia, Sehat, Dan Tenang Lewat Yoga

Gaya hidup sehat yang belakangan sering didengungkan lewat pola makan, program diet maupun olahraga kian mendapatkan tempat di hati masyarakat. Termasuk yoga yang kini seakan menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kebiasaan baik masyarakat perkotaan, demi mendapatkan kesehatan fisik dan psikis. Baru-baru ini saya mendapatkan kesempatan mengikuti sesi yoga dalam acara yang diadakan Bio Oil di dearah Cipanas Puncak. Hadir sebagai instruktur yoga hari itu adalah Fajar Putra, seorang yogi yang memiliki sejumlah murid yang berasal dari kalangan selebriti Indonesia, sebut saja Andien, Raisa, Luna Maya, Chelsea Olivia, Yuni Shara, Pevita Pearce dan masih banyak lagi. Jenis yoga yang kami lakukan adalah Acroyoga, yaitu jenis yoga yang memadukan unsur-unsur gerakan yoga dan akrobat.

IMG_1463Gambar di atas salah satu contoh gerakan Acroyoga yang saya lakukan bersama Fajar Putra, ia sebagai base saya sebagai flyer. 

Kecintaannya terhadap yoga berawal dari sang Ayah, yang dengan tekun melatihnya beryoga sejak usia tiga tahun bersama kakak dan adiknya. Melihat manfaat yoga yang begitu besar terhadap kesehatan Ayahnya, Fajar pun mantap menekuni yoga hingga kini. “Di usianya yang ke-69 Ayah masih bisa head stand selama 10 menit tanpa tembok dan dilakukan setiap hari. Dan beliau Alhamdulillah jarang banget sakit flu apalagi sampai dirawat di rumah sakit. Saya melihat efek yoga ke badan ayah saya bagus sekali, itu yang membuat saya yakin mempelajari yoga dan menekuninya sampai sekarang.”Jelas Fajar.

Selama 8 tahun menggeluti olahraga yang sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu ini, Fajar mengaku senang akan perkembangan yoga di Indonesia, geliatnya mulai terlihat, khususnya di Jakarta. Kalau dulu yoga identik dengan orang yang sudah berumur, bahkan jompo kini anggapan tersebut berhasil ditepis oleh Fajar. Kehadirannya di berbagai social media hingga televisi menjadi strategi ampuh untuk mensosialisasikan yoga. Instragam milikinya (@penyogastar) yang hampir menginjak angka 50.000  followers  menjadi salah satu bukti penerimaan yang baik terhadap yoga di Indonesia. “Kemanapun saya pergi, saya akan berbagi kebaikan yoga dengan siapa saja, sampai orang-orang bilang saya naris karena tampil dimana-mana,hehehe. Maksud saya tak lain adalah mensosialisasikan yoga, mengubah citra yoga yang tadinya dianggap hanya untuk orangtua, menjadi mungkin dilakoni oleh kalangan muda, perempuan maupun laki-laki. Dan untuk saya yoga mewakili lima kata, yaitu bahagia, sehat, damai, sabar dan tenang.” kata Fajar seusai sesi yoga pagi itu bersama para jurnalis.

Manfaat Yoga

  • Menegakkan tulang belakang yang bungkuk
  • Stress release, sehingga baik untuk orang yang memiliki gangguan tidur
  • Melenturkan badan yang kaku, agar tidak mudah cedera
  • Menjaga bentuk badan secara alami
  • Melancarkan menstruasi karena peredaran darah yang lancar
  • Melancarkan produksi ASI bagi ibu menyusui karena dengan beryoga, ibu menyusui akan memiliki quality time dengan diri sendiri, sehingga usai beryoga fisik dan psikis menjadi fresh dan bahagia
  • Detoks pada tubuh, karena yoga dapat meningkatkan produksi oksigen ke otak dan melancarkan peredaran darah
  • Kulit lebih bersinar
  • Bagaimana berdamai dengan perasaan yang tidak enak saat ada di situasi yang tidak nyaman. Ini adalah dampak dari melakukan beberapa gerakan yang tergolong sulit, maka kita akan terlatih bertahan menikmati sensasi rasa pegal (pada bagian ini saya sempat menyerah loh Mommies, tapi Fajar sangat lihai menyemangati muridnya. Hingga saya pun bertahan dan benar-benar malah ketagihan dengan sensasi pegal-pegalnya :D)
  • How to let go, artinya bisa menoleransi gerakan-gerakan sulit selama berlatih, tanpa memaksakannya terhadap tubuh, artinya secara otomatis juga belajar lebih sabar (percayalah Mommies, you won’t regret dengan manfaat yang terasa).
  • Mengharmoniskan hubungan, contoh gerakan dalam gambar di atas diperlukan kepercayaan penuh, komunikasi dan akhirnya terbangun chemistry antara base dan flyer.  Tak terbatas antara suami istri, bisa dilakukan bersama sahabat dan saudara. Bahkan saya dan Fajar yang baru saja bertemu di hari itu, bisa langsung berhasil melakukan gerakan di atas, karena kepercayaan saya penuh terhadap Fajar.

Baru pertama kali melakukan Yoga? Baca aturannya di halaman berikutnya!