banner-detik
PARENTING & KIDS

It’s Not Easy Being a Mom

author

W_Putri27 Jan 2015

It’s Not Easy Being a Mom

mom to be2

“Jadi, gimana rasanya jadi ibu?”

“Hmm .. jadi ibu itu nggak gampang.”

Iya, lho. Sejak hamil, yang menurut saya adalah masa 'trial' jadi orangtua, aja udah banyak tantangannya. Memang ada ibu-ibu yang hamilnya kayak ngimpi aja; gampang dan lahirnya lancar, anaknya mbrojol sehat sentosa bahagia semua. Tapi yang hamilnya kayak bangun tidur sepanjang hari, mual muntah, kaki bengkak, badan pegel melulu, kontraksinya kenceng tapi bukaannya lelet, kayaknya lebih banyak daripada yang hamilnya lancar jaya.

Abis anaknya lahir, mulailah proses menyusui. Hayo, berapa banyak yang sebelum mulai nyusuin bayinya ngirain kalo nyusuin anak itu gampang? Saya termasuk, ya. Udah ikut kelas edukasi menyusui sih, jadi sombong dikit kalo udah tahu segalanya tentang menyusui. Ternyata pas uji lapangan, bubar segala teorinya. Lecet, produksi seret, latch on lepas melulu, berat badan anaknya malah turun. Belakangan ternyata ketauan kalo anak saya tongue-tie. Perlu diinsisi, lalu suplementasi, dan ngejelasin sama banyak orang kenapa kalo nyusuin Nara, saya pake botol sama selang. Belum lagi meyakinkan kanan-kiri kalo ASI aja cukup buat ngejar berat badannya. Fiiuh. Untungnya, udah ikut kelas edukasi jadi gak gampang panik. Akhirnya lulus ASI sampe 2 tahun. Sukses.

Yang nggak sukses nyapihnya karena sekarang, sampe hampir umur 3 tahun gini, anaknya masih suka tiba-tiba minta nyusu. Belum lagi soal MPASI, toilet training, milih sekolah, ngurus rumah sementara diberantakin terus sama anaknya, dan seterusnya.

Sudah pengin berendam air anget atau pijet seluruh badan di spa belum?

Tenang. Temennya banyak, kok. Hihihi.

Selanjutnya: Jadi ibu itu susah yaa...

Mother_and_daughter

Buat saya, jadi ibu itu memang akrobat rumit antara menyesuaikan harapan dengan kenyataan. Berharap anaknya suka digendong pake baby wrap, tapi ternyata anaknya lebih demen gendong jarik buluk. Ngarep anaknya suka gambar-gambar, ternyata anaknya lebih suka main mobil die cast. Berkhayal anaknya gampang bergaul, ternyata bocahnya pemalu berat. Belum lagi harapan dari orang lain terhadap kita dan anak kita. Kok, anaknya kurus? Kenapa sekolahnya di situ? Kamu kok nggak di rumah aja ngurus anak? Nah, lho. Musti lihai menata hati dan berdamai dengan kenyataan.

Jadi ibu itu juga siap-siap terus belajar karena tantangannya akan berubah terus sepanjang usia. Sekarang persoalannya nyapih doang, tahun depan mungkin separation anxiety karena dia mulai sekolah. Setelah itu, mungkin manajemen konflik karena dia marahan sama temennya. Gedean dikit, sudah naksir temen sekolahnya. Belum entar kalo bocahnya masuk masa pra remaja atau jadi remaja sekalian. Udah pernah kepikiran caranya ngomong soal seks? Hahahaha ... saya saja sudah pusing sampai sini. Padahal anak cuma satu dan masih toddler pula.

Nggak gampang, kan? Lalu, kenapa masih ada aja orang yang mau jadi ibu?

Terus terang, saya nggak tau. Saya kan nggak mewakili pendapat mayoritas, soalnya saya nggak sempat berangan-angan jadi ibu. Baru nikah, belum sempat mikir apa-apa, langsung tekdung. Belum sempat sepenuhnya nyadar kalo mau jadi ibu, sudah kudu bed rest. Akhirnya, mikirnya cuma nyampe gimana caranya supaya tetep sehat sampe lahiran. Kemudian, tiba-tiba, eh .. sudah jadi ibu aja. Hehehe ..

Tapi, sepanjang tiga tahun kurang dikit ini, meskipun nggak direncana dan hidup jadi ruwet, saya nggak kurang senengnya sih jadi ibu. Mungkin karena saya dikelilingi banyak orang baik yang nggak pelit berbagi pengetahuan tentang jadi orangtua. Mungkin karena keluarga saya kooperatif banget kalo soal pilihan saya mengasuh Nara. Mungkin karena saya beruntung punya suami yang bisa diajak berbagi mengasuh anak. Semuanya ini bikin keruwetan jadi ibu berkurang. Atau, mungkin juga, karena ada Nara.

Yang poin terakhir itu mungkin emang cuma para ibu-ibu yang bisa ngerti ya, gimana rasanya segala kebetean yang tadi ditimbulkan si anak bisa ‘lenyap’ begitu saja ketika kita ngeliat dia tidur lelap. Atau kehebohan yang terjadi waktu nyusuin, masak, dan nyuapin makan anak, terbalas dengan dia tumbuh sehat dan aktif. Genangan pipis dan sprei basah juga akhirnya jadi kenangan milestone ketika akhirnya si anak sudah lulus toilet training. Dan, buat saya, yang paling bisa bikin saya ‘memaafkan’ segala kehebohan hidup saat ini adalah pelukan kecil penuh sayangnya ketika saya sedang sakit. *sniff sniff*

“Jadi ibu nggak gampang,” itu yang akan saya bilang kalo ada yang nanya gimana rasanya jadi ibu. Rempong dan suribet. Banyak jurus yang harus dipelajari dan sekolahnya sampai mati. Tapi jangan khawatir, kalau situasi mulai lepas kendali, nanti akan ada anak kecil yang tiba-tiba dateng nyengir ke kita, trus lupa deh sebentar semua persoalan. Atau, kita bisa pergi ke spa buat pijet seluruh badan. Haha.

Wicahyaning Putri adalah editor di 24hourparenting.com. 24hourparenting.com adalah adalah situs parenting yang memuat how-to-parenting, singkat dan to the point, juga membahas tentang menjadi orangtua, dan ide kegiatan ortu-anak. Dilengkapi visual yang semoga asik. Diasuh oleh psikolog dan orangtua.

PAGES:

Share Article

author

W_Putri

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan