Anak Belajar Memasak, Mulai Dari Mana?

cooking_kids2

Sebetulnya jauh sebelum anak mengerti dan penasaran untuk memasak, mungkin tanpa sadar kita sudah menyelipkan dasar-dasar pengolahan makanan. Misalnya belajar memegang alat makan termasuk pisau, mencicip makanan, membedakan tekstur makanan, dll. Yang terakhir malah sudah sejak MP-ASI harusnya, ya. Itulah kenapa saat MP-ASI walau tetap berpegang pada kuliner lokal, tetap disarankan untuk diberikan berbagai macam tekstur dan rasa asli bahan makanan.

Belajar Memegang Pisau

Kalau saat ini Darris dan Dellynn sudah saya bolehkan memegang pisau, bukan berarti mereka langsung pegang pisau tajam dari nol. Sebelumnya mereka sudah pakai pisau roti yang tidak terlalu tajam tapi tetap bisa digunakan untuk memotong-motong kue atau roti. Tapi jangan yang terlalu tumpul juga, karena hasil potongan jadi kayak tersobek-sobek nggak rapi. Pisau yang pas buat belajar saya temukan di ACE Hardware. Bergerigi, cukup tajam untuk roti, kue, dan beberapa jenis buah potong, tapi nggak cukup tajam untuk mengupas apel atau buah lain.

Masih nggak sreg dengan pisau logam, ada juga pisau dari bahan plastik yang agak tebal. Biarpun plastik tajam juga, lho. Bahkan lebih tajam dari pisau roti logam. Hasil potongnya sama rapinya dengan pisau logam yang saya sebut sebelumnya. Tapi namanya plastik, ya, untuk memotong yang keras-keras bisa patah.

Satu lagi pisau yang saya kenalkan pada anak, yaitu pisau khusus pengupas kulit buah atau sayur seperti apel, wortel, ketimun, kentang, pir, dll, biasanya disebut peeler. Pisau ini cukup aman, sih, karena mata pisaunya nggak terbuka seperti pisau biasa.

Saat mulai menguasai pisau, ajarkan juga adab memegang pisau. Misalnya saat:

  • Memberikan pisau ke orang lain pegang ujung yang tajam dan arahkan bagian pegangan ke orang tersebut.
  • Menaruh pisau sejauh mungkin dari pinggiran meja dapur atau sekalian masuk ke bak cuci untuk menghindari tersenggol lalu jatuh mengenai kaki/orang.
  • Nggak bawa pisau jalan-jalanThis sounds weird, tapi memang terjadi. Pernah Darris sedang memotong sesuatu lalu perlu tanya sama saya di ruangan lain, pisaunya terbawa seperti menodong saya (-_-)’.
  • Pisahkan pisau dari alat makan lain saat menaruh di bak cuci atau tempat alat makan untuk menghindari tidak sengaja tersayat.

Kompor dan Perangkat Masak Lain.