banner-detik
FOOD & RECIPE

Oatmeal Brownies

author

ameeel17 Jan 2015

Oatmeal Brownies

Sejak punya oven dan suka bereksperimen membuat brownies, ada satu fakta yang baru saya sadari. Brownies di berbagai bakery—yang rasanya manis dan legit itu—sepertinya takaran gulanya kebangetan :D

Coba saja googling resep brownies yang bertebaran di dunia maya. Bikin ngilu, deh. Hanya untuk loyang mungil, gula yang dipakai minimal 1/2 cup alias 8 sendok makan! Kebayang, dong, jika dibagi menjadi 8 potong mungil saja, artinya 1 potong brownies mengandung 1 sendok makan gula—glek! Belum lagi sumbangan lemak dari mentega/margarin/minyak sebagai bahan utama lain.

Pantas setiap kelar musim Lebaran (di mana kue manis—termasuk brownies—bertebaran), berat badan mudah melonjak, ya, hahaha.

Di resep ini, selain mengurangi pemakaian gula, saya juga mengganti tepung terigu dengan oatmeal. Jadi mau makan hingga beberapa potong pun, tidak terlalu merasa bersalah :P

oatmeal brownies

BAHAN

- 1/2 cup oatmeal, haluskan dengan food processor

- 100 gram mentega/margarin, lelehkan

- 1/4 cup cokelat bubuk

- 1 sendok makan gula

- 1/2 sendok teh vanila bubuk

- 1 telur ayam

- 3 sendok makan dark compound chocolate cincang

- 50 gram kacang kenari (optional)

CARA MEMBUAT

1. Campur mentega/margarin, cokelat bubuk, vanila bubuk, dan gula dalam satu wadah, aduk. Masukkan telur, aduk lagi. Masukkan oatmeal yang sudah dihaluskan, aduk lagi hingga semua tercampur. Diamkan adonan sekitar 10-15 menit hingga dingin.

2. Panaskan oven di suhu 180 derajat (nyala api atas bawah).

3. Tambahkan dark compound chocolate dan kacang kenari ke dalam adonan, aduk hingga rata. Tuang ke loyang yang sudah dialasi kertas roti dan dioles mentega/margarin.

4. Panggang selama 25-30 menit.

Dark compound chocolate sengaja dimasukkan setelah adonan dingin, agar baru meleleh saat dipanggang—jadi kayak molten chocolate cake gitu, ada lelehan cokelat saat brownies dipotong/digigit. Agar lelehannya terasa, cincang dark compound chocolate dengan ukuran agak besar (sekitar 1 ruas jari).

Btw, takaran resep di atas untuk loyang kecil ukuran 15x10x4 cm, ya, Mommies :)

Share Article

author

ameeel

http://ameeeeel.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan