banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Manfaat Dari Segelas Air Lemon Hangat

author

mamul15 Jan 2015

Manfaat Dari Segelas Air Lemon Hangat

4.0.1*Gambar dari sini

Kalau Lita pernah menulis tentang honey lemon shot, maka kali ini saya akan menulis tentang air lemon hangat. Bulan Januari tahun 2015 nanti, tepat 4 tahun saya mengonsumsi air lemon hangat. Perkara resep dan khasiat dari air lemon ini saya dapatkan dari metode food combining. Meskipun di awal-awal pelaksanaan saya tidak sepenuhnya benar dalam melakukan metode food combining, namun air lemon hangat ini tidak pernah lupa saya konsumsi setiap subuh.

Saya memilih meminum air lemon hangat ini di waktu subuh, karena persis setelah bangun tidur saya langsung meraciknya. Mulai dari memeras satu buah lemon, tuang ke dalam gelas dan mencampurkannya dengan segelas air hangat. Kemudian teguk hingga tetes terakhir. Barulah saya beraktivitas dan memulai sarapan satu jam setelah mengonsumsi minuman ini.

Berdasarkan yang pernah saya baca, meminum air perasan lemon setiap hari dapat meningkatkan imunitas tubuh kita. Hal ini dikarenakan lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, virus flu dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Selain itu, lemon juga mengandung asam askorbat yang membantu penyerapan zat besi yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh kita.

Campuran lemon dan air hangat dapat membersihkan usus kita. Semua kotoran yang ada di dalam usus, dapat dilarutkan oleh air lemon hangat. Air lemon hangat ini pun dapat membantu kita mengatasi sembelit. Pada beberapa orang, akan sering ke belakang setelah mengonsumsi air lemon. Namun, setelah 3 hingga 4 kali rutin mengonsumsi air lemon hangat, umumnya durasi ke belakang akan normal kembali.

Air lemon hangat pun dikenal dapat membantu melarutkan racun yang ada di hati dan merangsang fungsi kerja hati kita. Pada prosesnya, semua racun yang berada di hati akan dilarutkan oleh air lemon hangat dan dibuang melalui kotoran tubuh (faeses) atau air seni. Karena lemon mengandung kalium, maka lemon sangat baik untuk pencernaan kita dan kesehatan jantung.

Awalnya saya agak skeptis dengan air lemon hangat ini. Apalagi setelah mengetahui bahwa saya harus mengonsumsi air perasan lemon yang segar, bukan air perasan lemon kemasan atau air perasan lemon yang sudah berlama-lama di dalam botol penyimpanan. Yang dimaksud segar di sini adalah saat akan mengonsumsi air perasan lemon, maka sebaiknya diambil dari lemon yang baru dibelah kemudian kita peras sehingga didapat air perasan yang segar. Kemudian, segera meminum air perasan lemon ini dan tidak memberikan jeda waktu yang lama. Air yang dicampur ke dalam perasan lemon pun sebaiknya bukanlah air yang dingin atau air yang terlalu panas. Cukup dengan air hangat saja. Membayangkan proses pembuatannya, membuat saya berpikir agak merepotkan sekali meracik minuman ini di waktu pagi.

Lalu, apa yang saya rasakan selama hampir 4 tahun terakhir, setelah rajin mengonsumsi air lemon? Lihat di halaman selanjutnya ya!

Morning-Drink-Hot-Water-Lemon*Gambar dari sini

BAB lancar!

Saya agak susah untuk buang air besar secara teratur. Nah, setelah beberapa hari mengonsumsi air lemon hangat ini, saya merasakan kemudahan saat buang air besar. Yang menyenangkan lagi, setiap pagi saya bisa ke belakang secara teratur. Tidak perlu mengejan dengan susah payah dan perut pun rasanya plong (seperti tidak ada sisa kotoran di dalam perut). Tmi (too much information) nggak sih, nih? Haha..

Jerawat, hilang :)

Beberapa bulan kemudian, saya mendapati jerawat di wajah pun berkurang. Bukan hanya di wajah, namun di punggung dan dada juga mulai hilang. Awalnya saya belum menyadari air lemon hangat ini dapat membantu saya membasmi jerawat di tubuh. Namun setelah saya sadar saya tidak pernah mengganti produk perawatan wajah, akhirnya saya tahu bahwa air lemon hangat juga membantu proses pengeringan jerawat.

Menambah imunitas

Sejak mengonsumsi air lemon hangat ini, saya pun jarang mengalami batuk pilek. Biasanya setiap pagi saat bangun tidur, saya rajin bersin berkali-kali. Perlahan-lahan, bersin-bersin setiap pagi mulai berkurang. Saya juga tidak lagi mengalami hidung mampet saat bangun tidur. Tubuh saya juga lebih tahan banting saat musim pancaroba. Saat beberapa anggota keluarga saya sedang mengalami flu, saya saja yang tetap sehat dan terbebas dari flu.

Memang, saya tidak hanya mengandalkan air lemon hangat sebagai penunjang kesehatan tubuh. Saya juga berusaha mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Namun, beberapa teman yang rajin cheating alias rajin “jajan” dan tetap rajin mengonsumsi air lemon hangat ini pun berpendapat bahwa racikan ini membantu tubuhnya untuk tetap sehat dan dijauhi dari flu.

Jadi, untuk Mommies yang mulai tertarik mencoba racikan air lemon hangat ini, tidak ada salahnya mulai mencoba esok pagi. Sebaiknya, konsumsi air lemon hangat ini dalam keadaan perut kosong ya. Akan lebih baik setelah bangun tidur pagi, mommies segera meminum air lemon hangat ini. Dan jangan takut air lemon ini akan membuat Mommies sakit perut melilit. Meski rasanya asam, namun lemon memiliki keunikan yaitu akan berubah menjadi basa saat masuk ke dalam pencernaan. Jangan lupa, cukup satu gelas saja dan campurkan dengan air yang hangat ya (bukan air dingin atau atau panas). Silakan dicoba ya!

 

PAGES:

Share Article

author

mamul

pecinta lemon hangat dan yoga. suka dengan makanan manis, terutama bolu keju. selalu girang ketika mendengar teman/kerabat/kenalan hingga anggota forum melakukan diet sehat disertai olahraga. slogan penyemangat hidup dalam menghadapi jungkir baliknya dunia parenting adalah "i'm not their perfect mother, but i always try to be the best for my kids, myself and my husband, be the best for my family".


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan