Manfaat Dari Segelas Air Lemon Hangat

4.0.1*Gambar dari sini

Kalau Lita pernah menulis tentang honey lemon shot, maka kali ini saya akan menulis tentang air lemon hangat. Bulan Januari tahun 2015 nanti, tepat 4 tahun saya mengonsumsi air lemon hangat. Perkara resep dan khasiat dari air lemon ini saya dapatkan dari metode food combining. Meskipun di awal-awal pelaksanaan saya tidak sepenuhnya benar dalam melakukan metode food combining, namun air lemon hangat ini tidak pernah lupa saya konsumsi setiap subuh.

Saya memilih meminum air lemon hangat ini di waktu subuh, karena persis setelah bangun tidur saya langsung meraciknya. Mulai dari memeras satu buah lemon, tuang ke dalam gelas dan mencampurkannya dengan segelas air hangat. Kemudian teguk hingga tetes terakhir. Barulah saya beraktivitas dan memulai sarapan satu jam setelah mengonsumsi minuman ini.

Berdasarkan yang pernah saya baca, meminum air perasan lemon setiap hari dapat meningkatkan imunitas tubuh kita. Hal ini dikarenakan lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, virus flu dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Selain itu, lemon juga mengandung asam askorbat yang membantu penyerapan zat besi yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh kita.

Campuran lemon dan air hangat dapat membersihkan usus kita. Semua kotoran yang ada di dalam usus, dapat dilarutkan oleh air lemon hangat. Air lemon hangat ini pun dapat membantu kita mengatasi sembelit. Pada beberapa orang, akan sering ke belakang setelah mengonsumsi air lemon. Namun, setelah 3 hingga 4 kali rutin mengonsumsi air lemon hangat, umumnya durasi ke belakang akan normal kembali.

Air lemon hangat pun dikenal dapat membantu melarutkan racun yang ada di hati dan merangsang fungsi kerja hati kita. Pada prosesnya, semua racun yang berada di hati akan dilarutkan oleh air lemon hangat dan dibuang melalui kotoran tubuh (faeses) atau air seni. Karena lemon mengandung kalium, maka lemon sangat baik untuk pencernaan kita dan kesehatan jantung.

Awalnya saya agak skeptis dengan air lemon hangat ini. Apalagi setelah mengetahui bahwa saya harus mengonsumsi air perasan lemon yang segar, bukan air perasan lemon kemasan atau air perasan lemon yang sudah berlama-lama di dalam botol penyimpanan. Yang dimaksud segar di sini adalah saat akan mengonsumsi air perasan lemon, maka sebaiknya diambil dari lemon yang baru dibelah kemudian kita peras sehingga didapat air perasan yang segar. Kemudian, segera meminum air perasan lemon ini dan tidak memberikan jeda waktu yang lama. Air yang dicampur ke dalam perasan lemon pun sebaiknya bukanlah air yang dingin atau air yang terlalu panas. Cukup dengan air hangat saja. Membayangkan proses pembuatannya, membuat saya berpikir agak merepotkan sekali meracik minuman ini di waktu pagi.

Lalu, apa yang saya rasakan selama hampir 4 tahun terakhir, setelah rajin mengonsumsi air lemon? Lihat di halaman selanjutnya ya!


7 Comments - Write a Comment

    1. hai, fela_mom .. sebenarnya nggak masalah mengganti lemon dengan jeruk nipis. dari hasil baca dan pengalaman saya pribadi, mengganti lemon ke jeruk nipis tetap mendapatkan khasiatnya. asalkan rutin diminum ya. hanya saja beberapa teman mengalami gigi linu saat mengonsumsi jeruk nipis. bisa jadi karena rasa jeruk nipis lebih asam ketimbang lemon ya. selamat mencoba ya..

    1. Beberapa pengalaman teman, nggak ada masalah dengan air lemon hangat yg dicampur madu. Kalau untuk khasiatnya, nah sejujurnya saya juga belum tahu. Karena sejauh ini saya mengonsumsi air lemon hangat sesuai aturan dari food combining, mbak nadianaaa. Soal ngilu di gigi, mungkin ada baiknya mengonsumsi lemon impor yang kuning seperti pada gambar. Kalau lemon lokal atau jeruk nipis, ada beberapa yang bilang bisa menimbulkan ngilu. Selamat mencoba ya

Post Comment