banner-detik
KINDERGARTEN

Mainan Lintas Usia

author

kirana2114 Jan 2015

Mainan Lintas Usia

Mommies yang punya anak-anak berbeda kelompok usia pasti pernah galau saat membiarkan si adik yang baru usia batita main bareng si kakak, atau... yang sesungguhnya terjadi adalah harapan bahwa sambil main si kakak mengasuh adiknya ..hehehe.

Bukan khawatir si kakak mengusili adiknya *saat sibling rivalry sudah bisa diatasi*, tapi khawatir jangan-jangan mainan si kakak tertelan si adik atau masuk lubang hidung, atau telinga karena ada bagian yang kecil. Dibalik pun, belum tentu si kakak mau memainkan mainan adiknya... "Gak mau, ah, mainan bayi!".

Tapi masih ada, kok, mainan yang aman dimainkan bersama, misalnya:

Boneka

Siapa, sih, yang nggak punya boneka binatang berbulu? Sepertinya mainan ini salah satu yang akan selalu ada di kotak mainan anak-anak, ya? Atau mungkin ibunya juga? :D.

Untuk bayi dan batita, boneka binatang yang terbuat dari bahan bermacam-macam bisa jadi sumber belajar mengenal tekstur dan jenis hewan. Ada yang berbulu pendek, ada yang panjang, ada yang terbuat dari kain halus, kain flanel, dan lainnya. Ada yang buntutnya panjang, ada yang pendek, ada yang kakinya empat ada yang kakinya banyak seperti boneka caterpillar punya Devan.

Untuk anak yang lebih besar, boneka apapun adalah imajinasi tak berbatas. Jadi teman, musuh, polisi, presiden, guru, siapapun yang dikenal anak. Bahkan untuk anak yang memiliki gangguan psikologis, boneka adalah salah satu media menggali permasalahan.

Cangkir-teko atau masak-masakan

cangkir

Gambar dari sini

Si kakak tentunya sudah mahir, ya, meniru Mommy membuat minuman atau memasak sesuatu dan menyajikan. Bisa main tamu-tamuan juga bareng adiknya dengan perangkat ini. Sambil main kakak juga belajar konsep pasangan atau relasi, misalnya antara sendok-garpu, cangkir-alas, dan teko dengan tutupnya.

Adik yang sudah masuk usia makan juga kadang lebih berselera kalau alat makannya pakai mainan ketimbang piringnya sendiri :D. Buat Mommies yang anaknya sedang GTM boleh, nih, kiatnya dicoba.

Masih ada dua mainan lagi, lho!

Wooden Wire Toy

wooden wire toy

gambar dari sini

Reaksi anak saat pertama kali memainkan ini selalu menarik untuk saya. Bagi anak usia bayi, manik yang meluncur bergerak sendiri lebih menarik daripada menyusuri jalur yang berbelit. Tapi untuk anak yang lebih besar, mereka suka takjub melihat bahwa setelah menyusuri kawat berputar-putar, si manik berakhir di ...titik yang berbeda dengan tebakan dia..haha. Mungkin sambil belajar bahwa ekspektasi tidak selalu sama dengan kenyataan, ya.

Mainan ini termasuk salah satu yang cukup awet sepanjang kawatnya tidak lepas. Punya Darris yang beroda dan bisa ditarik, yang rusak lebih dulu rodanya karena as-nya dari plastik dan tampak ulirannya tidak 'menggigit'.

Magnetic Board

Papan gambar bermagnet ini lintas umur banget. Bahkan sampai ke orangtuanya juga masih bisa ikut pakai. Jadi papan catat to-do list misalnya. Praktis juga jadi pilihan saat membawa anak traveling, karena nggak terdiri dari bagian-bagian yang kecil hingga rawan tercecer.

Pakai papan ini si kakak bisa menggambar macam-macam tanpa boros kertas dan alat tulis/pewarna. Tapi minusnya karyanya jadi nggak bisa dikoleksi selain dalam bentuk foto, ya.

Kalau untuk si adik, papan gambar ini bisa buat coret-coret dan melatih motorik halusnya. Kiat saja untuk mainan ini, pastikan pen magnetnya terikat tali ke kapannya, ya, biar nggak hilang atau ketlisut. Beberapa merek sudah pakai tali dari bawaan, tapi merek yang lebih murah suka harus dikasih tali sendiri.

Nah, lumayan, kan, ada mainan-mainan yang bakal bisa awet dimainkan anak-anak, bahkan bisa turun sampai beberapa anak tanpa harus khawatir nggak sesuai dengan umurnya. Ujungnya? Lebih hemat! :D

PAGES:

Share Article

author

kirana21

FD/MD resident


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan