10 Things Every Mom Secretly Does (But Will Never Admit To)

Menjadi ibu di era digital seperti sekarang, tentu banyak kemudahannya. Mau cari informasi apapun, tinggal klik. There are plenty of forum, parenting website, and advice columns on e-v-e-r-y issue under the sun.
Tapi kadang, banjirnya informasi ini justru bikin pening. Makin banyak kita tahu ‘the right way’ to do all of this parenting thing, makin kita sadar betapa banyak kekurangan yang selama ini dilakukan dalam membesarkan anak :D
Ya, kita tahu bahwa anak harus belajar makan sendiri agar motoriknya kuat.
Ya, kita tahu ada yang namanya screen time.
Ya, kita tahu apa yang boleh, apa yang tidak, apa yang sebaiknya dihindari, dan lain sebagainya.
Kita tahu.
Namun, we’re only human. Tidak semua hal bisa kita eksekusi dengan ideal.
Belum cukup rasa tidak nyaman di hati—karena sadar melakukan kesalahan—eh, masih harus berhadapan pula dengan ibu-ibu berjari silet yang siap ‘menerkam’ dan mengomentari siapapun yang dianggap keluar jalur.
Jadi, lah, demi kedamaian hati dan timeline, kita memilih untuk tutup mulut saja—meski terbersit keyakinan bahwa semua ibu juga melakukannya diam-diam :D

secret*Gambar dari sini

Are you guilty of any of these?

1. Menghalalkan segala cara asal anak mau makan
Mau makan sambil nonton TV atau pegang gadget? Boleh.
Mau makan sambil digendong pakai jarik di depan rumah? Boleh.
Mau makan sambil main ke sana ke mari? Boleh.
Lupakan highchair, lupakan makan tertib di meja, lupakan gizi seimbang—yang penting ada yang masuk ke perut.

2. Tidak mendampingi anak menonton TV
Toh, sudah disetel saluran khusus anak, DVD yang diputar pun film kartun yang sudah ribuan kali ditonton. The world is not becoming more dangerous, right?

3. Membiarkan anak main gadget melebihi waktu yang ditentukan
Yaaa… ada kalanya seorang ibu butuh those extra minutes of peace and quiet :P

Selanjutnya: Gadget, bohong, calistung..


14 Comments - Write a Comment

  1. nenglita

    HAH, jadi ibu2 melakukan itu? Ih, nggak banget *melipir pelan-pelan dihujat semua ibu-ibu :))) *

    Yap, we’re only human, anak ngompol padahal udah toilet training checked, lihat gadget sambil nyusuin/ sementara anak asik main/ sambil ngobrol checked, hampir semua checked kayanya :)))))

    Beda sama Kirana yang yelling, kalo gue hanya memberikan tatapan setajam silet atau cuekin kalo lagi kesel :)) ga bakat jejeritan :p

  2. semua point saya lakuin, terutama soal makan & gadget.. kecuali point berbohong kpd anak.. saya berani jamin deh, walau se sepele apapun saya belum pernah dan insyaAllah gak akan bohong sm anak. bahkan walau utk bercanda sekalipun.. kalo hal itu gak bagus, saya cari kalimat yg sederhana bgt supaya dia ngerti maksud saya..
    saya takut bgt dlm urusan bohong-berbohong, jd ngomong aja apa adanya ke anak..

  3. Gak bakal nyangkal kok gue, bahkan gue mau nambahin gue pernah lupa tanggal lahir anak-anak gue atau pernah kebalik nulis nama anak-anak gue kalau lagi ngurus administrasi di sekolah atau di RS hahahaha. Padahal anak cuma dua :P. Lupa kasih uang untuk field trip ke supermarket atau baru minggu kemarin gue maksa si sulung ke sekolah ternyata ketika dia sampai di sekolahnya masih libur.
    Sampai gue sama ayahnya sempat celetuk, kalau di sinetron ada ortu yg mengeluh salah apa dapat anak nakal dsb, kalau kita berpikiran kasihan anak-anak ya dapat orang tua teledor macam kami hahahahaha.

  4. Aku mengakui yang poin 4! (secara anak aku baru mau 7 bulan), mungkin seiring perjalanan usianya poin2 lainnya di atas perlahan akan aku alamin (tutuuuup muka! :D)

    *I like the way u write Mbak Amel! Daily life ibu2 banget :))) *salam kenal :)

Post Comment