Persiapan Untuk Para Calon Ibu!

Tiga Juli 2014 adalah hari bersejarah dalam hidup saya, salah satu tugas perempuan secara resmi saya sandang – being a mom! Kelahiran putra pertama seakan menjadi titik balik kehidupan saya dan suami. Everything changes a good way for sure :) Kami berdua perlahan belajar jadi pribadi yang lebih sabar, lebih teliti mengelola keuangan, menjaga kesehatan satu sama lain untuk alasan ingin besar bersama dengan Jordy dan melihatnya menggeluti profesi yang ia cintai (tiba-tiba mata berkaca-kaca…hehehe).

Di balik semua cerita suka dan mengharukan di atas saya ingin berbagi hal-hal urgent yang mudah-mudahan bisa menjadi referensi calon ibu mempersiapkan persalinan dan beberapa bulan setelah melahirkan. Karena saya merasa, yang saat itu sudah banyak masukan dari banyak pihak, masih saja merasa kurang persiapan. Ok, ready get set go!

moms to be4

Gambar dari sini

PRA PERSALINAN

Survei Harga

Sejak tahu diri saya mengandung, saya rajin survei mengenai biaya persalinan dan harga kamar berbagai kelas. Jika Mommies sudah yakin akan melahirkan di rumah sakit yang sering didatangi untuk cek kehamilan maka akan lebih mudah. Tapi jika masih 50:50 melahirkan di tempat lain, survei via website masing-masing RS atau bertanya via telepon akan lebih baik untuk efisiensi waktu. Untuk kamar, saya memilih kelas VIP (bukan untuk prestige atau maksud apapun) melainkan demi ketenangan saya dan bayi. Selain itu memperhitungkan kondisi psikis yang baru kali pertama menjadi ibu pasti akan mengalami masa-masa penyesuaian, hingga secara energi yang terkuras usai melahirkan. Belum lagi tamu yang akan hilir mudik datang menjenguk. Alhasil benar saja, usai melahirkan saya seakan memasuki dunia baru dan butuh ketenangan ekstra mengumpulkan kembali mood dan energi untuk mengurus Jordy.

Biaya Persalinan

Sementara itu untuk biaya persalinan saya mengambil “the worst case scenario”, saya dan suami menambung atas estimasi persalinan operasi caesar, alasannya? Karena jika harus caesar semua biaya sudah ada di tangan, hingga tak pusing lagi cari biaya sana-sini. Sebaliknya, Mommies bisa menggunakan budget yang lebih untuk kebutuhan lainnya jika proses melahirkan berjalan normal. Oiya Mommies, walaupun pada saat itu sebagian biaya melahirkan saya ditanggung oleh kantor, saya tetap menabung  sebesar biaya persalinan caesar, dan perkiraan saya tidak meleset, usai melahirkan sisa tabungan saya gunakan untuk biaya perawatan sehari-hari yang cukup membuat jantung berdegap kencang (hahaha…curcol)

Penting untuk dicatat:

  • Melahirkan normal: Rawat inap ±3 hari
  • Melahirkan caesar: Rawat inap ±5 hari

Lihat daftar biaya melahirkan di berbagai Rumah Sakit di forum sebagai referensi.

Penting juga memperhitungkan jarak dari rumah ke rumah sakit, baca di halaman selanjutnya.