Mencari Ide Untuk Bermain di Rumah

Mommies suka merasa kehabisan ide, nggak? Saya sering banget! Apalagi sekarang punya aturan no TV, no Youtube ke Menik kecuali weekend. Wah, kadang sampai garuk-garuk kepala yang tidak gatal saking nggak tahu harus main apa lagi. Tanggal 21 Desember lalu, New Parent Academy (NPA) menggelar short class perdana. NPA Short Class merupakan kelas perpanjangan NPA regular. Kalau di NPA regular, pesertanya rata-rata sedang dalam fase trying to conceive atau hamil anak pertama, kalau di NPA Short Class, pesertanya adalah orangtua yang punya anak usia 3-7 tahun. Why? Karena memasuki usia balita, anak mulai banyak bertanya dan banyak energi yang harus dihabiskan sekaligus menstimulasinya.

npaNPA Short Class ini diadakan di Co&Co Space, Bandung. Sebuah co-working space yang terletak di daerah Dipati Ukur. Acaranya mulai pukul 9 pagi dibuka dengan materi “Penggunaan Gadget Untuk Anak Usia Dini” oleh Psikolog anak, Saskhya Aulia Prima. Di awal presentasi, Saskhya memutar sebuah video contoh kasus ekstrem kontaminasi gadget yang terjadi pada anak usia 1 tahun. Jadi anak ini sibuk menggeser jari dan mencubit majalah, seakan majalah tersebut adalah tablet. Setelah 45 detik berusaha, anak ini frustrasi dan melempar majalahnya. Saat itu saya hanya mengucap ‘Alhamdulillah’ hahahaha karena walau mengenal tablet, anak saya masih bisa membuka majalah sesuai caranya :D

0

Di usia dini, 0-5 tahun, otak anak mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Inilah mengapa di zaman gadget merupakan bagian dari hidup, perlu ada batasan yang tegas agar tumbuh kembang anak tidak terganggu. Usia 0-2 tahun sebaiknya tidak diberikan akses ke gadget sama sekali. Lalu setelah itu, boleh dikenalkan dengan porsi yang sesuai dan harus didampingi. Jadi menjadikan gadget sebagai baby sitter is a big no! Nah, bagaimana menyiasati agar gadget tidak menjadi pengganggu tumbuh kembang?

Lihat di halaman selanjutnya!


3 Comments - Write a Comment

  1. adiesty

    iiiigh… seru banget, sih, Ki…

    Kapan dong NPA bikin event serupa di Jakarta? Mauk banget ikutan. Kemarin pas liburan akhir tahun sama sekali nggak kemana2, ujung2nya bingung mau ngapain sama Bumi. Sampai Bumi pernah bilang, Ibu… kita ngapain lagi dong? Kasih Bumi ide…. aku sudah bosan mewarnai, gambar atau melukis…. Duh…. Ibu macam apa akuuuu ini, nggak kreatif banget.

Post Comment