Marriage, Packed in 5 Weeks

Setelah lama nggak pernah tertarik nonton reality show sejak jaman The Osbournes dan Newlyweds: Nick and Jessica 10 tahun lalu (no, saya nggak pernah tertarik nonton Kardashians :D), belakangan saya menonton Married at First Sight. Mungkin mirip dengan the Bachelor/ette yang intinya cari jodoh, tapi ini berbeda karena bisa dibilang pacarannya belakangan. Jadi lebih enak dilihat secara kultur Indonesia yang masih ketimuran dan IMO lebih Islami, ya, macam ta’aruf, lah.

Bukannya sok Islami, tapi risih nggak, sih, nonton The Bachelor/ette yang nampak ganti-ganti pasangan, gitu? Saya, sih, risih, ya. Lagi pula karena jam tayangnya belum masuk jam tidur anak di sini, bikin sedikit banyak tertonton adegan-adegannya. Nah, setidaknya kami bisa jelaskan bahwa pasangan itu memang sudah menikah.

mafs1The Couples. Foto ini diambil beberapa jam setelah pernikahan yang juga saat pertama kali ketemu.

Kebayang nggak pasangan yang belum pernah ketemu, belum pernah kenal, sama sekali nggak dikasih sontekan seperti apa calon pasangannya, langsung menikah. Baru lihat saat di depan penghulu, dan cuma modal info bahwa pasangannya tersebut sudah melalui filter assessment dari empat ahli, yaitu seksolog, psikolog, spiritualis, dan sosiolog, berdasarkan wawancara dengan masing-masing calon peserta.

Dari saringan tersebut, ada beberapa orang yang lolos seleksi. Namun hanya ada tiga pasangan yang bisa dijodohkan. Jason-Cortney, Doug-Jamie, dan Vaughn-Monet. Pasangan-pasangan ini dinikahkan resmi, dan hidup sebagai suami istri dalam pantauan selama lima minggu. Setelah itu bisa memilih akan tetap menikah atau bercerai. Tadinya saya pikir dua minggu pertama pasti akan rikuh abis. Gimana nggak, today you’re single the next day you’re married to a stranger and moving in together right after the honeymoon, privasi diinjak-injak habis, kan? 

Ternyata saya salah. Masing-masing pasangan bisa get along naturally sesuai latar belakang karakter masing-masing. Persis seperti newlyweds yang sebelumnya pacaran atau minimal sudah kenal. Beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan, ya sama juga seperti pertama kali kita serumah dengan suami/istri. Ada kebiasaan-kebiasaan yang harus dikompromikan. Tapi mungkin karena memang nggak kenal jadi nggak sekaget yang lama pacaran dan menemukan ternyata ada kebiasaan pasangan yang selama ini nggak ketahuan :D.

Saya menonton bareng si Ayah sambil seperti mengaca dari pernikahan kami sendiri. Ternyata problem yang muncul dalam 11 tahun pernikahan plus dua tahun pacaran, poin-poin utamanya, ya, sama saja dengan perkawinan dadakan. Eh, tapi ini tanpa ada faktor perselingkuhan, ya. 

Apa saja poinnya?


13 Comments - Write a Comment

  1. Gw juga suka nih nonton acara ini, ikut senyum senyum sendiri gitu hehe..

    Setuju sama artikel diatas, awalnya juga gw gak suka sama Doug karena keliatannya lebih agresif gitu tapi lama-lama jadi respek juga apalagi waktu ketauan ngerokok itu mukanya keliatan banget nyesel dan berusaha memperbaiki diri, Vaughn-Monet juga paling ‘capek’ ditonton karena berantem terus dan berantemnya gak jelas cuma saling nyalahin aja fiuh..

    Paling suka jelas Jason-Cortney hehe karena selain secara fisik paling menarik haha juga karena masih muda tapi hubungannya paling dewasa, sampai gw stalking ig&twitternya loh haha

    Ini kayanya reality show yang paling natural menurut gw, konfliknya alami, gak dibuat2, pemerannya juga gak lebay, bener2 reality show deh..

  2. Suami gue nonton ini sampe deg2an loh. Pas weddingnya. :D

    Ampun, deh, si Doug itu, udah kayak saint aja rasanya >.< Habis kayaknya sabar banget, padahal Jamie-nya kadang bener2 menjauh gitu. Dia nggak nyerah dan nggak maksa juga. Baik bangettttt… Bisa jadi contoh suami teladan tu kayaknya.

    1. Bisa gitu yaaa ‘puasa’ 5 minggu padahal udah halal! Hahaha. Laki gw jg gedeg liatnya :)))

      Btw bakal ada setaunnya tayang januari ini di FYI apa ya? Langsung tayang gak ya di Lifetime? Secara main seriesnya aja telat berbulan2 baru tayang disini.

  3. hihihi ternyata dese nonton buat dijadiin tulisan. apa inspired by nonton trus jd tulisan? :p
    gw jg paling demen si doug. dari awal sih, liat ni laki sabar dan pengertiannya luaaaar biasoooo.. sampe bisa bener2 luluh si jamie, dan akhirnya jatcin juga.
    etapi biarpun dia ga ganteng macho macem si jason, tetep kliatan aura ngemong dan gentleman, yg bikin gw instantly fall for him, instead of jason :p

  4. Aku pun nontooooonn!! Sama banget, sempet gak suka ama Doug karena gak ganteng padahal Jamie-nya cuantik minta ampun. Tapi lama-lama meleleh juga dooong… Dan kepo juga aku ngintipin IG mereka trus tau kalo bakal ada spin off-nya buat yg stay married. Married At The First Sight; First Year, can’t waiiiittt!!

    1. Iyaaa Jamie cantiikk yaa. Tapi gw lebih seneng Cortney sih *tetep.
      Btw Jamie jebolan The Bachelor klo ga salah kan. Makanya klg Doug tadinya rada ga seneng.

      Nah iya tuh gw jg nungguin yg first yearnya. Tayang kapan yaaa?

      1. Di sana, tayang di channel FYI tanggal 13 Januari 2015 tapi pastinya bakal delay ya di sini. Yup, Jamie jebolan The Bachelor dan nurse di bagian maternity kalo gak salah. Dua pasangan ini lovable banget yaaaa… semoga gak ada drama deh ya. Lalu diteriakin “mana mungkeeeeenn”

Post Comment