Now Reading
Belajar Keuangan Lewat Monopoli

Belajar Keuangan Lewat Monopoli

nenglita

Entah sudah berapa kali saya mengikuti workshop atau seminar seputar keuangan . boleh dibilang, secara teori, cukup ngelotoklah ya. Tapi sayangnya, hanya teori. Praktiknya, nihil! Hahaha!

IMG_8014

Nah, beberapa waktu lalu saya mengikuti workshop keuangan “Literasi Keuangan: Perempuan dan Keputusan Keuangan” bersama Cigna. Bagi saya pribadi workshop kemarin sama sekali berbeda. Kenapa? Karena pembicaranya, Mbak Mike, nggak ngomong doang. Tapi malah ngajakin kita main boardgames yang mirip sama Monopoli namanya Smart money Games.

Kalau monopoli kita kerjaannya beli-beli kota atau tujuan wisata (Brastagi paling mahal yang jadi tujuan hidup!), maka di Smart Money Games kita menghadapi pilihan-pilihan seputar keuangan. Ada beberapa hal yang bakal kita dapat di sini, namanya WOW, BERITA, OOPS, Gajian, Musibah, dan Oye.

IMG_8060

Wow, ini adalah penawaran-penawaran menarik seputar keuangan,

Berita, ini berita seputar keuangan,

Ops, ini merupakan pengeluaran rutin misalnya bayar sekolah, kondangan, dan seterusnya,

Oye, penawaran investasi,

Gajian, ya gajian dong. Bagian paling ditunggu-tunggu deh! Haha.

Musibah, berkaitan dengan pengeluaran tak terduga. Misalnya renovasi rumah, dan sebagainya.

Selain itu, kita juga diharuskan memiliki catatan keuangan yang terdiri dari pengeluaran, pendapatan, aset, dan lain-lain. Benar-benar detail deh *kayanya semua orang perlu memiliki pencatatan keuangan seperti ini deh!*

Mungkin saya memang tipe yang learning by doing, ya. Jadi kemarin baru benar-benar sadar bahwa kondisi keuangan saya masih berantakan banget! Ada banyak hal penting yang saya pelajari dari smart money game ini:

  • Asuransi

Ternyata asuransi itu penting! Ya iya lah, ya. Ke mana saja, Lit? :D

Kemarin seorang pemain mendapat kartu ‘Musibah’ yang isinya mengharuskan ia membayar renovasi rumah. Padahal kalau sebelumnya ia membeli asuransi yang cover perbaikan rumah, hal itu tak akan terjadi.

Hal ini tentu saja sesuai realita, ya. Misalnya nih, salah satu dari anggota keluarga masuk rumah sakit tentu kita akan mengeluarkan biaya jika nggak punya asuransi kesehatan, kan? Hal ini pasti sedikit banyak akan mengganggu cash flow bulanan kita.

  • Gajian doang?

Siapa yang setiap bulannya hanya menunggu gajian datang? *ngacung!* haha..

Pola ini kurang tepat lho.Kenapa? Coba lihat di halaman selanjutnya, ya!

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top