banner-detik
FOOD & RECIPE

Orange Pudding with Fruits

author

arieftng21 Dec 2014

Orange Pudding with Fruits

Salah satu makanan penutup yang cukup favorit adalah pudding yang biasanya dicetak dengan berbagai bentuk yang menarik. Selain sebagai makanan penutup, pudding sering juga dikonsumsi sebagai makanan selingan. Pudding mengandung cukup banyak dietary fiber yang baik untuk kesehatan pencernaan dan menunjang program diet. Akan tetapi banyak yang membuat pudding dengan menambah begitu banyak kalori terutama kalori dari gula pasir dan sirup, sehingga menjadikan makanan ini berkalori tinggi , belum lagi saus pendampingnya yang manis, kaya karbohidrat sederhana dan mengandung susu atau santan. Jadilah makanan ini merusak program diet kita.

Pudding umumnya dibuat dari agar-agar. Agar-agar sudah dikenal sejak sekitar 350 tahun yang lalu di Jepang, yang berawal dari datangnya utusan China pada zaman dinasti Tang yang membawa agar-agar ke Jepang hingga akhirnya menjadi penganan yang disukai dan terkenal. Agar-agar diperoleh dari rumput laut terutama dari jenis rumput laut merah (red algae) atau ganggang merah yang termasuk kelompok Rhodophyceae. Meskipun namanya ganggang merah tapi tidak semua mempunyai warna merah, ada juga yang berwarna hijau dan merah kecoklatan.

Agar-agar adalah salah satu bahan makanan sumber dietary fiber yang terbaik. Lebih dari 80% kandungan dietary fiber dalam agar-agar tersebut. Selain itu agar-agar memiliki kalori yang rendah sehingga cocok dijadikan sebagai makanan diet atau untuk penderita diabetes.

Kandungan serat pada beberapa jenis bahan makanan (per 100 g)

Makanan

Dietary Fiber (%)

Makanan

Dietary Fiber (%)

Agar-agar

81.29

Kacang panjang

7.62

Gandum

15.43

Kacang merah

7.4

Kacang almond

11.2

Kembang kol

4.2

Kurma

7.98

Bayam

4.1

Kacang hijau

7.88

Kiwi

3.39

Ubi merah

7.8

Apel

2.7

Biji wijen

7.79

pisang

2.4

Sumber: USDA National Nutrient database for Standard Reference and Japan Women’s University Department of Food & Nutrition.

Nah, pudding yang akan kita buat kali ini memiliki citarasa yang segar karena dibuat menggunakan orange juice dan campuran buah serta memiliki kalori yang rendah dan bebas lemak.

orange pudding

Bahan:

1 bungkus agar jelly rasa orange

500 ml orange juice

400 ml air

120 g buah kaleng (dibuang airnya)

2 sdm gula rendah kalori

Cara membuat:

  • Masukkan air dan agar jelly dalam panci.
  • Panaskan sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan orange juice dan aduk sebentar sampai mendidih kembali. Angkat. Sisihkan.
  • Masukkan buah cocktail dalam dasar cetakan.
  • Tuang campuran agar dalam keadaan panas ke cetakan.
  • Dinginkan sebentar pada suhu ruang. Bila sudah mengeras, potong-potong, hidangkan.
  • Masukkan dalam refrigerator bila ingin dinikmati dalam keadaan dingin.
  • Untuk 16 potong

    Nilai gizi per potong

    Energi: 29 kkal

    Lemak: 0 g

    Karbohidrat: 5.8 g

    Serat: 0.6 g

    Protein: 1.3 g

    Vitamin C: 16 mg

    Kiat dan Saran

  • Jika kita menggunakan sari buah yang berasa asam gunakan agar jelly atau jelly. Agar-agar sendiri tidak akan mengeras pada larutan yang asam.
  • Panaskan sampai mendidih terlebih dahulu air dan agar jelly, setelah itu baru sari buahnya ditambahkan agar kehilangan vitamin C pada sari buah bisa diminimalkan kehilangannya.
  • Bila ingin menambah jumlah sari buahnya, kurangi jumlah air yang digunakan.
  • Buah cocktail bisa digantikan dengan potongan buah segar lainnya.
  •  Arief T Nur Gomo, STP, MSi adalah seorang food scientist, konsultan bisnis makanan, healthy chef, pengajar materi gizi di Jakarta Culinary Center, sertafounder dari Healthy Bites. Mau tahu lebih jauh? Silakan lihat http://arieftng.blogspot.com atau follow @arieftng.

     

    Share Article

    author

    arieftng

    -


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan