banner-detik
TRAVEL

3 Lokasi Yang Wajib Dikunjungi Saat Ke Sumatera Barat

author

nenglita15 Dec 2014

3 Lokasi Yang Wajib Dikunjungi Saat Ke Sumatera Barat

Bulan November lalu saya mengikuti trip bersama Orang Tua Grup bertajuk Ottradnovation. Ini adalah kali ketiga saya bergabung dalam trip yang tujuannya adalah mengenalkan tradisi dan inovasi yang ada di Indonesia.

Kemarin, kami melancong ke Sumatera Barat, tepatnya ke Padang dan Bukittinggi. Ada 3 lokasi yang menurut saya wajib dikunjungi jika Mommies berlibur bersama keluarga!

  • Istana Pagaruyung
  • Berlokasi di kota Batusangkar, rasanya kedatangan para turis ke Sumatera Barat belum lengkap jika belum mampir  dan foto di depan istana ini. Istana yang ada sekarang, memang hanya replika. Karena istana Basa atau Pagaruyung yang asli habis terbakar di sebuah kerusuhan berdarah tahun 1804. Istana Pagaruyung mengalami beberapa kali kebakaran, hingga terakhir yang terhebat adalah tahun 2007 saat petir menyambar puncak istana yang menyebabkan kebakaran. Dari peristiwa  ini, diperkirakan hanya 15% barang asli yang selamat.

    2014-11-17 15.19.15

    Kendati hanya replika, tak mengurangi keindahan dan kemegahan istana ini, kok. Kemarin kami berkesempatan mengelilingi istana mulai dari ruang tamu sampai kamar dan dapur istana. Yang ada saya jadi ngebayangin, bagaimana kehidupan kerajaan zaman dulu. (termasuk cara ke kamar mandinya, karena nggak ada kamar mandi di dalam istana, hehe).

    Pstt, jangan lupa cobain cendol durian yang ada persis di seberang gerbang Istana Pagaruyung, ya. Enak!

  • Jam Gadang
  • Siapa tak kenal Jam Gadang di kota Bukittinggi yang menjadi ikon Sumatera Barat? Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda tahun 1926. Mesin  yang tertanam dalam jam ini sama persis dengan yang tertanam di Big Ben London. Whoaaa....

    Saat mengunjungi Jam Gadang, jangan lupa berfoto ya. Dan perhatikan, ada yang berbeda di angka 4 jam tersebut.

    2014-11-18 07.50.59

    Apakah kita hanya bisa melihat Jam Gadang saja? Jangan khawatir, di area sana ada pasar yang menjual berbagai souvenir khas kota Sumatera Barat yang disebut dengan Pasar Ateh (Pasar Atas), Pasar Lereng dan Pasar Bawah. Di pasar ini Mommies bisa belanja berbagai macam oleh-oleh, terutama bordiran Padang yang terkenal itu dengan harga miring.

    Selanjutnya: Raja Ampat di Sumatera dan wisata kuliner!

  • Pulau Pagang
  • Nah kalau yang satu ini wajib kunjung jika Mommies dan keluarga  menyukai kegiatan outdoor terutama di laut. Pulau Pagang memang belum sepopuler Bali atau Lombok, tapi menurut saya keindahannya sebanding deh!

    Memang sih, secara fasilitas, Pulau Pagang kalah dengan lokasi wisata lainnya. Walau demikian, buat keluarga yang suka kegiatan outdoor pasti bakal senang deh! Pasirnya halus banget bak tepung dan nggak terlalu sulit untuk dibersihkan. Berada di Pulau Pagang, membuat saya lupa bahwa saya sedang berada di Sumatera Barat, bukan di Bali :D

    Yang jadi jagoan dari Pulau Pagang, apalagi kalau bukan keindahan bawah lautnya. Mommies yang suka snorkelling, pasti betah di sini. Saya yang nggak jagoan di laut, snorkelling-nya kan di lokasi yang tak terlalu jauh dari bibir pantai, itu ikannya sudah cantik-cantiiik banget! Kebayang kalau saya snorkelling lebih jauh...

    2014-11-19 14.01.27

    Selain keindahan bawah laut di Pulau Pagang, Mommies juga bisa mengagumi keindahan alam dari puncak Pulau Pamutusan. Pulau Pamutusan berada tepat di seberang Pulau Pagang. Pulau kecil ini ada sebuah bukit yang paling tinggi di antara gugusan pulau-pulau di sana.

    Lihat deh foto yang saya ambil hanya dengan kamera handphone ini:

    2014-11-16 16.37.41

    Nggak heran banyak wisatawan (yang kebanyakan orang asing dan penduduk sekitar) bilang, pemandangan ini mirip dengan Raja Ampat.

    Selain 3 lokasi wisata di atas, masih banyak lagi yang bisa dilihat di Sumatera Barat. Tapi menurut saya, 3 lokasi di atas yang paling wajib dikunjungi jika Mommies ke Sumatera Barat.

    Tak hanya lokasi wisata, di Sumatera Barat, Mommies juga wajib banget wisata kuliner! Lihat di halaman selanjutnya, ya.

    Kemarin, ada 2 rumah makan yang menurut saya jagoannya. Pertama ada di Padang Panjang bernama Rumah Makan Pak Datuk. Di rumah makan ini, menu yang wajib dicoba adalah ikan bilis.

    2014-11-17 11.58.26

    Ada cerita menarik yang harus saya sampaikan nih, mengenai kota Padang Panjang. Di kota ini, peraturan merokok di tempat umum sangat diatur. Jadi masyarakatnya tidak bisa merokok di sembarang tempat. Kendati di beberapa wilayah mungkin ada yang memberlakukan hal ini, tapi di Padang Panjang, sangat tertib lho!

    Rumah makan yang kedua adalah RM Famili Benteng Indah di Bukittinggi. Kenapa rumah makan ini berkesan? Mommies ada yang suka dengan ayam pop yang kerap disajikan di berbagai rumah makan Padang? Nah, di rumah makan inilah cikal bakal ayam pop terkenal. Menurut saya, yang berbeda dari ayam pop di sini dengan rumah makan Padang lainnya ada di sambalnya. Sambal ayam pop di RM Famili lebih gurih dan pedas sementara sambal ayam pop yang pernah saya coba di beberapa rumah makan lain lebih ke asam.

    2014-11-17 19.22.16

    Ada apa lagi di Sumatera Barat? Jangan lupa nyobain kopi kawa daun yang berasal dari daun teh dan tentunya belanja aneka keripik pedas plus rendang dong, yang banyak tersebar di kedai-kedai di Padang dan Bukittinggi. O, ya, keripik pedas ini seringkali kita sebut sanjay. Asal tau saja nih, kalau di kota Padang keripik pedas ini disebutnya Keripik Balado, sementara sanjay adalah sebutan keripik pedas di Bukittinggi.

    Saran saya nih, selain keripik balado, coba beli keripik jangek pedas alias keripik kulit yang dibumbui cabai kering. Duh, enaknya juara! Saya menyesal cuma beli sedikit :(

    Nah, selamat mengeksplorasi Sumatera Barat, Mommies! Mommies  tau lokasi mana lagi yang menarik untuk dikunjungi di sana, silakan tambahkan ya!

     

    PAGES:

    Share Article

    author

    nenglita

    Rock n Roll Mommy


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan