Agar Aman Dan Nyaman Naik Taksi

Belakangan ini lagi marak berita perampokan di taksi. Sebagai ibu bekerja yang sering menggunakan jasa taksi, saya cukup khawatir lho, mendengar berita ini. Apalagi banyak juga desas desus yang mengatakan bahwa hal seperti ini terjadi tak hanya di armada taksi yang ‘abal-abal’ tapi juga armada taksi yang terpercaya.

Taxi-In-The-Night-Bokeh-Wallpaper*Gambar dari sini

Duh!

Walaupun bikin khawatir, tapi kan ya namanya hidup harus dijalani. Masa saya jadi nggak bisa ke mana-mana gara-gara berita perampokan ini? Apalagi selain menggunakan taksi saat sendiri, saya juga sering naik taksi saat sama Langit karena malas menyetir mobil. Kebayang nggak sih, kalau terjadi apa-apa saat bersama Langit? *knock-knock on the wood*

Fyi, suami saya juga bukan tipe yang protektif mau antar jemput saya ke mana-mana lho. Hal ini ada baik dan buruknya sih, saya jadi mandiri :)

“Kalau niat kita ke luar rumah baik, sama orang lain baik, insyaallah nggak ada apa-apa lah” , katanya waktu saya masih kerja di agency yang membuat saya jadi sering pulang selepas tengah malam. Saya pikir, benar juga ya. Namanya musibah bisa datang kapan saja, kan? Eh tapi bisa juga kan itu alibi dia karena nggak mau repot nganter jemput saya, hahaha.

Anyway, berhubung saya juga setiap hari menggunakan berbagai moda transportasi umum, ini ada beberapa kiat untuk Mommies pengguna transportasi umum ya:

  • Pilih taksi dari armada terpercaya

Tentunya Mommies punya beberapa referensi armada taksi yang dipercaya, kan? Ada yang percaya dengan armada taksi A, B, C, tapi ada juga yang hanya percaya pada armada taksi A.

Saya pernah suatu hari harus naik taksi dari tempat yang jarang dilewati taksi. Sekalinya ada yang lewat, saya tak mengenal armada taksi tersebut. Tapi karena ingin buru-buru sampai rumah, saya naik taksi tersebut. Benar saja, di tengah jalan, si pengemudi mematikan argometer dan ‘nembak’ ongkos yang harus saya bayar kalau mau sampai ke rumah. *sigh*

  • Gunakan taksi lewat pemesanan

Sebisa mungkin, gunakan jasa order taksi. Jika order via telepon tak tersedia, belakangan ini banyak tersedia aplikasi pemanggil taksi dari armada tertentu. Setidaknya ini bisa menghindari kita dari kemungkinan naik taksi yang ‘abal-abal’.

Kalau sedang di tempat umum, masa harus lewat order juga? Coba cek kiat lainnya di halaman berikutnya ya!


4 Comments - Write a Comment

  1. Wah! Tips-tipsnya persis dengan yang selama ini sudah kuterapkan. Cuma mau nambahin sedikit:

    Meskipun sedang amat sangat lelah dan mengantuk, aku tetap berusaha maksimal untuk tidak tertidur di dalam taksi! Karena sudah banyak nih cerita gak enak dari temen2 yang memang tertidur di dalam taksi, entah itu dibawa jalan berputar-putar hingga argo melejit, sampai yang dibawa ke daerah sepi yang bukan tujuannya! Hiiyy…

    Trus caranya gimana supaya bisa tetap melek di dalam taksi meski sudah sangat capai dan mengantuk? Menyibukkan diri!! Bisa dengan mengajak ngobrol sopir, chatting atau teleponan dengan suami/teman, atau bermain gadget. Intinya harus tetap waspada!

    Oh iya, satu hal lagi nih tips untuk yang pulang malam dari kantor/mall, usahakan share taksi dengan teman/orang lain yang searah dengan tujuan kita. Gimana dong kalau pas lagi gak bareng teman? Ajak saja sesama pengantri taksi berkenalan, karena tak jarang mereka ini juga sebenarnya ingin punya barengan juga ketika naik taksi. :)

    1. nenglita

      Kitty, bener banget urusan sharing taksinya! Gue tuh kemarin sempat kepikiran itu. Naik taksi beramai-ramai, tapi kalo nggak ada yang bareng bisa juga share taksi sama orang yang barengan antre taksi.

      Aku pernah beberapa kali tiduran di taksi. Tapi biasanya kalo kondisi udah capek banget atau nggak enak badan. Baru berani begini kalo udah ngobrol lumayan panjang sama pengemudi dan pas masuk tol. Jadi nggak mungkin dibawa muter2, haha..

  2. Iya bener, Lit… Aku juga gitu… Kalau dah ngobrol ngalor ngidur sama sopir dan sudah masuk tol kadang baru berani merem… tapi itu juga sebentar banget sih! Gak berani benar-benar molor… Pokoknya WASPADA mode on deh! ^^

Post Comment