banner-detik
FOOD & RECIPE

Wood Ear Mushroom Soup

author

arieftng06 Dec 2014

Wood Ear Mushroom Soup

Wood ear mushroom (Auricularia polytricha) atau disebut juga jamur kuping adalah salah satu jenis jamur yang populer di dunia kuliner terutama di masakan China, seperti digunakan pada cap cay dan sup.  Jamur ini dikenal juga dengan nama Tree Ear, Dry Black Fungus, Silver Ear, Mook Yee, dan Cloud Ear (yang terakhir mirip tapi berbeda jenis). Disebut jamur kuping karena jamur ini tumbuh dari batang pohon dan terlihat seperti kuping.  Jamur kuping dipasarkan dalam bentuk segar dan dalam bentuk kering.

Jamur kuping memiliki bentuk yang kokoh, kulit yang tebal dan bertekstur seperti jelly dalam kondisi segar yang berubah menjadi sedikit crunchy ketika dimasak. Menambahkan jamur kuping pada sup akan memberikan citarasa dan tekstur yang khas. Citarasa jamur ini tidak sekuat jamur-jamur yang lain seperti jamur oyster (tiram) atau jamur shitake. Jamur ini memberikan aroma “forest” dan sedikit “earthy”.

Bentuk kering jamur kuping kaya akan vitamin D dan juga mengandung vitamin B1 dan B2. Laporan dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa jamur kuping menempati urutan kedua dalam jumlah serat pangannya dan memiliki jumlah besi tiga kali dari yang terkandung dalam hati, serta mengandung kalsium dua kali lebih banyak dibandingkan susu.  Jamur kuping juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan seperti dapat mencegah penyakit jantung dan mengandung senyawa anti koagulasi yang berfungsi mencegah penggumpalan darah. Selain itu di beberapa sumber disebutkan bahwa kandungan zat-zat pada jamur kuping dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah atherosclerosis, anti tumor, membantu penderita wasir, dan membantu mengatasi masalah lambung dan usus.

wood ear mushroom

Bahan:

10 g jamur kuping kering (direndam 1 jam)

500 g air

2 tbs oatmeal instant

70 g frozen vegetable

½ tsp garam

½ tsp Lada putih

½ tsp garlic powder

Cara membuat:

  • Didihkan air kemudian masukkan jamur. Masak sebentar.
  • Masukkan garam, lada putih dan garlic powder. Aduk Rata.
  • Masukkan oatmeal sambil diaduk rata.
  • Masukkan frozen vegetable. Aduk rata. Masak sebentar.
  • Angkat dan sajikan.
  • Kiat dan Saran

  • Sajikan bersama santapan harian.
  • Tambahkan potongan daging ayam atau sapi untuk melengkapi kandungan proteinnya.
  • Untuk 2 porsi

    Nilai gizi per porsi

    Energi: 85 kkal

    Lemak: 1 g

    Karbohidrat: 15 g

    Serat: 9.5 g

    Protein: 3.7 g

     Arief T Nur Gomo, STP, MSi adalah seorang food scientist, konsultan bisnis makanan, healthy chef, pengajar materi gizi di Jakarta Culinary Center, sertafounder dari Healthy Bites. Mau tahu lebih jauh? Silakan lihat http://arieftng.blogspot.com atau follow @arieftng.

    Share Article

    author

    arieftng

    -


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan