Cara Ampuh Membuat Bayi Tidur Pulas

B

Siapa yang suka dibikin bingung saat anaknya nggak mau tidur? Ditepuk-tepuk sambil kita nyanyiin, tetap nggak mau merem. Digendong juga sama saja. wah, kalau dulu saat Bumi susah tidur seperti ini jalan yang paling ampuh adalah diayun-ayun di kaki mama saya. Hahahha…. nggak tau kenapa, Bumi memang selelu anteng kalau mama saya yang pegang,apalagi kalau diayun-ayun di kakinya beliau.

Bisa dibilang, masalah nidurin anak ini gampang-gampang susah, deh. Dulu, saat Bumi masih bayi saya selalu berharap kalau ada alat yang bisa membantu anak saya ini bisa tidur nyenyak. Biar gimana, tidur itukan salah satu kebutuhan utama bayi untuk tumbuh kembang anak. termasuk untuk memaksimalkan bakat dan potensi anak. Seperti yang dibilang Psikolog Anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo,

“Tidur berperan penting untuk aktivitas otal dan kesehatan mental bayi, karena hal tersebut akan mengoptimalkan perkembangan otak bayi. Beberapa penelitian menunjukan bahwa otak secara aktif menstimulasi diri khususnya selama tidur REM (Rapid Eye Movement atau fase tidur aktif.”

Lalu, bagaimana caranya supaya kualitas tidur anak kita ini tetap baik? Untuk hal ini, Mbak Vera menggarisbawahi kalau hal pertama yang harus dipastikan adalah bahwa kita harus bisa santai dan tenang lebih dulu. Kegelisan ibu akan mempengaruhi anak dan akan membuat mereka jadi susah tidur. Hal berikutnya, yang perlu dilakukan adalah mencoba mengatur waktu tidur yang tetap. Walaupun hal ini mungkin sedikit menantang, para ibu harus bisa bersikap fleksibel dan memberikan ruang yang cukup bagi anak untuk menemukan waktu yang tepat bagi diri mereka dengan waktu tidur rutin sebagai tujuannya.

“Mengatur suhu ruangan untuk menambah kenyamanan bagi anak, meredupkan cahaya untuk membuat mata jadi rileks dan memainkan suara-suara yang menenangkan. Contohnya seperti alunan musik lembut atau suara ombak laut adalah beberapa suara yang bisa menciptakan suasana yang tenang dan membuat anak tertidur. Terakhir, para ibu juga bisa memberikan anak-anak sebuah objek untuk membuat anakk merasa lebih aman, seperti suatu benda yang bisa dipegang dan lembut. Objek ini bisa berupa selimut, bantal guling atau manianan lunak yang bisa dipeluk,” ujarnya.

Kabar baiknya, saat ini Fisher Price baru saja meluncurkan Soothe & Glow Seahorse, sebagai salah satu solusi para Mommies untuk menidurkan bayinya. Produk ini merupakan salah satu bentuk komitmen Fisher Price dalam membantu para Ibu untuk memaksimalkan perkembangan anak. Saya sendiri sempat mengikuti acara blogger gathering yang diadakan MommiesDaily dan Fisher Price.

seahorse

Oh, ya, saat ini Fisher Price juga mengadakan kontes #Bayikubobo di laman Facebook Fisher Price. Kontes ini merupakan sarana para Mommies untuk membagi pengalaman dalam menidurkan bayi. Cerita ini bisa membuktikan bahwa setiap ibu pasti punya berbagai pengalaman saat berusaha menidurkan bayinya. Ikutan share pengalaman, yuk , Mommies… siapa tau cerita Mommies bisa menginspirasi. Langsung saja kunjungi www.bayikubobo.com , ya!