Punya Pabrik Air Minum Di Rumah?

Kebayang nggak kalau kita punya sumber air bersih sendiri rumah? Bahkan, air tersebut nggak cuma sekedar bersih aja, tapi juga sehat sehingga bisa langsung dikonsumsi ? Wiiih…. pasti kita nggak perlu repot lagi harus stok air mineral dalam galon ataupun masak air, ya. Pasti bisa lebih hemat, baik dari segi pengeluaran ataupun energi.

Clean-Drinking-Water*Gambar dari sini

Berhubung daerah rumah saya dulunya rawa-rawa, kondisi air di rumah memang nggak bagus. Jangankan buat dikonsumsi, buat nyuci baju khususnya yang berwarna putih saja hasilnya jelek. Warna baju jadi dekil. Ujung-ujungnya, terpaksa deh keluar biaya untuk beli air galon, dan nge-laundry pakaian yang berwana putih. Boros? Pastinya….

Makanya, saya sering beradai-andai kalau di rumah punya sumber air yang bersih. Biar bagaimana, air itu kan kebutuhan pokok. Mengonsumsi air minum yang bersih secara rutin perlu dilakukan supaya tubuh kita tetap sehat dalam menjalani aktivitas. Karenanya, air minum yang kita konsumsi harus terjamin kebersihannya dan bebas dari bakteri. Kalau kondisi air yang kita minum nggak bersih dan sehat, bisa-bisa berbagai penyakit seperti disentri, tipus, atau kolera merupakan yang disebabkan oleh bakteri patogen bisa kita alami.

Ngomongin masalah air minum, Lydia Indriati Rosa, Ketua Bidang Pengendalian Mutu Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) mengatakan, “Air yang digunakan untuk konsumsi manusia, syaratnya adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung  mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat. Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum.”

Sayangnya, saat ini terdapat risiko yang cukup besar bahwa air ini telah tercemar oleh bakteri. Oleh karena itu penting untuk memerhatikan kualitas air minum sebelum dikonsumsi. Bahkan, Lydia Indriati Rosa menjelaskan kalau kualitas air bersih yang dimasak tidak menjamin baik untuk dikonsumsi. Memang, sih, bakteri bisa dibunuh dengan memasak air hingga 100 °C, namun banyak zat berbahaya, terutama logam, yang tidak dapat dihilangkan dengan cara ini. Untuk itulah penting bagi kita untuk memerhatikan kualitas air minum sebelum dikonsumsi. 

Selanjutnya : Solusi air minum bersih di rumah apa?


Post Comment