Sekolah Alam Katulampa, Belajar Lewat Alam

Pada 5 s.d.6 Maret 2014 lalu bertempat di Rumah Perubahan milik Rhenald Kasali, Bekasi, para pengelola sekolah alam seluruh Indonesia berkumpul dalam tajuk sarasehan pengelola sekolah alam. Acara yang digagas jaringan sekolah alam nusantara merupakan kali pertama digelar untuk menghimpun pengelola sekolah alam yang tersebar di nusantara sekaligus membahas perkembangan sekaligus problematika yang dihadapi sekolah alam nusantara.

Semenjak marak dikenalkan oleh penggagasnya Lendonovo pada awal tahun 2000, sekolah alam terus berkembang pesat. Kehadirannya telah menarik perhatian sebagai alternatif pengembangan pendidikan. Lendonovo dalam bukunya Novobiografi (2008) menyebutkan dari survei dan penelitiannya yang dilakukannya terdapat tiga hal pokok yang selalu ada pada sekolah yang berkualitas yaitu guru yang berkualitas, metode yang tepat dan buku berkualitas dengan jumlah yang memadai.

Saat ini telah ada puluhan sekolah alam tersebar di penjuru negeri. Hal ini menunjukkan respon positif masyarakat akan sekolah alam itu sendiri. Sekaligus memberikan angin segar bagi perkembangan sekolah-sekolah yang menempatkan alam sebagai media sekaligus sumber belajar. Salah satu dari sekian banyak sekolah alam yang mulai dikenal adalah Sekolah Alam (Salam) Katulampa.

Di sinilah kali pertama saya titipkan pendidikan anak saya.
Sebagai sekolah yang baru genap berusia dua tahun ini, Salam Katulampa merupakan institusi pendidikan prasekolah yang memberikan alternatif dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD) di kota Bogor. Berlokasi di Bogor Timur, tepatnya di Jalan Bendung Katulampa No. 45, Salam Katulampa menawarkan keunikan bersekolah di kawasan agrowisata Kampoeng Air Katulampa.

IMG_5234

Sekolah yang berdiri di atas lahan hampir 1,5 hektar ini memberikan pengalaman tersendiri bagi anak saya dengan berjuta petualangan dan kesenangan belajar. Dengan didukung lokasi yang terhampar dengan pemandangan alam pedesaan yang dihiasi pohon-pohon buah nan rindang, danau kecil dengan pelbagai wahana permainan outbound menjadikan Salam Katulampa rumah bermain dan belajar bagi anak-anak.

Banyak kelebihan yang ditawarkan sekolah ini, mulai dari biaya pendidikan yang relatif terjangkau, kegiatan outing yang seru seperti main arung jeram, flying fox, perahu canoe di danau, camping dan berbagai kegiatan outbound lainnya, rasanya hanya bisa dilakukan di Salam Katulampa. Tak kalah serunya, anak-anak juga bisa menikmati keindahan agrowisata Kampoeng Air Katulampa. Anak saya bisa belajar memelihara ikan, memancing, hingga menikmati hidangan ikan. Mereka pun bisa mencicipi nikmatnya buah durian di kebun durian di area sekolah kala musim durian tiba. Tidak hanya di situ saja, para petualang cilik Salam Katulampa juga dilibatkan pada kegiatan sosial berbagi seperti bersama anak yatim dan kunjungan-kunjungan edukatif seperti berkunjung ke museum, kantor pos, dan tim SAR.

Sekolah Alam Katulampa menyebarkan model pembelajaran yang memberikan ruang gerak bagi anak usia prasekolah untuk berekspresi seluas-luasnya dengan media alam. Bersama model pembelajaran tematik, pendidikan berkarakter dibangun agar kelak anak memiliki jiwa kepemimpinan, mandiri, kreatif serta berakhlak mulia.

Menurut Poedjati dalam Maryati (2013) salah satu cara yang memudahkan anak dalam belajar adalah mengaitkan mata pelajaran dengan berbagai masalah aktual yang ada di lingkungan anak. Dalam konteks pendidikan usia dini di Salam Katulampa, anak-anak belajar sambil bermain dengan menempatkan objek pembelajarannya adalah alam.

Kegiatan Sekolah Alam Katulampa di atas pada dasarnya sejalan dengan program pemerintah ke depan. Pemerintah saat ini telah menyiapkan program wajib belajar umur 4-6 tahun. Program ini rencananya dimulai pada tahun 2020 untuk meningkatkan partisipasi anak usia dini. Saat ini tercatat 23.516 desa yang belum memiliki layanan pendidikan usia dini (Kompas, 14/3). Pemerintah melalui program wajar ini, berupaya mengembangkan PAUD holistik dan integratif bertujuan terpenuhinya kebutuhan anak atas pendidikan, kesehatan, pengembangan potensi dini.

Saat ini, Sekolah Alam Katulampa mulai membuka penerimaan siswa baru. Untuk lebih lengkapnya, silakan cek situs mereka di sekolahalam-katuampa ya!


Post Comment