Berwirausaha Sejak Remaja

Mommies sering dengar kan sekolah bisnis atau wirausaha di tingkat mahasiswa? Nah, program yang baru saya ketahui ini, sudah memberi pelatihan wirausaha sejak tingkat sekolah menengah lho. Bukan sekedar teori, tapi benar-benar bikin perusahaan!

Jadi ini adalah salah satu program CSR-nya bank Permata, yang diberi nama Permata Student Entrepreneurship Porgram. Ada lebih dari 300 siswa SMA dan SMK dari 13 sekolah di Jabodetabek yang terdaftar mengikuti kegiatan ini. Para siswa-siswi kelas 10/11 (usianya baru 14-15 tahun lho!) ini menerima pendidikan dan pelatihan di bidang kewirausahaan (meliputi bisnis, kewirausahaan, dan kurikulum ekonomi/literasi keuangan) dan akan terjun langsung ke dalam dunia usaha sebagai pengelola sebuah perusahaan selama sembilan bulan.

student permataKomunikasi visual sebuah produk yang dihasilkan oleh salah satu Student Company

Bukannya udah banyak ya kegiatan voluntary semacam ini, yang memberikan kelas-kelas dunia kerja pada anak sekolah?

Nah, program ini beda banget! Jadi siswa yang terlibat, akan dilatih secara intens oleh relawan-relawan dari karyawan bank Permata, juga stakeholder lain salah satunya dari nasabah perusahaan, seperti Astra Internasional. Setelah persiapan selama beberapa bulan, mereka yang siap akan membentuk kelompok per sekolah, yang akan mendirikan sebuah start-up company.

Seperti yang sudah berjalan di tahun sebelumnya, perusahaan baru ini akan memproduksi produk yang akan dijual, seperti produk bath & body berlabel ‘Dahayu’ dari SMK Farmasi. Perusahaan ini benar-benar mempunyai struktur seperti perusahaan pada umumnya, seperti CEO, VP finance, VP Marketing, VP Production, dan sebagainya. Mereka mendapatkan bantuan modal dari bank Permata, untuk membuat produk yang akan dijual.

Dalam prosesnya, mereka akan selalu berkonsultasi dengan pejabat yang terkait di bank Permata. Jadi benar-benar mentoring dari ahlinya. Menjelang akhir program, mereka akan diberi fasilitas ruang publik untuk memamerkan dan menjual produknya, sekaligus sebagai ajang kompetisi antar Student Company.

Jadi program ini memang bertujuan untuk mendekatkan jarak antara dunia pendidikan (terutama kejuruan) dengan dunia kerja. Para siswa benar-benar mengalami secara riil, apa yang akan mereka hadapi nanti saat menjadi entrepreneur.

1-IMG_8965Lucy Wirjono, salah satu entrepreneurship yang inspiratif, juga ikut aktif dalam program ini

1-IMG20141118008

Saat mengikuti salah satu sesi kelas, saya melihat sendiri antusiasme siswa dalam ‘mengobrak-abrik’ materi Public Relation yang dibawakan secara kreatif oleh relawan bank Permata. Rasanya mereka seperti sedang dalam masa orientasi kerja, bukan sedang mendapat materi pelajaran seperti biasanya.

Saya mengerti betul bagaimana program semacam ini bisa menjadi sebuah inspirasi luar biasa yang tidak akan dilupakan oleh anak-anak sekolah. Seperti saat di bangku SMP dulu, saya masih ingat sekali saat mengunjungi sebuah workshop dan langsung ikut bekerja di dalamnya. Rasa kagumnya tidak hilang sampai sekarang.

Semoga program semacam ini bisa dicontoh oleh banyak perusahaan besar lainnya, sehingga makin banyak pelajar dan sekolah yang bisa memperoleh pengalaman berharga semacam ini, ya!


Post Comment