DIY: Memanfaatkan Kardus Bekas

Saya sudah sering mengaku, kalau saya anaknya sok Go-Green. Anak tidak pakai pospak selama tiga bulan pertama, anak juga terlebih dahulu Potty Training dibanding menyapih. Saya tidak pernah membuang sampah sembarangan, selalu mencari si tong sampah atau mengantungi / menyimpannya sampai bertemu tempat sampah. Air harus dimatikan jika tidak dipakai. Pas SMP dan SMA selalu membuat kertas daur ulang dua minggu sekali dari tumpukan koran bekas di rumah. Dan masih banyak lagi. Sok, ya? Biarin, deh, dibilangin gaya amat sok ini dan itu, yang penting setidaknya ada orang yang peduli kepada bumi, tempat tinggal manusia selama ini. Selalu sedih kalau lihat berita hewan yang mati karena sampah manusia, mau marah kalau lihat banjir, perusahaan yang menebang pohon sesukanya, sampai melihat hewan-hewan bingung nggak punya tempat tinggal lagi, karena manusia terlalu serakah di muka bumi ini. Dan satu lagi, saya nggak mau film Wall-E jadi kenyataan. Beneran, deh!

Nah, dalam rangka mengenalkan konsep hidup ramah lingkungan pada Menik, saya selalu mengajaknya untuk memanfaatkan barang yang ada di rumah untuk dipakai bermain. Saya pernah berbagi soal boneka kertas dan rumah boneka yang memanfaatkan kardus sebagai bahan bakunya. Sekarang saya mau berbagi dua mainan terbaru Menik. Bahannya nggak ada yang beli, loh! :D

Mobil Karnaval

kardussssBahan:

  • Kardus bekas
  • Pom pom kertas sisa hiasan ulang tahun
  • Tali rafia
  • Gunting dan pisau

Cara membuat:

  • Potong bagian penutup kardus, atau kalau mau lebih mudah, lipat saja ke dalam. Intinya, buat si kardus menjadi kotak dengan bagian atas dan bawah yang terbuka.
  • Lubangi bagian kanan dan kiri untuk tempat tali rafia. Tali ini akan digantungkan ke pundak anak, silahkan ukur untuk disesuaikan dengan tinggi anaknya masing-masing.
  • Karena postur tubuh Menik kecil, jadi saya mengikat dua tali bagian atas kanan dan kiri, jadi satu di tengah. Mirip seperti pegangan tas, deh.
  • Tempel pom pom sebagai hiasan. Jika tidak ada pompom, bisa ditempel stiker, buat hiasan dari kertas (patau biarkan anak menggambarnya. Pokoknya hias sesuka hati.
  • Selesai!

Gampang, kan? Ada satu lagi, rumah-rumahan. Ide ini muncul ketika sedang browsing di Pinterest. Ada banyak sekali tutorial untuk membuat rumah dari kardus. Mulai dari rumah boneka hingga ruman untuk si anak. I am currently eyeing on these:

kardus1

Gimana cara membuatnya? Simak di halaman selanjutnya, ya.