Memperhatikan Gaya Berpakaian Anak, Penting Nggak?

Saya penasaran saat pertama kali melihat judul sebuah program dalam rangkaian Jakarta Fashion Week (JFW) 2015 ini. Find your kid’s personal style? Hmm.. masih anak-anak aja pake personal style, tadinya saya pikir demikian. Feminine, androginy, elegan, sporty? Tunggu dulu, ternyata tidak sampai serumit dan sejauh itu kok. 

Bagi anak, belajar memakai pakaian sendiri adalah sebuah milestone yang penting. Proses berpakaian itu juga termasuk melatih motorik halus dan kasar si kecil. Ingat kan bagaimana bangganya anak kita begitu bisa memakai celana sendiri, atau mengancingkan baju sendiri. So as simple as getting dressed for kids is a part of their fashion personality.

Jakarta Fashion Week 2015

Beranjak lebih besar, makin banyak aspek dari pakaian dan proses berpakaian yang akan melibatkan anak, dan ikut membangun karakternya.

Psikolog Anna Surti Nina yang hadir sebagai narasumber dalam program ini menyampaikan, penting untuk membantu anak dalam proses keterampilan berpakaian ini. Ada aspek positif dan negatif dalam proses ini. Positifnya, anak belajar kerapian dan kebersihan. Misalnya, anak akan mengerti kalau baju yang sudah seharian dipakai harus dimasukkan ke tempat baju kotor untuk dicuci, karena sudah mengandung kuman, walaupun baju itu tidak terlihat kotor atau basah. Anak juga belajar untuk bersikap sopan melalui pakaian. Mana bagian tubuh yang harus ditutup pakaian untuk menutup aurat, atau sebaiknya tidak memakai celana pendek untuk keluar rumah (sesuai nilai-nilai dalam keluarga).

Selain itu, anak juga belajar untuk membaca situasi. Misalnya datang ke acara sekolah dengan pergi menemani ibu ke pasar, akan memakai baju yang berbeda. Dan anak akan belajar mengambil keputusan. Mulai dari memilih untuk memakai baju yang mana, atau ketika membeli baju. Dalam semua pembelajaran ini, kita sebagai orangtua tentu harus membantu dan mengarahkan secara tepat.

Tetapi ada beberapa hal negatif juga yang harus kita cegah, seperti apa? Klik halaman berikutnya


Post Comment