Wholewheat Spaghetti With Sardines Sauce And Cheese

Spaghetti adalah salah satu jenis pasta. Pasta merupakan sebutan untuk produk-produk makanan yang terbuat dari adonan yang tidak melalui proses pengembangan. Adonan ini berasal dari campuran gandum (wheat) atau soba (buckwheat) dengan air. Ada banyak bentuk dan nama dari produk pasta tersebut, antara lain spaghetti (bentuk tali), maccheroni (bentuk tabung atau silinder), fusilli (bentuk spiral), dan lasagna (bentuk lembaran). Pasta dikenal juga dengan sebutan Italian Noodles. Sebagai makanan, pasta adalah salah satu sumber karbohidrat.

Kali ini kita akan menggunakan spaghetti sebagai bahan dalam pembuatan resep sehat. Dari segi etimologi, spaghetti adalah bentuk jamak dari spaghetto yang merupakan bahasa Italia yang artinya thin string (kawat tipis) atau twine (benang). Spaghetti adalah pasta berbentuk silinder panjang dan tipis, berbentuk kering dan dibuat dari campuran terigu dan air. Di Italia, spaghetti dibuat dari semolina yang berasal dari gandum jenis durum. Semolina adalah sebutan hasil olahan biji gandum yang berbentuk butiran, dan merupakan bahan baku untuk pembuatan pasta. Sedangkan pasta yang dibuat di luar Italia, kebanyakan menggunakan jenis tepung yang lain.

Memasak spaghetti agak susah-susah gampang. Spaghetti dimasak dengan cara direbus selama waktu tertentu. Spaghetti yang diinginkan harus mempunyai tekstur “al dente” (bahasa Italia yang artinya to the tooth). Pada kondisi ini, tekstur spaghetti ini lembut dan kokoh. Jika waktu pemasakan terlalu cepat, spaghetti yang dihasilkan tidak matang, sedangkan jika terlalu lama, spaghettinya akan menjadi lembek. Akan tetapi ada beberapa jenis spaghetti yang memang dimasak sampai terlalu lembut, misalnya Spaghettoni  (spaghetti yang berukuran lebih tebal dan membutuhkan waktu memasak lebih lama). Jenis lain yaitu spaghettini dan vermicelli yang berukuran lebih halus dari spaghetti hanya memerlukan waktu pemasakan yang lebih cepat.

Untuk memasak spaghetti, air terlebih dahulu harus dalam keadaan mendidih, dan volume air yang digunakan harus bisa merendam spaghetti yang akan kita masak. Biasanya garam ditambahkan dalam air perebusan. Penambahan garam bertujuan memberikan citarasa pada spaghetti yang dimasak. Lama pemasakan biasanya antara 10-15 menit. Cara memasak spaghetti  bisa dilihat pada kemasan spaghetti.

Spaghetti biasanya disajikan bersama saus. Salah satu contoh saus spaghetti yang terkenal yaitu saus Bolognese (atau Bolognaise dalam bahasa Prancis). Saus ini berasal dari Bologna, Italia. Saus Bolognese biasanya terbuat dari campuran daging sapi, pancetta, wortel, seledri, bawang Bombay, saus tomat, susu, wine (anggur), lada dan garam. Kali ini kita tidak membuat saus tapi kita akan membuat saus spaghetti menggunakan ikan sardines kalengan dan pembuatannya pun cukup mudah.

Whole wheat spaghetti with sardines sauce and cheese

Bahan:

200 g whole wheat spaghetti

1 kaleng ikan sardines

60 g Saus sambal

80 g bawang Bombay (potong kecil)

1 sdm minyak sawit

4 sdm oatmeal instant

200 ml air

30 g parutan keju (untuk taburan)

Cara membuat:

Saus:

  1. Tumis bawang Bombay sampai harum dengan api kecil.
  2. Masukkan sardines dan saus sambal sambil diaduk dan dihancurin ikannya.
  3. Masukkan air.
  4. Masukkan oatmeal instan sambil diaduk dan dimasak sampai agak kental. Angkat. Sisihkan.

Spaghetti:

  1. Rebus air mendidih air dan ditambah sedikit garam.
  2. Masukkan spaghetti dan masak selama sekitar 13 menit (baca keterangan pada kemasan). Angkat dan tiriskan.
  3. Pindahkan ke dalam piring saji. Siram dengan saus yang sudah dimasak tadi.
  4.  Tambahkan parutan keju diatasnya. Sajikan.

Untuk 4 porsi

Nilai gizi per porsi

Energi: 307 kkal

Lemak: 12.5 g

Karbohidrat: 36 g

Serat: 8 g

Protein:  12.5 g

Kiat dan Saran:

  1. Jika ingin yang bercitarasa agak pedas, bisa ditambahkan cabe atau saus sambalnya ditambah lebih banyak.
  2. Penggunaan jus tomat (tomat yang dihancurin tanpa penambahan apa-apa), bisa meningkatkan nilai gizi terutama dari segi kandungan antioksidannya.

Arief T Nur Gomo, STP, MSi adalah seorang food scientist, konsultan bisnis makanan, healthy chef, pengajar materi gizi di Jakarta Culinary Center, sertafounder dari Healthy Bites. Mau tahu lebih jauh? Silakan lihat http://arieftng.blogspot.com atau follow @arieftng.

 


Post Comment