Sehat Itu Mudah

Semua setuju dong ya, kalau saya bilang Ibu itu punya peran besar untuk membuat keluarga jadi sehat. Makanya, sebisa mungkin, yang namanya Ibu, pasti rela melakukan berbagai tindak pencegahan penyakit supaya bisa lebih tenang. Contoh yang paling mudah bisa dimulai dengan memberikan keluarga makanan yang sehat.

Kalau Mommies sendiri punya cara nggak untuk memastikan kalau bahan makanan yang kita sajikan itu aman untuk dikonsumsi keluarga? Kalau saya sih, sebelum masak, bahan makanan wajib dicuci lebih dulu. Dan ternyata, kebiasaan ini juga sering dilakukan Mommies yang lain. Terbukti, lewat survei yang dilakukan Dettol bersama Mommies Daily beberapa waktu lalu, jawaban terbanyak yaitu 90.87% Ibu mengatakan kalau mereka mencuci bersih bahan makanan sebelum dimasak.

Saya sendiri sangat percaya kalau makanan sehat menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Kalau mau hidup sehat, ya harus mengonsumsi makanan yang sehat juga. Paling nggak, kalau nutrisi sudah terpenuhi dengan baik, sistem kekebalan tubuh juga baik. Sehingga bisa lebih kebal dari berbagai macam penyakit.

Zaman sekarang ini ancaman penyakit itu makin banyak. Kuman penyakit rasanya sudah tersebar di setiap sudut, belum lagi ditambah dengan polusi yang bikin penyebaran kuman penyakit semakin cepat. Lewat data terbaru dari survei online yang dilaksanakan Dettol, ternyata ada 53 penyakit yang ditakuti kaum Ibu. Salah satunya adalah masalah diare. Menurut data dari Kementrian Kesehatan tahun 2011, kasus diare di Indonesia memang terus meningkat. Padahal, masalah diare ini kan sebenarnya bisa dicegah lewat mencuci tangan.

cuci tangan

Saya sendiri cukup cerewet mengenai masalah ini. Makanya, saya sama suami selalu berusaha memberikan teladan supaya Bumi terbiasa cuci tangan. Nggak cuma saat mau makan aja, cuci tangan juga wajib dilakukan setelah makan, sehabis dari toilet, ataupun ketika baru pulang ke rumah.

Survei Dettol bersama Mommies Daily juga ternyata menunjukan kalau 91.26% anak-anak sering kali mencuci tangan sebelum makan. Sesudah makan 73,56%, sehabis dari toilet 75.51%, dan saat sepulang sekolah 49.49%.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya menjadi sehat itu nggak sulit ya. Langkah utama yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit, bisa dilakukan lewat langkah di atas. Mulai dengan memberikan nutrisi yang baik, mencuci tangan, dan yang nggak kalah penting adalah menjaga kebersihan rumah. Dengan membiasakan perilaku sehat yang sederhana tentunya derajat kesehatan kita bisa meningkat dan akan terbebas dari suatu penyakit. Setuju dong, ya?

 


Post Comment