banner-detik
NEWS

Everything, Together

author

adiesty29 Oct 2014

Everything, Together

Bonding dengan anak bisa dilakukan lewat berbagai cara. Bisa sambil menemani anak bermain, bacain buku, bonding juga bisa dibangun saat kita melakukan perjalanan jauh. Saat mudik atau liburan, misalnya.

Traveling-With-Kids

Salah satu sahabat saya, Indie, setiap tahunnya selalu melakukan tradisi mudik lewat perjalanan darat. Padahal kalau dipikir-pikir, kampung halamannya cukup jauh. Kalau mau lebih cepat dan lebih nyaman, dia dan keluarganya bisa memilih naik pesawat. Tapi, ternyata sahabat saya ini punya alasan khusus kenapa lebih senang mudik dengan mobil dan menikmati situasi kemacetan lalu lintas.

“Kalau bawa mobil, justru rasanya lebih seru, Dis. Bisa nikmatin pemandangan dan situasi jalan. Memang, sih, bete banget kalau macet. Tapi kan gue bisa ngobrol dan main-main aja sama anak-anak. Sementara kalau naik pesawat, perjalanannya sebentar banget. Hal-hal yang kaya gini bikin gue dan suami selalu pilih perjalanan darat,” ceritanya.

Saya sendiri setuju banget dengan apa yang katakan sahabat saya ini. Soalnya, saya pernah merasakan keseruan melakukan pejalanan darat ketika liburan ke Jogja beberapa waktu lalu. Di mana saya merasa punya quality time bersama anak dan suami.

Sani Budiantini Hermawan, sebagai seorang psikolog anak dan keluarga juga menegaskan kalau bonding dengan anak memang bisa dibangun ketika keluarga sedang melakukan perjalanan darat. Katanya, “Saat ini quality time keluarga memang sudah jarang sekali dihabiskan di rumah, karena masing-masing anggota keluarga sudah punya kegiatan sendiri-sendiri. Jadi mau nggak mau bisa dibilang kendaraan itu jadi rumah kedua sebuah keluarga. Di mana mereka bisa bonding, sharing, dan bahkan kalau sedang melakukan perjalanan jauh, keluarga jadi bisa menciptakan ide-ide spontan suapaya nggak bete. Bisa nyanyi bareng, main games bareng. Dengan begitu, bonding kan bisa tercipta”.

Selain itu, melakukan perjalanan darat juga bisa memperlihatkan karakter anak, lho. Simak penjelasan psikolog sekaligus Direktur Lembaga Daya Insani & Roosie Setiawan dihalaman selanjutnya, ya.

Bahkan Mbak Sani bilang, berada dalam satu situasi yang tidak biasa seperti saat dalam perjalanan, bisa memperlihatkan karakter asli setiap individu, termasuk karakter anak. Kekompakan, kebersamaan, dan kemampuan untuk saling menyesuaikan diri merupakan hal yang penting yang menjadikan perbedaan karakter menjadi hal yang positif dalam sebuah perjalanan.

Belum lama ini, saya memang sempat berbincang dengan psikolog jebolan Universitas Indonesia ini di acara peluncuran seri drama online keluarga Chevrolet, Everything Together. Drama yang menceritakan pengalaman bernilai dan tak terlupakan bersama Spin Activ mejelajahi ribuan kilometer, melintasi tiga pulau.

chevrolet

Meilita Iskandar, Direktur Marketng Chevrolet Indonesia menjelaskan bahwa alasan ide diluncurkannya serial drama empat episode yang bisa disaksikan lewat you tube ini lahir dari Chevrolet Indonesia. “Masyarakat saat ini memanfaatkan media online untuk memenuhi kebutuhan informasi secara cepat dan luas. Hal ini yang mendorong kamu meluncurkan informasi mengeai produk lewat tayangan online berseri. Dan tentunya kami meyertakan pesan yang terkait erat dengan konsumen Indonesia yakni keluarga”.

Waktu melihat episode pertama drama ini, saya sih merasa kalau ceritanya sudah menggambarkan realita kondisi keluarga yang sesungguhnya.Di mana keluarga Adi Dharma yang diperankan oleh Doni Damara, mengajak istri dan kedua anaknya mencari ayahnya yang memang sudah terpisah puluhan tahun.

Yang paling saya suka di episode pertama ini, adalah ketika sang Ayah memutuskan untuk berangkat sendiri, istrinya mengatakan, “Inikan urusan keluarga, Pak. Jadi kita harus selesaikan bersama-sama, dong”. Kemudian saat kedua anaknya menolak ikut dan bertanya kenapa mereka harus ikut pergi, sang Ibu pun menjawab, “Kita ini kan keluarga, jadi semuanya harus sama-sama.”

Sebagai keluarga, sebaiknya memang seperti itu, sih, ya. Kondisi apapun harus dihadapi bersama-sama. Sesuai dengan judul serial ini, Everything Together. Wah, saya jadi penasaran dengan cerita kelanjutannya seperti apa. Nggak sabar buat nunggu episode berikutnya yang akan ditayangkan setiap Senin. Kalau Mommies mau nonton serial drama online keluarga Chevrolet, langsung cek di Youtube, ya!

 

 

 

 

PAGES:

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan