Everything, Together

Bonding dengan anak bisa dilakukan lewat berbagai cara. Bisa sambil menemani anak bermain, bacain buku, bonding juga bisa dibangun saat kita melakukan perjalanan jauh. Saat mudik atau liburan, misalnya.

Traveling-With-Kids

Salah satu sahabat saya, Indie, setiap tahunnya selalu melakukan tradisi mudik lewat perjalanan darat. Padahal kalau dipikir-pikir, kampung halamannya cukup jauh. Kalau mau lebih cepat dan lebih nyaman, dia dan keluarganya bisa memilih naik pesawat. Tapi, ternyata sahabat saya ini punya alasan khusus kenapa lebih senang mudik dengan mobil dan menikmati situasi kemacetan lalu lintas.

“Kalau bawa mobil, justru rasanya lebih seru, Dis. Bisa nikmatin pemandangan dan situasi jalan. Memang, sih, bete banget kalau macet. Tapi kan gue bisa ngobrol dan main-main aja sama anak-anak. Sementara kalau naik pesawat, perjalanannya sebentar banget. Hal-hal yang kaya gini bikin gue dan suami selalu pilih perjalanan darat,” ceritanya.

Saya sendiri setuju banget dengan apa yang katakan sahabat saya ini. Soalnya, saya pernah merasakan keseruan melakukan pejalanan darat ketika liburan ke Jogja beberapa waktu lalu. Di mana saya merasa punya quality time bersama anak dan suami.

Sani Budiantini Hermawan, sebagai seorang psikolog anak dan keluarga juga menegaskan kalau bonding dengan anak memang bisa dibangun ketika keluarga sedang melakukan perjalanan darat. Katanya, “Saat ini quality time keluarga memang sudah jarang sekali dihabiskan di rumah, karena masing-masing anggota keluarga sudah punya kegiatan sendiri-sendiri. Jadi mau nggak mau bisa dibilang kendaraan itu jadi rumah kedua sebuah keluarga. Di mana mereka bisa bonding, sharing, dan bahkan kalau sedang melakukan perjalanan jauh, keluarga jadi bisa menciptakan ide-ide spontan suapaya nggak bete. Bisa nyanyi bareng, main games bareng. Dengan begitu, bonding kan bisa tercipta”.

Selain itu, melakukan perjalanan darat juga bisa memperlihatkan karakter anak, lho. Simak penjelasan psikolog sekaligus Direktur Lembaga Daya Insani & Roosie Setiawan dihalaman selanjutnya, ya.


Post Comment