Mengapa Anak Perlu Tidur Berkualitas?

Tidur ternyata punya andil besar untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Akibat kesibukan orangtua bekerja hingga larut malam, banyaknya kegiatan ekstrakurikuler di luar jam sekolah, dan gaya hidup keluarga, anak-anak terpaksa memundurkan waktu tidurnya lebih malam, bangun lebih pagi, kehilangan jam tidur siangnya. Hal yang terlihat sepele, tetapi besar dampaknya untuk masa depan anak. Tidur yang berkualitas membantu anak jadi lebih bahagia, sehat, dan cerdas.

Orangtua perlu memahami pentingnya tidur yang berkualitas untuk tumbuh kembang anak, perlu mengerti manfaat tidur, bagaimana pola tidur yang sehat, dan apa yang mungkin terjadi pada anak yang kurang tidur, baik secara fisik maupun psikis. Tidur sesungguhnya sama dengan pengisian energi agar otak tetap bekerja dengan sadar dan penuh konsentrasi, karena tidur mengoptimalkan pemusatan perhatian sekaligus merelaksasi tubuh dan jiwa di waktu bersamaan. Tidur yang berkualitas adalah tidur dalam waktu yang cukup, tanpa gangguan, dan terbangun dalam kondisi segar, siap menyerap hal-hal baru dalam rangka belajar mengeksplorasi dunianya.

MH900409148Pada saat tidur, bahkan saat tengah bermimpi, sel-sel otak berkembang mengimbangi kerja keras ketika anak terjaga. Tidur yang cukup membuat tubuh bugar dan lebih stabil secara emosional. Sebaliknya, anak yang kurang tidur akan lebih rentan daya tahannya terhadap penyakit, kegemukan, gangguan mental emosional seperti  depresi dan cemas berlebihan. Obesitas erat hubungannya dengan narcolepsy-cataplexy syndrome, terutama pada remaja yang mengalami defisiensi hypocretin. Anak yang tercukupi kebutuhan tidurnya terbukti memiliki tingkat kecerdasan lebih baik dan lebih kreatif. Untuk kondisi anak dengan gangguan perkembangan neurologis seperti sindroma Down, sindroma Prader-Willi, autism atau palsi serebral, kesulitan biasanya di bagian awal memulai tidur dan mempertahankan tidur nyenyak.

Seberapa lama tidur yang diperlukan anak?Lihat di halaman selanjutnya!