banner-detik
YUMMY MOMMIES

Motherhood Monday: Helen Siahaan, Berhenti Bekerja Untuk Mengejar Mimpi

author

nenglita20 Oct 2014

Motherhood Monday: Helen Siahaan, Berhenti Bekerja Untuk Mengejar Mimpi

Saya mengenal Helen dari forum lebih dari 4 tahun yang lalu. Helen saat itu masih merintis mimpinya untuk menjadi make up artist. Helen memang dikenal sebagai member forum yang aktif di bagian make up, tapi juga di bagian Mommies karena ia memiliki Ilona yang saat itu masih balita.

Sekarang, Helen sudah berhasil mewujudkan mimpinya. Namanya kerap menjadi top of mind saat kami di Female Daily Network ketika sedang membutuhkan make up artist.

Cerita dong, tentang kesibukannya sekarang ini sebagai make up artist?

So far sama aja sama Mua lain.. make up subuh , pagi, siang , sore.. sesuai permintaan client aja maunya jam berapa dan selesai jam berapa..

Paling banyak sibuknya paling weekend yaa.. kalau job hari biasa sekitar seminggu 2 sampai 3x.. karena gw ada baby dan gak pakai nanny.. jadi agak dibatesin ambil jobnya belum bisa banyak-banyak dulu seperti waktu anak 1.

img1409971389520Bagaimana sih awalnya bisa jadi MUA? 

Awalnya saat mau wisuda mulai suka dandan sendiri.. ga mau dimake up salon karena trauma.. kalau di make up salon suka jadi serem hahaha.. Tapi memang aku hobi banget dandan..terutama dandanin orang..

Lalu pas mau nikah tahun 2005.. test make up pengantin sana sini..foto pre wedding.. tiba-tiba tertariiiikkk banget liat para MUA itu kerja.. bahkan liat mereka bangun subuh untuk dandanin orang.. senengggg banget liatnya. Saat itu mikirnya langsung "Relaaa banget deh kalau liat kerjaan begini.. " Kebetulan dulu MUA yang aku kenal cantikkk banget.. selalu tampil ramah.. rapi dan bersih.. saat itu langsung terpikir mau jadi MUA.

Tapi berhubung dana terbatas untuk ikut kursus dan waktu juga terbatas karena saya masih kerja kantor waktu itu.. saya otodidak.. make up in temen-temen deket, keluarga dll. Bahkan muka sendiri pun saya korbanin, sampai lecet-lecet, hahaha.. sampai terima job, dan lain lain. Karena semua berawal dari hobi dan niat yang kencang, jadi saya pede-pede aja dan semangat banget ngejalaninnya.. 2005 - 2007 terima job. Lalu 2007 iseng-iseng ambil kursus basic make up yang buat diri sendiri di Puspita Martha.. ternyata ilmunya mirip dengan yang saya pelajari secara otodidak. Lalu, 2010 ambil lagi kursus di MAKE UP FOR EVER ACADEMY - Beauty and Bridal. Lanjut deh sampai sekarang.

Dulu Helen kerja kantoran, sampe akhirnya berani resign dan full jadi MUA gimana?

Karena saya merasa sudah semakin settle dalam kerjaan MUA.. tawaran job semakin padat.. bahkan di hari kantor.  Kalau weekend party atau wedding make up. Biasanya kalau hari kantor untuk pre wedding dan majalah. Super thanksss to my best friend, Ridha Audrey yang dulu kenalin saya ke fashion stylist majalah-majalah *kecup Ridha.

Semakin banyak kenalan sama MUA di Jakarta dan di luar Jakarta, semakin perbanyak job saya. Saat itulah saya semakin yakin untuk fokus ke pekerjaan MUA. Tahun 2011 awal saya mulai resign dan menjalani hidup baru sebagai full time mom dan MUA, indaaaahhhh banget rasanya.

Hal apa yang bikin yakin untuk resign dari kerjaan tetap dan jadi MUA?

Kebetulan gue memang nggak cocok jadi wanita kantoran... hahaa.. Suka nggak betahan.

Selain itu ada beberapa hal gang bikin tambah yakin :

1. Hobi dan niat

2. Dukungan suami tercinta yang bikin saya semakin semangat ngejalaninnya

Sebelum resign, saking galaunya, Helen pernah membuat thread di forum mengenai hal ini. Sepertinya, Helen mendapat banyak masukan dan saran dari sesama Mommies di forum. Bagaimana setelah jadi MUA, apa sesuai dengan bayangannya? Lihat di halaman selanjutnya, ya.

img1413445762919

Sekarang setelah jadi MUA, hal yang dulu diimpikan (jadwal kerja fleksibel, kerja lebih bahagia) itu terwujud nggak?

BANGET. Saya benar-benar merasa jadi manusia yang terlahir baru dan lebih bermanfaat. Dulu zaman ngantor, kalau lunch di mall lihat ibu-ibu lain bisa jalan-jalan bawa anak, atau foto teman-teman siang-siang di rumah main sama anak, saya suka sediiihhh dehh. Sementara saya harus balik kerja ke kantor after lunch, sampai nangis di toilet kantor kadang-kadang, hehe.. Sekarang saya bisa seharian bersama anak-anak, bisa mengurus suami dan anak lebih total. Urus bekal suami yang selama 4 tahun ngantor mana pernah dibuatin, hahaa. Antar jemput suami sesekali, antar jemput Ilona sekolah, dan lain lain.

Kalo anak-anak sendiri gimana, Len, terutama Ilona, secara udah ngerti ya. Apa dia lebih happy karena Maminya ada di rumah terus?

Yup.. Ilona sebelum saya resign, setiap berangkat kantor nangis nggak mau ditinggal. Hampir setiap hari dia request  "Mama jadi MUA aja, Ilona seneng jadi jarang ditinggal bisa ikut mama make up".

Duhh berat banget tiap hari ngebayangin itu. Ilona jauh lebih happy sejak saya tidak kerja kantoran lagi.

Suami gimana responnya saat Helen memutuskan untuk jadi full time MUA?

Sangat happy dan mendukung. Setiap weekend atau kalau dia cuti.. dia dengan setia jadi asisten pribadi saya. Antar jemput, nungguin di tempat client, bawain koper-koper, pasang lampu, kabel, dan make up tools, hehe..

Secara dari segi financial juga better sejak jadi MUA hahaha.... *uppss

Sekarang kan klien Helen udah makin banyak, nih, makin sibuk juga berarti. Gimana cara Helen supaya waktu ke keluarga juga tetap maksimal?

Setiap job di mana pun saat weekend, keluarga selalu ikut dari pagi sampai selesai job hahaha! Kecuali subuh ya, biasanya anak-anak ditinggal dulu, baru nanti dijemput lagi agak siang dikit. Lalu berangkat bareng. Lumayan dapet quality time-nya. Sore setelah kerja juga masih bisa bersama-sama paling nggak dinner.

Kadang saya ambil waktu juga buat liburan, jadi masih ada liburnya kalau weekend. Hari biasa saya sendiri total urus anak-anak, anter jemput suami sesekali. Quality time-nya tetap terjaga dengan quantitas yang tidak minim.

Sekarang lagi hamil anak ke-3, jadwal dandanin orang gimana tuh? Terganggu nggak dengan kehamilan sekarang?

Tidak sama sekali. Job subuh dan lain-lain tetap dijalankan. Puji Tuhan mualnya gak seheboh waktu hamil anak pertama dan ke dua, lebih kuat deh yang ini. Memang agak berat, kadang agak mual kalau telat makan, pusing atau males bangunnya. Tapi begitu dijalanin, langsung semangat dan hilang tuh semua rasa-rasa nggak enak. Karena hobi juga sih, hehehe.

Dari ibu bekerja, lalu jadi ibu rumah tangga. Apa sih, yang sulit menurut Helen? Lihat lanjutan cerita Helen di halaman berikutnya.

img1410352798881

Apa sih tantangannya buat Helen waktu memutuskan resign?

Urus anak dan jadi full time mom. Hahahaha.. memang itu cita-cita saya banget sih, tapi selama 4 tahun anak pertama selalu pakai nanny pasti ada deh ketakutan sendiri. Khawatir nggak bisa urus anak, nggak sabar, nggak betah di rumah dasteran terus, ya secara selama ini dandan kece terus sebagai sekretaris dan pakai baju-baju kantor dan dendong.

Puji Tuhan saya bisa dan semangaatt banget ngejalaninnya. Plus bonus bisa ikutan hangout sama ibu-ibu lain untuk playdate loh.

Status carreer woman, nggak banget! Karena gue pada dasarnya bukan cewek kantoran banget. Gue nggak suka sama rutinitas kerjaan kantor dan memang nggak pernah ngejar karir di kantor, makanya stuck di satu perusahaan aja waktu itu. Mungkin karena mikirnya, toh one day akan jadi FTM dan MUA juga :D

Kaget nggak saat pertrama kali menghadapi kondisi dengan single income?

Mengenai single income nggak masalah juga, malah lebih ok jadinya seperti yang gue bilang di atas, hehe!

Bagi kiat dong, buat ibu-ibu lain yang mungkiiin saat ini pengin resign terus berbisnis sendiri? 

Yang penting niat ya, kalau niat sudah tertanam di otak pasti usaha kita akan sangat kenceng. Dulu saya selalu setiap hari buka-buka website, Facebook para MUA.  Selain buat cuci mata, itu supaya niatnya juga selalu tertanam di otak saya kalau SAYA MAU JADI MUA.

Niat dan mau berusaha. Selalu ada jalan dari Tuhan kalau kita berniat baik dan mau berusaha.

Profesi Helen sebagai MUA, nggak sah kalau belum nanya-nanya soal makeup. Apalagi ya, menurut saya, Helen ini mukanya memang kinclong dan kalau dandan tuh rapiiiii banget! Produk apa saja yang wajib dipakai dan menjadi favorit Helen? Simak di halaman selanjutnya ya!

Helen, elo kan MUA, apa jadi setiap hari harus dandan dengan make up komplet?

Ohh tentu tidak.. justru kadang-kadang ga ada waktu buat dandan full.

Yang pasti penampilan selalu saya jaga. Saya selalu berusaha agar tampak rapi dan segar. Minimal saya selalu pakai: bedak , alis, blush on, eyeliner dan lipstik. Kalau sempet softlens sebagai obat cantik, hehehe.. Pakaian juga harus sopan. Saya prefer warna warna cerah. Kasian yang di-makeup kalau melihat muka saya lusuh, nanti mereka nggak semangat, hahahahaa.

Biasanya belanja makeup di mana? 

Di counter make up,  online shop atau titip teman atau MUA yang mau ke luar negeri yang gampang-gampang aja.

Kebiasaan makeup ini, nular ke anak nggak?

Nular banget.. anak pertamaku sempet banci lipstik dan eyeshadow hahaha. Si baby yang berumur 17 bulan juga mulai centil suka mainin bedak dan lipstik.

Lihat dong isi makeup pouch, isinya apa aja sih?

img1413446304614

Sebagai MUA, share dong 3 produk makeup yang menurut Helen penting banget buat seorang ibu?

Hoho.. Kebetulan L’Oreal salah 1 merk favorit buat koleksi make up gw. Ini nih yang wajib:

1. Two way cake L’Oreal yang LUCENT MAGIQUE itu oksss banget. Dipakai coverage-nya lumayan dan glowing yang pasti. Maklum daku banci glowing hehe, sekarang lagi naksir two way cake yang TRUE MATCH, coverage-nya baguuss banget!

2. Lipstik L’Oreal juga favorit aku, yang terbaru yang Color Riche seri matte. Aku udah koleksi warnanya dong, hahaha.  Ada Lincoln rose , Raspberry Syrup, Cherry Crush, Peachy Brown, dan Sakura Petal.

Warnanya cakep-cakep  deh, dan awet di bibir.

3. Gel Liner L’Oreal. Ini the best deh! Awet, ga kalah sama merk lain!

-----

Whoaaa.. dari 3 produk rekomendasi Helen ini saya sudah membuktikan gel liner dan lipstiknya. Recommended! Thanks a lot Helen untuk berbagi cerita mengejar impiannya. Siapa tau di luar sana ada Mommies yang lagi mikir-mikir untuk meninggalkan pekerjaannya dan beralih ke bisnis yang memang sesuai hobi. Saya setuju banget sama Helen, pekerjaan yang sesuai sama hobi dan passion, pasti ngerjainnya semangat!

Semoga job makeup-nya makin lancar, hamilnya juga lancar sampai nanti waktu bersalin, ya!

 

PAGES:

Share Article

author

nenglita

Rock n Roll Mommy


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan