Motherhood Monday: Helen Siahaan, Berhenti Bekerja Untuk Mengejar Mimpi

Saya mengenal Helen dari forum lebih dari 4 tahun yang lalu. Helen saat itu masih merintis mimpinya untuk menjadi make up artist. Helen memang dikenal sebagai member forum yang aktif di bagian make up, tapi juga di bagian Mommies karena ia memiliki Ilona yang saat itu masih balita.

Sekarang, Helen sudah berhasil mewujudkan mimpinya. Namanya kerap menjadi top of mind saat kami di Female Daily Network ketika sedang membutuhkan make up artist.

Cerita dong, tentang kesibukannya sekarang ini sebagai make up artist?

So far sama aja sama Mua lain.. make up subuh , pagi, siang , sore.. sesuai permintaan client aja maunya jam berapa dan selesai jam berapa..

Paling banyak sibuknya paling weekend yaa.. kalau job hari biasa sekitar seminggu 2 sampai 3x.. karena gw ada baby dan gak pakai nanny.. jadi agak dibatesin ambil jobnya belum bisa banyak-banyak dulu seperti waktu anak 1.

img1409971389520Bagaimana sih awalnya bisa jadi MUA? 

Awalnya saat mau wisuda mulai suka dandan sendiri.. ga mau dimake up salon karena trauma.. kalau di make up salon suka jadi serem hahaha.. Tapi memang aku hobi banget dandan..terutama dandanin orang..

Lalu pas mau nikah tahun 2005.. test make up pengantin sana sini..foto pre wedding.. tiba-tiba tertariiiikkk banget liat para MUA itu kerja.. bahkan liat mereka bangun subuh untuk dandanin orang.. senengggg banget liatnya. Saat itu mikirnya langsung “Relaaa banget deh kalau liat kerjaan begini.. ” Kebetulan dulu MUA yang aku kenal cantikkk banget.. selalu tampil ramah.. rapi dan bersih.. saat itu langsung terpikir mau jadi MUA.

Tapi berhubung dana terbatas untuk ikut kursus dan waktu juga terbatas karena saya masih kerja kantor waktu itu.. saya otodidak.. make up in temen-temen deket, keluarga dll. Bahkan muka sendiri pun saya korbanin, sampai lecet-lecet, hahaha.. sampai terima job, dan lain lain. Karena semua berawal dari hobi dan niat yang kencang, jadi saya pede-pede aja dan semangat banget ngejalaninnya.. 2005 – 2007 terima job. Lalu 2007 iseng-iseng ambil kursus basic make up yang buat diri sendiri di Puspita Martha.. ternyata ilmunya mirip dengan yang saya pelajari secara otodidak. Lalu, 2010 ambil lagi kursus di MAKE UP FOR EVER ACADEMY – Beauty and Bridal. Lanjut deh sampai sekarang.

Dulu Helen kerja kantoran, sampe akhirnya berani resign dan full jadi MUA gimana?

Karena saya merasa sudah semakin settle dalam kerjaan MUA.. tawaran job semakin padat.. bahkan di hari kantor.  Kalau weekend party atau wedding make up. Biasanya kalau hari kantor untuk pre wedding dan majalah. Super thanksss to my best friend, Ridha Audrey yang dulu kenalin saya ke fashion stylist majalah-majalah *kecup Ridha.

Semakin banyak kenalan sama MUA di Jakarta dan di luar Jakarta, semakin perbanyak job saya. Saat itulah saya semakin yakin untuk fokus ke pekerjaan MUA. Tahun 2011 awal saya mulai resign dan menjalani hidup baru sebagai full time mom dan MUA, indaaaahhhh banget rasanya.

Hal apa yang bikin yakin untuk resign dari kerjaan tetap dan jadi MUA?

Kebetulan gue memang nggak cocok jadi wanita kantoran… hahaa.. Suka nggak betahan.

Selain itu ada beberapa hal gang bikin tambah yakin :

1. Hobi dan niat

2. Dukungan suami tercinta yang bikin saya semakin semangat ngejalaninnya

Sebelum resign, saking galaunya, Helen pernah membuat thread di forum mengenai hal ini. Sepertinya, Helen mendapat banyak masukan dan saran dari sesama Mommies di forum. Bagaimana setelah jadi MUA, apa sesuai dengan bayangannya? Lihat di halaman selanjutnya, ya.


Post Comment