banner-detik
YUMMY MOMMIES

Motherhood Monday: Tanya Wulansari, Ibu Dengan Tiga Bisnis Sekaligus!

author

sazqueen13 Oct 2014

Motherhood Monday: Tanya Wulansari, Ibu Dengan Tiga Bisnis Sekaligus!

Pertama kali kenal dengan Tanya, dirinya datang ke radio anak muda tempat saya siaran menemani salah satu band yang akan konser di Bandung. Setelah itu bisa ditebak, pertemuan kami banyak terjadi saat menghadiri acara musik atau kreatif anak muda Bandung. Suatu hari, saya menerima broadcast sms (iya, dulu belum jamannya BBm, apalagi WA) menawarkan jasa pijat-lulur yang bisa datang ke rumah. Sebagai perempuan yang doyan banget luluran, saya langsung meminta info lebih lanjut dan akhirnya bikin perjanjian untuk merasakan indahnya home-spa di kost-an, haha!

Tahun 2010, saya sedang sibuk merencanakan pernikahan, dan ketika memutuskan untuk memakai jasa Wedding Organizer, saya ketemu Tanya lagi yang menawarkan beberapa paket menarik! Hasilnya? Saya puas sekali. Beberapa tahun kemudian, lagi-lagi di sebuah acara komunitas di Bandung, saya bertemu Tanya bersama beberapa temannya sedang berjualan Thai Tea yang memang sedang menjadi minuman trendi dan tak jarang di malam hari, saya menemukan Tanya sedang beraksi jadi seorang DJ (yup, you read it right, a disc jockey)! Hahahaha, ini sebetulnya Tanya punya bisnis apa saja, sih? Oh iya, Tanya ini punya seorang anak laki, namanya Mahija Javas Nararya Putranto yang berusia 6 tahun. Kebayang, nggak, bagaimana aktivitasnya sehari-hari? Bagaimana cara mengatur waktu, tenaga, dan pikiran untuk bisnis, keluarga, dan dirinya sendiri? Ini dia cerita Tanya.

tanyaa

Tanya, sebetulnya punya bisnis apa saja?

Ada Amara Home Spa, Hoppipolla Online Shop, dan My Diamonds Wedding Organizer.

Banyak, ya! Nggak pusing atur waktunya?

Hmm, gampang-gampang susah, sih. Tapi yang paling penting adalah pengertian dari partner. Nah, karena bisnisnya semua join sama teman, jadi enak, karena sudah mengenal pribadi satu sama lain. Semua tinggal dikomunikasikan saja. Misalnya ada masalah di rumah dan nggak bisa ditinggal, ya, partner akan handle over pekerjaan di hari tersebut. Kuncinya pengertian dan komunikasi.

Ceritain, dong, tentang masing-masing bisnisnya.

Boleh, banget. Pertama si Amara Home Spa. Ini diawali rasa nggak enak kalau nggak kerja. Maklum saat itu saya baru saja melahirkan dan memang langsung berhenti bekerja. Tahu, dong, rasanya? Ditambah lagi waktu itu saya memberikan ASI untuk Majja, jadi rasanya susah kalau harus meninggalkan anak untuk kerja kantoran. Tambahannya adalah sudah nggak bisa ke kantor, mau perawatan tubuh pun susah. Akhirnya kepikiran untuk bikin home spa sendiri. Amara Home Spa akhirnya berdiri tahun 2009, dibandung bersama  teman saya, Indah, yang waktu itu sama-sama baru punya anak juga. Alhamdulillah, bisnis home spa ini bisa dibilang lancar, karena masih ada sampai sekarang. Jumlah therapist dan kualitas layanan juga terus ditingkatkan. Nah, kami juga punya kabar gembira untuk yang di Jakarta, karena rencananya akhir tahun 2014 ini, Amara Home Spa akan melebarkan sayap ke Jakarta!

tanya6

Bisnis selanjutnya adalah MyDiamonds WO. Wedding organizer ini didirikan tahun 2008. Awalnya klise: membantu persiapan acara pernikahan teman, dan akhirnya diseriusin. MyDiamonds punya dua jenis layanan, mau full service as wedding planner atau D-Day only alias wedding helper. Sudah banyak membantu menenangkan para bridezilla dan tentunya membuat acara pernikahan berjalan dengan lancar. Nah, yang paling baru adalah Hoppipolla Online Shop. Ini untuk menyalurkan hobi belanja, hehe. Dulu tahun 2002-2008, saya dan 4 orang teman pernah buka butik namanya Illuste Boutique. Jadi untuk bisnis jualan pakaian ini terbilang tidak terlalu sulit. Hoppipolla baru saja dimulai tahun 2014 ini.  Semua bisnis ini dijalankan bersama teman dan dari awal belum pernah terjadi pergantian nama maupun partner bisnis.

tanya4

Oh iya, dulu saya juga sempat memiliki bisnis bernama LOKA Living yang memproduksi Thai Tea bersama seorang teman. Tapi karena jadwal kami yang sama-sama padat, akhirnya kami sepakat untuk menonaktifkan LOKA.

Selanjutnya: Dengan satu pekerjaan atau bisnis saja, seorang ibu sering menemukan kesulitan. Apalagi tiga?

Selama menjalankan berbagai usaha ini, kesulitan apa saja yang ditemui?

Kesulitan, sih, pasti ada saja. Pertama soal beradaptasi dengan rekan bisnis. Kalau sudah harus menyamakan pendapat, biasanya mulai terjadi debat. Tapi kami sadar ini semua untuk kemajuan unit usaha. Oh, merasa kecewa dengan kinerja rekan juga sering terjadi. Tapi semua masih bisa diatur, kok. Kesulitan lain adalah sumber daya manusia terutama untuk Amara Home Spa. Wah, susah, deh, untuk bisa mendapat therapist yang berkualitas, loyal, dan nggak banyak maunya.

Kalau soal bagi waktu antara bisnis dan keluarga bagaimana? Majja pernah protes nggak?

Protes, ya, sering. Namanya juga anak-anak. Majja suka bilag "Ibu, kok pergi-pergi terus?". Tinggal dikasih pengertian aja, kenapa ibu harus kerja. Yang penting perjanjian yang sudah dibuat, ya, ditepati. Misalnya hari ini janji pulang jam 7, ya harus pulang jam 7. Jangan sampai diingkari. Setiap harinya, semua kegiatan dibagi-bagi aja sama suami. Bangun pagi terus mandiin Majja, ini kadang-kadang gantian sama suami. Nanti habis sarapan dan antar anak sekolah, bisa langsung ke kantor atau tunggu di rumah untuk nanti jemput Majja.

Kalau misalnya ada urusan bisnis, ya suami yang jemput. Biasanya kalau saya yang jemput, saya akan makan siang di rumah sama Majja, sesudahnya baru bisa pergi ke kantor. Tapi kalau di rumah sedang tidak ada yang bisa bantu jaga Majja, bisa jadi kerja di rumah dulu atau mentoknya Majja ikut ke kantor. Kalau dulu masih menyusui, semua kegiatan dilakukan dari rumah, urusan pegawai by phone saja.

Tanya1

By the way, Tanya juga seorang DJ kan? Namanya Sanggar Puspita?

Hahaha, kalau ini iseng yang keterusan. Awalnya dulu sama teman, Une dan Uti, sama-sama suka lagu 80-an dan suka berpakaian ala 80-an. Jadilah namanya 1980 Sanggar Puspita. Biasanya cuma iseng main di acara teman tapi pernah juga, loh, kami diundang main di acara ulang tahun Guruh Soekarno Putra, hihihi. Setelah masing-masing punya anak, berhenti dulu, nih, kegiatan nge-dj. 1980 Sanggar Puspita baru mulai aktif lagi dari dua tahun yang lalu, deh, setelah anak bisa ditinggal kalau malam hari.

Coba kalau begitu, dibagi kiatnya untuk bisnis, keluarga, dan bergaul..

Konsekuen sama waktu. Itu kuncinya. Nggak boleh terlalu terlena sama pekerjaam, nggak boleh lupa sama keluarga. Yang pasti, harus bisa juga kasih penjelasan dan pengertian sama pasangan masalah kerjaan kita. Semua perjanjian sama suami dan anak harus jelas dan ditepati. Oh, satu lagi, urusan keluarga jangan dibawa ke kerjaan dan sebaliknya.

Dengan menjalani banyak peran begini, merasa berat nggak jadi perempuan?

Justru merasa kuat dengan kemampuan multitasking dan tahan sakitnya yang luat biasa, haha! Strong woman is a woman who knows who she is and where she is going. She knows her prioroties dan sees to it that they are done.

--

Wah, setuju sama Tanya soal kekuatan perempuan di bagian multitasking dan menahan rasa sakit. Melihat perjalanan dan kemampuan Tanya untuk mengelola bisnis, mengurus keluarga, dan tetap bisa bersenang-senang sebagai me-time nya, saya jadi terinspirasi dan ingat dengan Women of Worth, deh! Tanya pasti akan saya nominasikan.

Good luck untuk semua unit bisnisnya, ya, Tanya!

PAGES:

Share Article

author

sazqueen

a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan