Motherhood Monday: Tanya Wulansari, Ibu Dengan Tiga Bisnis Sekaligus!

Pertama kali kenal dengan Tanya, dirinya datang ke radio anak muda tempat saya siaran menemani salah satu band yang akan konser di Bandung. Setelah itu bisa ditebak, pertemuan kami banyak terjadi saat menghadiri acara musik atau kreatif anak muda Bandung. Suatu hari, saya menerima broadcast sms (iya, dulu belum jamannya BBm, apalagi WA) menawarkan jasa pijat-lulur yang bisa datang ke rumah. Sebagai perempuan yang doyan banget luluran, saya langsung meminta info lebih lanjut dan akhirnya bikin perjanjian untuk merasakan indahnya home-spa di kost-an, haha!

Tahun 2010, saya sedang sibuk merencanakan pernikahan, dan ketika memutuskan untuk memakai jasa Wedding Organizer, saya ketemu Tanya lagi yang menawarkan beberapa paket menarik! Hasilnya? Saya puas sekali. Beberapa tahun kemudian, lagi-lagi di sebuah acara komunitas di Bandung, saya bertemu Tanya bersama beberapa temannya sedang berjualan Thai Tea yang memang sedang menjadi minuman trendi dan tak jarang di malam hari, saya menemukan Tanya sedang beraksi jadi seorang DJ (yup, you read it right, a disc jockey)! Hahahaha, ini sebetulnya Tanya punya bisnis apa saja, sih? Oh iya, Tanya ini punya seorang anak laki, namanya Mahija Javas Nararya Putranto yang berusia 6 tahun. Kebayang, nggak, bagaimana aktivitasnya sehari-hari? Bagaimana cara mengatur waktu, tenaga, dan pikiran untuk bisnis, keluarga, dan dirinya sendiri? Ini dia cerita Tanya.

tanyaa

Tanya, sebetulnya punya bisnis apa saja?

Ada Amara Home Spa, Hoppipolla Online Shop, dan My Diamonds Wedding Organizer.

Banyak, ya! Nggak pusing atur waktunya?

Hmm, gampang-gampang susah, sih. Tapi yang paling penting adalah pengertian dari partner. Nah, karena bisnisnya semua join sama teman, jadi enak, karena sudah mengenal pribadi satu sama lain. Semua tinggal dikomunikasikan saja. Misalnya ada masalah di rumah dan nggak bisa ditinggal, ya, partner akan handle over pekerjaan di hari tersebut. Kuncinya pengertian dan komunikasi.

Ceritain, dong, tentang masing-masing bisnisnya.

Boleh, banget. Pertama si Amara Home Spa. Ini diawali rasa nggak enak kalau nggak kerja. Maklum saat itu saya baru saja melahirkan dan memang langsung berhenti bekerja. Tahu, dong, rasanya? Ditambah lagi waktu itu saya memberikan ASI untuk Majja, jadi rasanya susah kalau harus meninggalkan anak untuk kerja kantoran. Tambahannya adalah sudah nggak bisa ke kantor, mau perawatan tubuh pun susah. Akhirnya kepikiran untuk bikin home spa sendiri. Amara Home Spa akhirnya berdiri tahun 2009, dibandung bersama  teman saya, Indah, yang waktu itu sama-sama baru punya anak juga. Alhamdulillah, bisnis home spa ini bisa dibilang lancar, karena masih ada sampai sekarang. Jumlah therapist dan kualitas layanan juga terus ditingkatkan. Nah, kami juga punya kabar gembira untuk yang di Jakarta, karena rencananya akhir tahun 2014 ini, Amara Home Spa akan melebarkan sayap ke Jakarta!

tanya6

Bisnis selanjutnya adalah MyDiamonds WO. Wedding organizer ini didirikan tahun 2008. Awalnya klise: membantu persiapan acara pernikahan teman, dan akhirnya diseriusin. MyDiamonds punya dua jenis layanan, mau full service as wedding planner atau D-Day only alias wedding helper. Sudah banyak membantu menenangkan para bridezilla dan tentunya membuat acara pernikahan berjalan dengan lancar. Nah, yang paling baru adalah Hoppipolla Online Shop. Ini untuk menyalurkan hobi belanja, hehe. Dulu tahun 2002-2008, saya dan 4 orang teman pernah buka butik namanya Illuste Boutique. Jadi untuk bisnis jualan pakaian ini terbilang tidak terlalu sulit. Hoppipolla baru saja dimulai tahun 2014 ini.  Semua bisnis ini dijalankan bersama teman dan dari awal belum pernah terjadi pergantian nama maupun partner bisnis.

tanya4

Oh iya, dulu saya juga sempat memiliki bisnis bernama LOKA Living yang memproduksi Thai Tea bersama seorang teman. Tapi karena jadwal kami yang sama-sama padat, akhirnya kami sepakat untuk menonaktifkan LOKA.

Selanjutnya: Dengan satu pekerjaan atau bisnis saja, seorang ibu sering menemukan kesulitan. Apalagi tiga?


Post Comment