Berakhir Pekan Di Museum Tekstil

Satu lagi pilihan wisata edukasi-budaya untuk anak-anak (dan orangtuanya juga). Jangan sampai anak kita nggak tahu kalau batik adalah salah satu warisan budaya dunia yang diakui berasal dari Indonesia, ya.

edit-DSC_1308Pengakuan dunia bahwa batik adalah budaya Indonesia.

Di Museum Tekstil ini selain bisa melihat contoh-contoh batik Indonesia, dari Yogyakarta-Solo sampai Pekalongan, Lasem, Madura, bahkan Papua, bisa sekaligus mencoba membatik, lho. Di sini menyediakan juga kursus pengolahan tekstil seperti kursus perwarnaan alami, jumputan, lukis sutra, bordir, dan membuat pola tekstil pada tembikar.

edit-DSC_1295

edit-DSC_1294

edit-DSC_1299Beberapa kain koleksi pribadi yang sedang dipamerkan.

Ruang pamer dibagi menjadi dua gedung, satu khusus untuk pameran kain-kain koleksi pribadi yang sedang dipinjamkan. Di antaranya dari Yogyakarta, Solo, dan Bali. Satunya lagi untuk kain-kain yang menjadi koleksi permanen dari museum yang berasal dari Aceh sampai Papua.

edit-DSC_1306

Batik yang dari Papua menggunakan benang emas atau prada bernilai 18 milyar rupiah!

edit-DSC_1307

Ada juga display yang menunjukkan tahapan kain dari polos sampai hasil akhir pembatikan tulis yang melalui enam proses dan waktu yang cukup lama.

edit-DSC_1304Batik cap juga tidak ketinggalan dipamerkan bentuk-bentuk pola capnya.

batikcap

Menurut saya, tempat ini cocoknya untuk wisata anak kelas 3 SD ke atas. Orangtua yang masih membawa anak balita harus waspada dan berhati-hati, karena beberapa kain yang dipamerkan digelar di selasar ruang museum, hanya diberi pembatas tali. Display batik-batik kuno juga semua menggunakan kotak kaca lebar, jadi ruangannya kurang child friendly. Pun di pendopo tempat belajar membatik, banyak kompor-kompor lilin batik serta canting yang panas.

edit-DSC_1311

Di taman bagian dalam hanya ada dua set bangku kayu plus meja berpayung. Tidak ada mainan atau wahana yang bisa dipakai mengasuh balita sementara si kakak dan orangtua membatik atau berkeliling ruang pamer. Kalau hanya berlarian di luar, sih, bisa. Tamannya cukup luas dan adem karena banyak pohon besar-besar, dan relatif tidak ada bagian yang berbahaya untuk dieksplorasi anak-anak kecil.

Berikut informasi karcis masuk dan jadwal bukanya, ya.

batik

Yuk, masukkan agenda tujuan jalan-jalan minggu depan!

Museum Tekstil
Jl. Aipda KS Tubun No.2-4 Jakarta Pusat
Phone: (021) 560 6613
Fax : (021) 565 4401
Email : info@museumtekstiljakarta.com / mus_tekstil@yahoo.co.id

 

 


3 Comments - Write a Comment

Post Comment