Simpan Uang Tunai di Handphone?

Saya bukan tipe perempuan yang senang pegang uang cash dengan jumlah yang banyak. Bukannya apa-apa, sih, mengingat saya ini tipe orang boros, jadi kalau lihat ada uang cash dengan jumlah yang banyak di dompet, bawaannya suka gatel buat belanja :D Makanya, saya lebih senang belanja dengan menggunakan kartu debit. Toh, zaman modern seperti sekarang ini memang mayoritas pembayaran sudah lebih ke arah cashless. Bukan begitu, bukan?

Salah satu buktinya, saat ini sudah ada aplikasi yang semakin memudahkan kita untuk bertransaksi. Nama aplikasinya adalah mandiri e-cash, yang bisa di download di semua jenis handphone. Mulai dari iOS, Android, Blackberry, ataupun Nokia. Jadi bisa dibilang mandiri e-cash ini merupakan uang tunai yang tersimpan di handphone kita.

mandiri ecash

Pertama mendengar soal aplikasi ini dari teman kantor, saya pikir aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh orang yang memiliki rekening Bank Mandiri. Tapi ternyata, aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa pun tanpa harus membuka rekening Bank Mandiri lebih dulu.

Cara penggunaannya juga gampang, kok. Setelah aplikasinya kita download, selanjutnya hanya perlu mendaftar dan isi e-cash. Untuk isi saldo ini, gampang banget, bisa diisi dari ATM bank apapun, lho. Setelah isi saldo, kita pun sudah bisa langsung menggunakan layanan mandiri e-cash.

Berhubung saya nggak punya rekening di Bank Mandiri, jadi cara pengisiannya bisa lewat transfer ke Bank Mandiri (kode bank 008) dan nomor rekening tujuan 80+no. handphone. Sedangkan kalau sudah punya rekening di Bank Mandiri, tinggal pilih mau isi lewat ATM, SMS *141*6#, atau Mandiri Internet ataupun Mandiri Clickpay.

Saya sendiri sudah merasakan manfaat aplikasi ini. Jadi, beberapa minggu lalu, Mbak di rumah sempat telepon saya. Dengan suara yang rada panik, dia bilang kalau Bumi mogok makan. Katanya, “Bu…. ini Bumi nggak mau makan. Katanya lagi mau makan mie.”

Nah… lho! Pusing, deh! Mau bilang ke si Mbak untuk membuatkan mie instan, rasanya nggak mungkin. Meskipun saya bukan tipe ibu yang mengharamkan anaknya untuk makan mie instan, tapi tetap saja Bumi hanya punya jatah satu bulan sekali untuk mencicipinya. Dan waktu itu, memang bukan jatahnya untuk makan mie instan. Akhirnya, setelah saya ajak ngobrol dan tanya Bumi mau makan apa, ternyata anak saya ini memang lagi ngidam mie favoritnya, Bakmi GM.

Akhirnya tanpa perlu pusing dan repot, meskipun saya sedang di kantor, saya tetap bisa memesan Bakmi GM dan bayarnya pakai aplikasi mandiri e-cash. Jadi pesan dari kantor, bayar pakai e-cash tinggal kasih nomor OTP ke call center, dan si Bumi sama Mbak-nya tinggal tunggu di rumah. Membantu banget, deh!

Kegunaan mandiri e-cash memang banyak banget! Salah satunya, ya, pesan makanan di beberapa restoran yang sudah jadi merchant mandiri e-cash ini. Bahkan, kita juga bisa beli token PLN, beli pulsa, transfer uang ke nomor handphone teman atau saudara, tarik tunai tanpa kartu.

Ah… menyenangkan banget, deh, aplikasi mandiri e-cash ini. Bikin urusan ibu-ibu macam saya jadi lebih mudah :)

 


Post Comment