Ibu-ibu Zaman Dulu Dan Masa Kini

motherhood-then-and-now*Gambar dari sini

“Kata nyokap gue, harus pake gurita..”

“Kata teman gue nggak usah pake gurita..”

“Kata nenek gue, kalo anak nangis melulu tengah malam itu ada yang gangguin..”

“Katanya kalo anak nangis di jam dan waktu yang sama, mungkin kolik..”

Kita sering dihadapkan perbedaan antara apa kata nenek atau orangtua dan apa menurut dokter atau temuan ilmiah belakangan ini. Saya nggak mau membahas mana yang lebih benar di sini. Amel pernah membahas barang-barang bayi yang dipakai zaman dulu dan sekarang. Nah, kalau di sini akan membahas perbedaan ibu zaman dulu dan sekarang.  Apa saja ya?

Melindungi anak dari panas?

Ibu zaman dulu: pakai topi

Ibu zaman sekarang: Sunscreen ber-SPF 50

Mencari tau jenis kelamin bayi?

Ibu zaman dulu: saat melahirkan, baru tau jenis kelamin bayi

Ibu zaman sekarang: usia 4-5 bulan kehamilan, dengan USG 2,3 atau bahkan 4D atau ada juga testpack prediksi jenis kelamin bayi!

Menghilangkan rasa sakit saat melahirkan?

Ibu zaman dulu: Sakit apa?

Ibu zaman sekarang: Epidural, FTW!

Menginginkan bayi dengan jenis kelamin tertentu?

Ibu zaman dulu: terus melahirkan sampai bayi dengan jenis kelamin yang diinginkan lahir

Ibu zaman sekarang: menggunakan sistem kalender Cina atau teknik tertentu yaitu mengenal sifat asam di cairan vagina..

Menyusui itu..?

Ibu zaman dulu: hanya berlaku untuk kalangan menengah ke bawah!

Ibu zaman sekarang: pilihan terbaik untuk ibu dan bayinya.

Cara menidurkan anak yang efektif?

Ibu zaman dulu: menggendong sambil sedikit diayun-ayun.

Ibu zaman sekarang: menggunakan aneka essential oils, musik dengan irama yang menenangkan

Mencegah kehamilan?

Ibu zaman dulu: sistem kalender, dan banyak-banyak berdoa..

Ibu zaman sekarang: pil, kondom, IUD, tubektomi, vasektomi..

Apalagi ya, perbedaan antara ibu zaman dulu dan ibu zaman sekarang? Ada yang mau menambahkan?

 


4 Comments - Write a Comment

  1. saya nambahin mbaa..

    MPASI
    Ibu zaman dulu: 2-4 bulan udah dikasi pisang
    Ibu zaman sekarang: MPASI setelah usia 6 bulan

    Lampu Tidur
    Ibu zaman dulu: dinyalain semaleman biar terang ga ada yg “ganggu” anak
    Ibu zaman sekarang: dimatiin biar anak ngerti konsep siang/malam

    hm hm.. apa lagi ya :)

  2. Kata mamaku sih gitu, mba.. haha selain biar anget jg dan apalagi kalo masi newborn katanya biar ga kuning (jaundice). Mungkin jadi semacam disinarin gitu kali ya :D
    Hahhaa iya! Papaku juga bilang “ah, dulu papa 2 bulan udah dikasi air gula, biasa aja nih sekarang” ckckck *facepalm*

Post Comment