Gemala Ananda: Sekolah Idaman Saya!

IMG_20140916_084403Buat Mommies yang tinggal di wilayah Lebak Bulus dan sekitarnya, pasti sudah sering mendengar berbagai review SD Gemala Ananda. Saya sendiri, pertama kali mendapat informasi soal sekolah ini dari forum Mommies Daily, dan ada beberapa kenalan yang berniat dan sudah menyekolahkan anaknya di sana.

Bahkan, ketika saya sedang mengantar Bumi ke sekolah dan ngobrol bersama beberapa orangtua murid yang lain, mereka pun banyak yang merencanakan anak-anaknya sekolah di Gemala Ananda. Menurut cerita yang saya dengar, sih, sistem pengajaran yang diterapkan di Gemala Ananda sangat bagus. Banyak orangtua yang puas setelah memasukan anaknya ke sana.

Wah, saya jadi penasaran, nih! Sebagai warga Lebak Bulus, siapa tau saya juga bisa menyekolahkan Bumi di Gemala Ananda. Apalagi kalau mengingat jarak antara rumah saya dan SD Gemala Ananda sangat dekat. Kalau naik motor, hanya butuh waktu 10 menit.

Daripada penasaran, belum lama ini saya akhirnya mampir ke sana, dan bertemu dengan Ibu Melda, salah satu tim Humas SD Gemala Ananda. Dari beliau, saya cukup mendapat informasi mengenai sekolah ini.

Baru saja tiba di sekolah ini, saya kok ngerasa langsung klik, ya. Kenapa? Pertama kali menjejakan kaki ke sekolah ini, saya sudah merasa nyaman. Menurut pandangan saya, sih, sekolah ini terasa homey, ya. Sepertinya bangunan sekolah ini didesain senyaman mungkin, dan nggak terkesan ‘wah’.

Yang jelas, untuk masuk ke SD Gemala Ananda, anak-anak kita nggak dituntut untuk bisa baca dan tulis *dancing*. Tapi bukan berarti semua yang mendaftar di sekolah ini bisa langsung masuk, lho. Soalnya setelah proses pendaftaran yang dilakukan melalui website, anak-anak harus melalui tahapan assessment lebih dulu sehinga bisa diketahui apakah anak kita ada indikasi kesulitan belajar atau berkebutuhan khusus.

Selain itu, SD Gemala Ananda ini menggunakan kurikulum Nasional dan menggunakan bahasa pengantar Bahasa Indonesia. Metode yang diterapkan juga beda dibandingkan sekolah lain, di mana Sekolah Gemala Ananda merancang proses pembelajaran dengan metode “Brain-based learning”, yaitu cara belajar yang selaras (compatible) dengan cara kerja otak, serta sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Harapannya dengan metode seperti ini, anak-anak bisa belajar lebih efektif optimal. Dan yang paling penting, bisa menjadikan sekolah sebagai rumah keduanya sehingga proses belajar tidak dianggap sebagai beban.

SD Gemala Ananda ini juga diperkaya dengan beragam metode pembelajaran yang unik. Mulai dari pembelajaran kontekstual, pembelajaran konstruktivis, pembelajaran inkuiri, pembelajaran kolaboratif dan pembelajaran tematis dan terintegarsi. Untuk lengkapnya, Mommies bisa baca websitenya, gemalaananda.sch.id.

Selanjutnya: Sekolah dan orangtua bekerjasama dalam proses belajar mengajar!


6 Comments - Write a Comment

Post Comment