Botol Khusus Si Sakit

Sick-Child-2*Gambar dari sini

Patokan utama saya saat ada yang sakit adalah banyak-banyak minum. Lebih banyak dari biasanya, walau konsekuensinya memang jadi beser, sedikit-sedikit ke kamar mandi. Tapi justru trip ke kamar mandi inilah yang sebenarnya bagian dari proses ‘membersihkan’ penyakit. Bonusnya, dengan banyak air suhu tubuh akan menurun.

Orang dewasa atau anak yang sudah besar mestinya sudah paham, ya, kalau diceritakan tentang pentingnya konsumsi air baik saat sakit maupun untuk menjaga kesehatan. Bagaimana dengan balita dan anak kecil yang justru mogok minum saat sakit? Kalau bayi malah lebih gampang. Biasanya saat bayi sakit secara naluriah akan lebih banyak menyusu. Otomatis asupan cairan terjaga asal si Ibu menjaga pola makan dan banyak minum juga.

Dulu PR juga untuk saya bagaimana cara ‘memaksa’ anak cukup minum saat sakit. Maklum, sih, biasanya kalau sakit, kan, mulut rasanya nggak keruan, ya. Apalagi dipaksa banyak minum air putih, yang ada malah makin mual. Kadang maunya susu, karena susu yang ada rasanya cenderung manisnya kuat di mulut mengalahkan rasa pahit. Tapi untuk penyakit seperti batuk, kan, sebaiknya menghindari susu dulu karena susu memicu produksi lendir yang bisa memperburuk batuk. Belum lagi kalau sampai muntah, haduuhh malas banget, deh, membersihkannya karena baunya yang asam.

Selanjutnya: Kiat saya dalam memberikan banyak asupan cairan!


Post Comment