Ramuan Madu Dan Lemon Yang Populer

Hampir 2 bulan belakangan ini saya rutin minum madu dan lemon di pagi hari. Istilah populernya, honey lemon shot. Ramuan ini sebenarnya sudah cukup lama wira wiri di forum Detox Lemon, namun memang baru belakangan ini hits di sosial media.

2014-09-09 23.23.47

*Duh, fotonya nggak sekeren selebgram ya :D

Dulu, saya minum ramuan ini kalau sedang batuk saja. Beberapa waktu lalu saya bertemu dengan Andra Alodita, blogger yang membuat ramuan ini populer lagi belakangan ini. Saat bertemu dengannya, saya sedang flu berat. Andra kemudian menganjurkan supaya saya rutin minum ramuan madu dan lemon setiap pagi. Saya nggak langsung mengiyakannya dong. Riset lagi, bagaimana sebenarnya khasiat madu dan lemon untuk tubuh saya.

Ternyata, hasil yang saya dapatkan banyak sekali! Ini dia beberapa di antaranya:

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Selama 2 bulan saya minum madu dan lemon, saya nggak pernah flu, lho! Padahal Langit sempat batuk beberapa minggu lalu, dan saya ini termasuk orang yang mudah ketularan flu. Apakah ini salah satu bukti bahwa minum madu dan lemon meningkatkan imunitas tubuh saya? Saya tergoda untuk bilang iya :)

  • Detox/ diet

Minum ramuan ini setiap pagi saat perut masih dalam keadaan kosong, lalu minum air hangat setelahnya. Ini bisa membantu membersihkan liver, menghilangkan racun dan mengeluarkannya dari tubuh. Untuk yang diet, jangan mengonsumsi madu banyak-banyak ya, satu sendok makan madu itu bisa mencapai 63 kalori lho!

  • Meringankan batuk

Nah, ini yang saya kenal dari dulu. Minum campuran madu, lemon dan air hangat sebelum tidur, bisa meringankan batuk. Untuk anak-anak aman nggak? Aman dong, saya meminumkan ini juga ke Langit :)

  • Eksfoliator kulit wajah

Nah, selain dikonsumsi, ramuan ini juga bisa bikin kulit bersinar *tsah*. Coba perhatikan deh, berapa banyak produk skincare yang mengandung madu atau lemon? Madu dikenal untuk menjaga kelembapan kulit, sementara lemon bermanfaat untuk mencerahkan wajah.

Itu hanya 4 manfaat dari ramuan madu dan lemon yang saya alami ya. Kalau hasil Googling sih, manfaat lemon, madu, atau campuran keduanya, banyak banget!

Oh iya, btw, gimana cara membuatnya:

  • 1 sendok makan madu (pilih yang raw honey)
  • ½ lemon diperas, ambil airnya
  • Campur jadi satu (sebelum dicampur dan diminum, foto dulu juga boleh untuk kepentingan sosial media, hihihi)

Gampang kan? Atau Mommies sudah mencoba dan merasakan manfaatnya? Share dong!

 


11 Comments - Write a Comment

  1. Suka juga minum ini…. apalagi gue doyan yang asem2. Tapi, kok, rasanya kalau lagi batuk pas minum ini, tenggorokan jadi nambah gatel, ya? Macam digaruk2 gitu…. apa mungkin itu bagian dari reaksi buat ngeluarin dahak, ya? Soalnya gue kalau batuk, batuk kering.

    Jadi sejauh ini lebih seneng minum honey lemon shot kalau memang lagi nggak batuk :D

    1. Aku juga punya maag mbak. Awalnya juga takut-takut mau coba. Tapi ternyata nggak apa2 tuh. Aku rada lupa, tapi ada penjelasannya bahwa yang maag nggak apa2, makanya diminumnya harus pas perut masih kosong. Maaf ya, aku rada lupa nih penjelasannya kenapa :D

    2. untuk asam lambung ngga bahaya karena lemon itu unsurnya basa (setelah diteliti ya :) ).
      bos saya maag akut, tp setelah 2 th minum lemon (kalo doi bener2 setengah perasan lemon tanpa campuran apapun), si maagnya ga pernah balik even doi doyan banget makan pedes dan asem *geleng-geleng. saya juga lagi cobain lemon nih, krn maag juga. ga tahan klo kambuh bisa sesek nafas ato kaya panic attack.

      untuk jeruk nipis, justru beda dengan lemon, karena dia mengandung asam. jadi kalo yang punya maag malah katanya hindari jeruk nipis..
      salam kenal ;)

  2. salam kenal ya ;)
    lemon aman kok buat maag krn katanya sifatnya basa, bos saya peminum lemon udah 2th maagnya ga kambuh even doi suka makanan pedes dan asem. juaranya lagi doi minum cuma setengah perasan doang tanpa campuran apapun. saya juga lagi coba minum lemon tiap bangun tidur gegara ga nahan lagi suka kambuh maag sampe sesek nafas ato panic attack.
    klo untuk jeruk nipis klo yg punya maag lebih baik jangan ya, krn asam, beda dg lemon.
    salam kenal ;)

Post Comment