Let’s Do the Chores!

One for all and all for a tidy room*Gambar dari sini

Dalam bahasa Inggris, chores, artinya pekerjaan yang dilakukan sehari-hari di lingkungan rumah. Di sini digunakan istilah ‘tugas rumah tangga’, supaya tidak rancu dengan PR (pekerjaan rumah) yang artinya justru tugas sekolah yang dikerjakan di rumah.

Sampai saat ini, kami belum memberikan tugas rumah tangga rutin pada Akhtar, 10 tahun. Mungkin malah belum kepikiran serius, sebelumnya. Beberapa kali suami pernah mengemukakan hal ini, bahwa ia harus diajari untuk melakukan tugas-tugas rumah tangga, supaya nantinya sudah terbiasa mandiri melakukannya.

Sebenarnya saya sendiri merasakan, baru bisa ngapa-ngapain (baca: nyuci, nyapu, ngepel, dll) ya setelah pisah rumah dari orangtua (eh, tapi saya sudah pisah dari ortu di usia sekolah lho :D). Dan rasanya tidak menemukan hambatan berarti untuk mengerjakan apa-apa sendiri.

Ini juga menjadi bahan pembicaraan kami. Kapan ya anak perlu untuk dibebani (baca; diberi tanggung jawab) untuk melakukan tugas rumah tangga. Sebab, tugas rumah tangga ini berbeda dengan menjadi mandiri ya. Walaupun ada titik temunya juga sih. Menjadi mandiri -untuk anak seusianya- menurut kami berarti dia sudah bisa melakukan apa yang menjadi kebutuhan dan kepentinganya sendiri, mulai dari mandi, makan, belajar, main, dll. Artinya saya tidak harus mengurusnya seperti anak balita.

Sementara mengerjakan tugas rumah tangga berarti lebih luas lagi. Dia harus membantu kelangsungan aktivitas di rumah, demi kepentingan seluruh anggota keluarga (duh, bahasa saya agak mbulet :D).

Selain pertanyaan ‘kapan’ tadi, saya juga bertanya-tanya, jangan-jangan nanti malah jadi tugas tambahan untuk saya, setiap hari mesti mengingatkan dan ‘berdebat’ agar ia melakukan tugas tersebut. (hmm, ini sih masalah komunikasi dan bagaimana mengajak anak bekerjasama, yang saya mestinya sudah punya ilmunya).

So, yakin dong, bahwa mengajari dan memberi tugas tumah tangga pada anak baru gede itu banyak manfaatnya. Apa saja sih? Simak di halaman berikutnya!


Post Comment