Wajah Sehat dengan Masker Alami

kulit-wajah

Punya wajah bersih, dan bersinar nggak selalu harus pergi ke salon dan mengeluarkan biaya yang mahal. Bahan-bahan alami yang sering kita jumpai di rumah ternyata bisa kita manfaatkan untuk memberikan nutrisi kesehatan kulit.

Saya sendiri senang melakukan perawatan wajah menggunakan bahan alami. Selain bisa  mengandalkan bahan yang memang sudah ada di rumah, cara membuatnya pun nggak susah. Dan yang paling penting, saya bisa melakukan perawatannya di rumah sambil menemani Bumi bermain. O, ya, satu lagi, nih. Perawatan yang satu ini juga hemat biaya :D

Berikut saya coba share, ya, beberapa perawatan wajah alami yang sering saya buat di rumah. Siapa tau Mommies lain ada yang mau coba.

Masker Alpukat

Bahan :

Buah alpukat

Madu

Yoghurt

Cara Membuat :

Siapkan alpukat yang masih segar dan lumatkan secara perlahan dengan menggunakan garpu sampai benar-benar halus. Setelah itu baru tambahkan madu dan yoghurt, kemudian aduklah sampai merata. Setelah masker siap, jangan lupa cuci muka lebih dulu menggunakan air hangat. Setelah wajah mengering, oleskan masker ke area wajah dan leher secara merata. Biarkanlah masker alpukat menempel pada wajah selama kira-kira 15 menit. Supaya tambah rileks, saya juga sering menggunkan potongan mentimun untuk bagian mata. Fungsinya, untuk membantu menghilangkan lingkaran hitam.

Toner Air Beras

tonerberas

Setiap hari selalu masak nasi, dong, ya? Nah, cucian air beras ini juga bermanfaat untuk kulit, lho. Soalnya, air cucian beras memiliki kandungan protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula dan banyak vitamin. Jadi nggak heran, ya, kalau toner air beras berkhasiat untuk kesehatan kulit. Coba, yuk!

Bahan

¼ kg beras

Air untuk mencuci

Cara membuat

Campurkan air dan beras dalam sebuah wadah hingga beras terendam. Diamkan beberapa menit hingga iar jadi keruh. Setelah itu cuci dan saring airnya di wadah untuk air beras. Jika air masih terlalu keruh, lakukan hingga tiga kali. Setelah itu air bisa dimasukan ke dalam botol. Supaya lebih awet, jangan lupa untuk menyimpan di lemari pendingin.

Selain bisa dijadikan toner, pati dari air cucian beras juga bisa digunakan untuk masker. Caranya, rendam beras beberapa saat sehingga muncul endapan pati beras. Kemudian, pisahkan dari airnya dan gunakan endapan pati beras tersebut untuk maker.

Masker Pisang

Karena pisang punya beberapa kandungan gizi yang sangat baik sperti Vitamin B, B6, C, Magnesium, Kalsium, Fosfor dan Besi. Dari kandungan tersebut tentunya sangat baik untuk digunakan dalam perawatan wajah yang berfungsi untuk mencerahkan, menghaluskan dan mengangkat sel kulit mati,

Bahan

1 butir kuning telur

1 buah pisang ambon

2 sdt minyak zaitun/ minyak kelapa

Cara membuat

Aduk kuning telur, pisang da minyak zaitun sampai tercampur dengan rata. Setelah tercampur, masker pisang bisa langsung digunakan, dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu baru bilas wajah dengan air.

Gimana, gampang bangetkan membuatnya? Selamat mencoba, Mommies.

 


Post Comment