Nama Anak Yang Unik

Choosing-baby-name-pregnant2

Ada ungkapan, Apalah Arti Sebuah Nama? Namun bagi saya nama itu penting karena akan dipakai seumur hidup. Identitas sepanjang masa. Bahkan kalau kepercayaan di agama saya – Muslim, nama akan berpengaruh saat kita dipanggil di yaumul akhir untuk mempertanggung jawabkan perbuatan kita di dunia.

Itu makanya sejak saya masih pakai seragam putih biru, saya sudah berandai-andai terkait nama yang akan saya berikan buat anak saya kelak. Saya mau cari nama yang unik dan cantik, biar nama anak saya tidak umum, namun tetap bangga disematkan sebagai panggilan untuk buah hati saya itu.

Berkaca dari nama saya yang Sunda banget dan menurut sebagian orang aneh. Terkadang ada yang menyangka saya ini bapak-bapak, atau bahkan ibu-ibu yang sudah berusia 50-an. Mungkin karena nama lengkap saya Cucum Suminar, yang biasanya diberikan untuk anak angkatan yang saat ini seumuran dengan ibu saya =p.

Saya sempat ingin memberikan nama anak saya Autumn atau Winter – kayaknya cocok buat diberikan kepada anak perempuan saya, atau Riksya buat anak laki-laki saya. Riksya itu singkatan dari Atalarik Syach – model dan pemain sinetron itu lho, dulu pas SMP saya suka bangeet sama dia. Jadi malu =D.

Saya juga berjanji tidak akan melibatkan orang lain untuk memberikan nama ke anak saya. Saya yang akan langsung memberikan nama ke anak saya. Orang saya yang hamil, saya yang melahirkan, saya yang sakit, masa orang lain yang memberi nama (jangan ditiru, itu pikiran egois saya!).

Mungkin berkaca dari pengalaman saya. Dulu kakek saya yang memberikan nama untuk saya. Padahal kata mama, mama sudah menyiapkan nama yang tidak begitu Sunda. Cucum Suminar itu tau tidak diambil dari mana? Dari seorang sinden yang terkenal banget di daerah kakek saya waktu itu. Katanya kakek saya berharap saya bisa sukses seperti sinden itu, walaupun dengan bidang yang berbeda…aduh please deh ya alasannya (walaupun amin untuk doanya).

Namun akhirnya takdir berkata lain. Setelah menikah, suami tentu saja turut andil dalam memberikan nama. Ternyata harus ada kompromi. Suami menolak mentah-mentah anak kami dinamakan seperti nama musim dalam Bahasa inggris, apalagi dikasih nama Riksya. Dia meminta nama yang Islami.

Akhirnya terpilihlah nama Fathiah Qistina Wicaksono dengan panggilan Qisti. Saya kira Qisti itu sudah unik karena saat ini jarang orang mengambil nama dengan awalan Q. Saya menghindari anak saya memiliki teman yang namanya kembaran dengan nama dia. Jangan sampai nanti ada Qisti 1, 2, dst dalam satu sekolah.

Namun ternyata yang namanya Qisti banyak ya, walaupun dengan penulisan yang berbeda. Selain tetangga saya waktu di Bogor dulu yang memberi nama anaknya Qisthi, ternyata ada beberapa lagi teman-teman saya yang menamai anaknya Qisty. Hadeeh saya lupa, saya kan ngambil nama itu dari internet.

Lalu bagaimana dengan nama anak Mommies? Apakah sudah cukup unik? Atau ternyata banyak kembarannya seperti nama anak saya?


12 Comments - Write a Comment

  1. Wah… ternyata sampe segitu nge-fansnya ya sama Atalarik, sampe mau kasih nama anak Riksya :D

    Sama, sih, gue juga pada dasarnya nggak mau kasih nama anak yang sudah umum. Makanya, akhirnya pilih nama ‘Bumi’. Alhamdullillah, jarang sejauh ini jarang ketemu dengan nama yang sama, pun temen sekolahnya :D

    Lucunya, Bumi dulu pernah tanya kenapa dia dikasih nama Bumi. Katanya, bagusan kalau namanya kereta…. Duh…. segitu cintanya deh anak gue sama kereta :D Tapi, begitu gue tes nyapa dengan sebutan kereta, dia langsung bilang… “Eh, nggak deh Ibu. Panggil aku Bumi aja, lebih bagus Bumi…” hahahaa

    1. Wkkkk begitulah, untung ada suami yang jadi alarm, dan untung juga anaknya cewek jadi ga bisa dikasih nama berunsur rik…rik =D
      Waduh kalau beneran namanya kereta gak kebayang ya, pasti banyak yang nanya? Kenapa dikasih nama kereta? Dulu lahir di kereta ya? atau apakah berasal dari suku tertentu? Kan katanya ada ya suku tertentu di Indonesia yang memberi anaknya benda yang saat lahir dekat dengan mereka.

  2. nama anak kita sama mba, cm krn anak saya cowok jd namanya qisthan.. tadinya kalo cewek mau tak kasih nama qisthi jg, keluarnya cowok jadi qisthan deh..
    anak pertama saya serba z.. nizar zaim hamizan (zaim)..
    anak kedua saya serba q.. qisthan tsaqif alfaruq (tsaqif)..

    alasan saya, selain krn arti & makna.. saya milih nama yg gak umum/pasaran.. dan menghindari awalan a,b,c atau y,z.. alasannya simple, biar kalo ujian gak dipanggil paling awal atau paling akhir.. heheheh… :-D

    1. wah keren nama anak-anaknya Mbak. Iya betul saat akhirnya benar-benar punya anak, makna nama juga jadi pertimbangan.Yup, abjad juga jadi pertimbangan. Saya kalau di absen pasti pertama, karena nama awalnya c, sedangkan suami nama awalnya w, jadi pas punya anak cari nama yang huruf awalnya ditengah-tengah. Hehehe supaya merka gak ngerasan deg2an kayak emak bapaknya ya Mbak.

  3. Wahhh, Riksyaaa! hihii lucu benerrrr :D

    Nama anakku biasa aja, yang penting nggak ada unsur huruf F karena suami adalah orang Sunda hehehe, iyaa, nggak mau lafal ef jadi ep. Nama lengkapnya Galuh Nabitha Sasikirana Mardani. Panggilannya saja yang unik, yaitu Menik! Jarang kan menemukan nama Menik saat ini? :D

    1. Iya betul, unik namanya. Kalau suami saya alergi huruf R karena dia cadel =p. Saya juga sebenarnya tidak mau ada unsur f di nama anak saya karena saya Sunda banget dan kalau bilang f harus f semua, bilang p harus p semua. Kalau gak konsen f saya bilang p =D. tapi karena waktu itu suami yang berhak memberi nama, akhirnya saya mengalah. Apalagi Fathiah juga kayaknya nama yang memiliki arti cukup bagus. Makanya semoga nanti kalau punya anak lagi (entah kapan) cowok aja deh, biar tar balas dendam kasih nama yang banyak huruf R nya hihihihihi

  4. aku sampe detik ini malah belum pernah ketemu anak dengan nama Qisti loh! Menurutku nama itu unik! :)

    Tetanggaku ada nih yang namanya menik, karena memang anaknya mungil imut gitu meski sekarang sudah jadi emak-emak juga seumuran aku :D

    Kalau dulu aku sempet berangan2 pengen kasih nama anak berbau Jepang gitu karena emang termasuk J-lover, tapi begitu hamil anak pertama malah kaya dapet ilham untuk kasih nama anakku sesuai dengan nama Nabi di Kitab Perjanjian Lama. Hihihihi… Dan yes!! Untuk nama anak pertama aku FULL yang kasih nama…. Anak kedua dari Bapake FULL…

    Dan untuk mempererat hubungan kakak-adik ini aku sama suami sama2 memberikan NAMA BELAKANG yang sama pada keduanya, semacam Family Name gitu tapi versi kami sendiri karena memang tidak mengambil dari nama marga keluargaku maupun suami ^^

    Memang sih nama depan anak-anak ku JAUH DARI UNIK, bahkan PASARAN BANGET deh! Di sekolah saja ada beberapa anak dengan nama sama, tapi NAMA BELAKANG mereka UNIK TIADA TARA *sombong dikit ah* :D

    1. Yup, dulu ngasih nama Qisti karena menurutku unik, Qaisa sudah banyak, tapi ternyata lumayan banyak orangtua yang aku kenal menggunakan nama itu buat anaknya.
      Bocorin mbak nama anaknya siapa? Hahaha penasaran. Menurutku sih nama anak merupakan hak prerogatif orangtua ya, karena itu juga kan merupakan doa.

  5. Riksya! Hihihihi..

    Dan mari kita amini doa dari kakek, siapa tau kamu sebenernya bersuara bagus kalo nyinden. Udah pernah coba? :D

    Nama anak gue Langit. Kalo di sekolahnya sejauh ini belum ada yang nyamain. Di circle gue, gue yang pertama namain Langit. Setelah itu kalo ada teman yg mau namain anaknya Langit, mereka izin dulu sama gue lho, hahaha..

    1. Haha Riksya itu cukup jadi salah satu nama karangan kalo someday bikin novel.

      Hadeeh sampe sekarang gak pernah bisa nyanyi, tiap karoke sama temen kantor lebih memilih pesan makanan banyak2 dibanding nyanyi =D. Iya nama Langit unik banget, satu paket sama Bumi ya =D. Dari dulu pengen kasih nama anak dengan nama-nama seperti itu, tapi ternyata harus mempertimbangkan kesukaan suami juga. Mungkin saran bagi yang single, harus ada perjanjian pra nikah dulu buat mengurus hak-hak mengenai penetapan nama anak hehehe

  6. Alhamdulillah ya yg keluar perempuan. klo cowok kekeh bakalan dikasih nama Riksya kayaknya :p hehe
    btw, nama anak ku Kayla Nira. Nama depan sudah banyak yah dan juga nama anak jaman sekarang bener :p kalo dalam islam, sebetulnya ada artinya sih, tapi aku lupa.
    nama Kayla request dr ibu mertua.. sedangkan Nira dari gabungan nama ku dan suami (nia – rahmat) yang juga request dari ibu ku.. daripada salah satu ibu tercinta bt krn ga ikut andil, jadilah mengikuti kemauan mereka :D

Post Comment