banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Motherhood Monday: Garet, “Prenatal Yoga Kurang Menantang”

author

nenglita08 Sep 2014

Motherhood Monday: Garet, “Prenatal Yoga Kurang Menantang”

Garet1

Kalau melihat foto di atas, Mommies percaya nggak kalau Margaret Christina Yudhi Handayani, atau biasa dipanggil Garet, sedang hamil saat foto tersebut diambil?

Saya mengenal Garet saat ia baru punya anak satu, Ayska Zephaniah Hutahaean (Ayska). Saat ini, Ayska yang berusia 5th 6bl, sudah punya 2 adik laki-laki yaitu  Jericho Jeoakim Hutahaean (2th 8bl) dan yang baru saja lahir, Joshia Elishama Hutahaean.

Sebelum ngobrol lebih jauh tentang pose-pose ‘heboh’nya itu, kita ngobrol mengenai bagaimana rasanya jadi ibu dari 3 orang anak yang semuanya masih balita yuk!

Selamat ya, anak ke-3! Ceritain dong, hari-hari pertama punya 3 anak dengan jarak masing-masing anak sekitar 2 tahun?

Selamat datang kembali malam-malam kurang tidur :p.. Selebihnya fun fun aja, karena Ayska dan Jericho sayang banget sama Josh, dua-duanya gak cemburu sama adek kecilnya

Kaget lho, pas tau Garet hamil. Kehamilannya yang ini direncanakan apa nggak sih?

Nggak .. hahaha, tapi emang pengen nambah anak lagi, cuma kalo Jericho udah 3 tahun..

Kakak-kakaknya masih 5 dan 2 tahun, bagaimana sih menumbuhkan rasa sayang mereka ke adik barunya ini?

Diceritain yang asik-asik soal punya temen baru yaitu adeknya. Kalo kontrol ke dokter, Ayska dan Jericho diajakin ngeliat adeknya di dalam perut. Diajakin doain adeknya di perut. Kalo mereka misalnya lagi lompat-lompat di kasur pas mamanya juga di kasur, adek di perut gak jadi alasan mereka buat berenti lompat-lompat di kasur, tapi kasih alasan yang tepat kenapa mereka gak lompat-lompatan di kasur, atau suruh pindah ke kasur lain aja, hehehee

Nah kalo Garet sendiri, gimana cara membagi perhatian ke 3 anak ini?

Sementara karena bayinya masih 5 hari jadi guenya masih harus full ngurusin #3. Kebetulan Ayska dan Jericho sekolah dari pagi sampe siang, nah baru pas mereka di rumah musti bisa bagi-bagi perhatian sama yang butuh. Kebeneran dua-duanya gak terlalu minta diperhatikan, asal gue ada di sekitaran mereka, mereka baik-baik aja. Malem sebelum tidur tetep ada ritual pijat anak-anak dan baca buku cerita. Jadi mereka gak berasa dicuekin. Dan kalo adeknya bangun buat nyusu di tengah-tengah lagi sama mereka, mereka juga rela rela aja gue ngurus yang kecil.

Whoa, seru ya, kedengarannya! Sekarang bicara tentang Garet dan olahraga, yuk! Simak di halaman selanjutnya, ya.

Beberapa saat terakhir kan elo lagi giat banget olahraga, pas tau hamil, gimana tuh? Masih lanjut olahraga atau disesuaikan atau gimana?

Pas tau hamil, dan konsul ke obgyn, obgyn sempet nyuruh gue ganti haluan dari yoga biasa menjadi prenatal yoga yang gue tau banget gerakannya cuman stretching-stretching doang. Gue bilang kayanya bakalan kurang challenged nih dok, hehe..

Ehm, kalau melihat foto-foto di bawah ini, pantas saja kalau prenatal yoga menurut Garet itu kurang menantang :D

Garet2 Garet3 Garet4 Garet5Nah, akhirnya kan elo lanjutin olahraga, masih tetap konsultasi sama obgyn-nya?

Tetep konsul bok, dan dia tau persis gerakan-gerakan apa yang gue lakukan selama olahraga, termasuk pas gue inversion kepala di bawah kaki di atas. Pas hamil udah mulai gede dokter ngajarin cara larinya orang hamil (kebeneran dokter kandungan gue juga doyan lari, bok)

Tapi ada batasan tertentu nggak, dari dokternya?

Gak ada batasan, hanya kalo gue lagi inversion karena core udah gak sekuat dulu, dan buat jaga keseimbangan harus ada yang nemenin- just in case ngeguling :D

Elo sendiri ngerasainnya gimana, sih, hamil dan olahraga? Apalagi olahraganya seperti tadi yang lo bilang, ya, nggak sekedar prenatal yoga...

Hamil dengan olahraga tuh bener-bener bantu stamina gue banget, mak. Berbeda dengan kehamilan-kehamilan sebelumnya, dari minggu pertama hamil sampe minggu ke 38 kehamilan gue sama sekaliiii gak pernah gue ngerasain sakit pilek batuk pusing. Keluhan-keluhan sakit punggung selama hamil pun baru gue rasain setelah kehamilan di atas 34 minggu. Sampe minggu terakhir gue masih pake celana jins gue yang masih size 24-25, baju-baju masih pake size 2. Paling sport bra, Alhamdulillah, naik dari size 2 ke size 4, tandanya payudara gue masih berkembang, kan, hauahahahaha.

Bahkan, sampe minggu ke 38 gue ke mana-mana lebih nyaman pake heels 12 cm gue dibandingkan pake flats.

Buat yang kenal Garet, pasti tau deh, betapa Garet ini memang pecinta high heels! Buat ibu hamil yang lain, mungkin ngilu dengar atau lihatnya, ya. Haha! Staminanya yang kuat selama kehamilan ini, tentunya dipengaruhi oleh kebiasaan Garet rutin olahraga. Simak cerita selengkapnya di halaman berikutnya, ya!

Ret, saat jalani hamil dengan rutinitas olahraga kemarin, yang lo rasain dibandingin 2 kehamilan sebelumnya gimana?

Selain hal hal di atas, gue cuma nambah berat badan 8 kilo aja. Dan anak gue tetap bertumbuh dengan sempurna, malah nutrisi buat bayi terserap sempurna karena konon (setelah baca-baca artikel yoga saat hamil) si napas yang gue lakukan saat yoga itu yang energized the fetus, bikin nutrisi terserap lebih baik.

Sedangkan hamil gue sebelumnya yang pertama itu  gue naik 20kilo dan yang ke-2 naik 22 kilo saja.

Garet7*Garet, hari ke-6 setelah melahirkan. Iya, nggak salah baca, ini hari ke-6 setelah melahirkan!

Walah, bedanya jauh banget ya! Terus kalau proses melahirkan berasa bedanya juga nggak sih?

Hampir sama aja sih bok, karena gue tiga-tiganya sesar..

Sebenarnya tujuan lo tetap olahraga saat hamil itu apa sih, Ret?

Sebenernya karena udah keburu addict, bok.. Awalnya gue ngotot olahraga karena pengen nambahin massa otot di paha gue yang kerempeng setengah mati. Sampe dikasih tips buat latihan gedein paha sama temen gue yang atlet basket, terus akhirnya gue putuskan buat ambil kelas Pilates yang khusus fokusin besarin paha.. Eh kebeneran abis itu tau hamil, ya udah terusin aja..

Pertama tau hamil dan dokter bilang ukuran bayi sesuai dengan ukuran malah di atas presentil, itu motor buat gue tetep dedicated nerusin rutinitas olahraga gue. Karena gue tau banget makan gue bener-bener kacau.. Doyan jajan pinggir jalanlah, siang kalo udah kenyang nyemil buah/green smoothies bisa malem baru makan lagi..

Dannnn ngeliat badan gue gak berubah banyak setelah kehamilan berjalan 1/2 periode, bikin gue tambah semangat lagi hahahahahaaa

Nah, ini kan udah kelar melahirkan, mo langsung olahraga lagi atau nunggu beberapa saat dulu?

Kebetulan setelah kehamilan ke-2 gue punya diastesis recti, jadi supaya setelah kehamilan ini otot perut gue kembali bagus, gue musti nunggu abdominal splitnya gak terlalu besar baru bisa olahraga lagi.

Buat ibu-ibu yang baru melahirkan, simak video cara mengetahui otot perut sudah tertutup atau belum di artikel ini ya!

Terus, masih mau nambah anak lagi nggak sih? :)

Hahahaaaa 3 anak cukuplah.. gue udah sekalian steril juga bok kmrn pas sesar!

Terakhir nih, ada pesan atau kiat yang mau dibagi ke ibu hamil lainnya yang suka khawatir sama olahraga saat hamil?

Buat temen-temen gue yang mau hamil dan sedang hamil,  gue sangaaaattt menyarankan buat tetep olahraga. Jangan lupa konsul sama dsog-nya mana olahraga yang tepat buat kita. Peredaran darah yang lancar, badan yang aktif diolah selama kehamilan bakalan bantu naikin stamina sepanjang kehamilan. I am the living proof, hahaha, udah pernah ngerasain hamil yang tidur doang, ngerasain hamil yang rasanya beratttt banget sama ngerasain hamil yang kaya nggak hamil hahahaha

Gimana nih, Mommies? Setuju ya, kalau ibu hamil sebenarnya bisa melakukan apa saja, termasuk olahraga? Tapi ingat ya, harus konsultasi dulu sama dokter kandungan!

Mendengar cerita Garet, menurut saya Garet adalah salah satu perempuan yang menginspirasi perempuan lain. Ya, kadang kita suka lupa, bahwa sesungguhnya cerita-cerita dari orang di sekitar kita inspiratif.

Kalau Mommies, adakah teman, sahabat, kerabat, yang inspiring? Daftarkan mereka di Women of Worth di laman ini, yuk! Karena yang menginspirasi bukan hanya mereka yang memiliki karya besar, tapi juga mereka yang ceritanya kadang tercecer di sekitar kita :)

Di halaman berikutnya, Garet memberikan contoh beberapa gerakan yoga yang bisa dilakukan saat hamil. Silakan diklik ke halaman selanjutnya ya!

Saat hamil di trimester terakhir itu, Garet sering sakit di panggul kanan. Mungkin beberapa ibu hamil juga merasakan masalah di bagian pinggang atau back pain, ya. Ini ada beberapa gerakan yang rutin dilakukan Garet dan lumayan meredakan ketidaknyamananan tersebut.

IMG-20140908-WA0000 Gerakan lebih lengkapnya, bisa dicontoh juga dari sketsa di bawah ini ya!

IMG-20140908-WA0001 (1)Enjoy your pregnancy, Mommies!

PAGES:

Share Article

author

nenglita

Rock n Roll Mommy


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan